tax1.jpgBeberapa tulisan kedepan kita akan lebih dalam lagi bahas tentang pajak daerah. Untuk saat ini kita bahas pajak daerah yang termasuk kedalam pajak provinsi. Berdasarkan undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retiribusi Darerah yang termasuk pajak provinsi yaitu

  1. Pajak kendaraan bermotor
  2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
  3. Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor
  4. Pajak Air Permukaan
  5. Pajak Rokok

Sebenarnya daftar diatas sudah pernah disebutkan ditulisan sebelumnya namun untuk mengulang dan biar lebih ingat aku tampilkan lagi. Khusus untuk tulisan ini kita bahas pajak provinsi nomor satu yaitu pajak kendaraan bermotor.

Kita masuk kedalam pengertiannya dulu yah biar runut. Dalam UU 28 tahun 2009 pasal 1 dinomor dua belas disebutkan pengertian pajak kendaraan bermotor yaitu pajak atas kepemilikian dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Sedangkan pengertian kendaraan bermotor ada pada poin ke tiga belas dengan pengertian yaitu semua kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kenderaan bermotor yang bersangkutan, termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang dalam operasinya menggunakan roda dan motor dan tidak melekat secara permanen serta kendaraan bermotor yang dioperasikan diair.

bedanya-perbedaan-mobil-motorSudah kita pahami bahwa setiap tahun kita harus membayar pajak kendaraan bermotor ke samsat terdekat. Pajak kendaraan bermotor itu ada yang sifatnya tahunan dan ada yang sifatnya lima tahunan. Jika lima tahunan maka kita harus mengganti nomor plat kendaraan bermotor sedangkan untuk tahunan kita hanya perlu membayarnya. Dalam STNK kita bisa melihat berapa jumlah pajak kendaraan bermotor yang harus kita bayar. Jadi kita sudah tahu bahwa objek pajak kendaraan bermotor adalah kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Apa bedanya penguasaan dengan pemilikan? Kalau pemilikan nama kita ada dalam BPKB dan STNK sedangkan penguasan adalah BPKB atas nama orang lain tapi setiap hari kita gunakan kendaraan itu. Nah sebenarnya yang perlu bayar pajak itu bisa siapa saja asalkan membawa kartu identitas yang namanya ada pada BPKB atau STNK nya.

Secara umum semua kendaraan bermotor yang berada didarat harus membayar pajak namun ada beberapa kendaraan bermotor yang tidak masuk kedalam objek pajak kendaraan bermotor. Yang bukan termasuk objek pajak yaitu kereta api, kendaraan bermotor yang dipake untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara (berarti kendaraanya TNI dan Polisi gak kena pajak tuh), kendaraan yang dimiliki dan/atau dikuasi sama kedutaan, konsulat, perwakilan negara asing yang ada di Indonesia tapi syaratnya harus ada asas timbal balik dan lembaga-lembaha internasional dan yang terakhir adalah objek pajak yang ditetapkan oleh peraturan daerah. Kalau misalkan ingin lebih disingkat yang bukan objek itu

  1. Kereta api
  2. Kendaraan TNI dan Polri
  3. Kendaraan kedutaan
  4. Kendaraan yang ditetapkan pemda

Untuk dasarnya ada dua yaitu dari nilai jual kendaraan bermotor dan bobot yang mencerminkan secara relatif singkat tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor. Tarifnya yaitu 1% dan maksimal 2% sedangkan untuk kepemilikan kendaraan bermotor yang kedua dan seterusnya dikenakan pajak progresif paling rendah 2% dan paling tinggi 10%. Kalau misalkan kalian mau punya motor kedua atau ketiga pajaknya bakal lebih tinggi ketimbang motor pertama meskipun jenis motornya sama persis dan tahunnnya. Kalau nambah pacar gak diatur di UU 28 kok tenang aja.

rentalKalau mau praktik coba deh dilihat STNK nya. Dalam STNK itu ada dua sisi. Sisi pertama berjudul Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang disana ada nomor registrasi, nama pemilik, alamat dan indentitas kendaraannya. Nah STNK inilah yang akan kita ganti selama lima tahun sekali. Sisi kedua berjudul Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBNKB dan SWDKLLJ dan PNBP. Sisi kedua ini yang akan kita ganti setiap tahunnya. Untuk deadline tanggalnya bisa kalian lihat dibagian bawah yang ada kata-kata “berlaku sampai s/d”.

Untuk nilai pajak yang harus dibayar oleh kita ada pada bagian kanan sisi kedua bernama PKB dan SWDKLLJ. Nilai itu adalah nilai dimana kita terakhir kali membayarnya. Untuk tahun depan biasanya tidak berbeda jauh dengan tahun terakhir namun kadang juga sama. Berbeda nilainya kalau misalkan kendaraan bermotornya yang akan kita bayar pajaknya adalah kendaraan kedua atau ketiga.

Sekarang kamu sudah ngerti tentang pajak kendaraan bermotor. Ingat pajak kendaraan bermotor masuknya ke provinsi yah bukan kepusat jadi duitnya nanti masuknya ke provinsi, ke bapak/ibu gubernur.