membunuh.pngKita tahu bahwa membunuh merupakan salah satu dosa besar. Yang sering menjadi kekeliruan adalah pemahaman mengenai membunuhnya. Yang awalnya aku pahami tentang membunuh itu adalah kita mengambil pisau kemudian kita tusukkan pisau itu kepada orang lain sampai orang yang kita tusuk itu meninggal. Atau kita menembak seseorang menggunakan AK-46 kearah kepalanya terus orang itu meninggal. Ternyata membunuh itu bukan hanya itu.

Sebelum kita bahas tentang makna yang lain tentang membunuh kita bahas dulu sedikit tentang dosa membunuh. Dijelaskan secara gamblang oleh Allah swt dalam QS Al Maidah ayat 32 “Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya”.

Perumpamaan yang Allah jelaskan sudah bisa menunjukkan betapa besarnya dosa membunuh itu. Dosa membunuh seluruh manusia itu banyak sekali dan itu bisa tercapai hanya karena membunuh satu orang saja. Untuk lebih menjelaskan ada ayat lain yang berbunyi, “Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.” (QS. An-Nisa: 93).

Biar lebih komplit ada hadits yang menerangkan bahwa membunuh itu adalah salah satu dosa besar. Berikut haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa Nabi saw bersabda “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “”Wahai Rasulullah apakah itu?” Beliau saw menjawab “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita yang merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina.” (HR. Bukhari no 2615, 64655 dan Muslim nomor 89).

Cukup aku rasa dua dalil dari Al-Qur’an dan satu hadits yang menjelaskan bagaimana besarnya dosa membunuh orang lain. Sekarang mari kita bahas selain yang aku sebutin diawal, apa aja sih yang termasuk membunuh.

membunuh.jpegPerlu diketahui bahwa ketika kita mengantarkan seseorang dan kita tahu bahwa dia akan melakukan kejahatan maka kita mendapatkan dosa tanpa mengurangi dosa si pelaku. Cukup menunjukkan dimana rumah seseorang kita bisa mendapatkan dosa membunuh jika kita mengetahui bahwa orang yang kita tunjukkan itu akan membunuh. Termasuk membunuh juga apabila kita lalai dalam tugas kita. Misalnya kamu melihat genangan air dilantai yang kamu tau sendiri kalau yang namanya genangan air itu membahayakan. Apabila kamu tidak segera membersihkannya kemudian ada orang yang terpeleset oleh genangan itu maka kita mendapatkan dosa yang besarnya sama dengan membunuh.

Mendapatkan dosa membunuh juga apabila seorang laki-laki yang sudah diminta oleh orang lain dirumahnya untuk menutup kabel listrik yang terkelupas tapi si laki-laki itu membiarkannya kemudian dikemudian hari ada orang yang tersengat kupasan kabel itu dan meninggal. Masih banyak hal kecil yang tidak kita sadari yang dosanya bisa seperti membunuh orang lain. Terkejut? Yap aku juga. Sebenarnya aku tidak pernah berfikir kearah situ sampai aku mendengar ceramah dari Ustadz Khalid dalam penjelasannya mengenai dosa-dosa besar yaitu dosa besar membunuh orang lain. Jika kita tahu tentang itu maka sudah seharusnya mulai dari sekarang kita harus berhati-hati terhadap apapun yang bisa mendapatkan dosa membunuh. Waspadalah!!!

Iklan