Aku bukan anak komputer atau IT jadi aku tidak terlalu pandai dalam hal mendefinisikan suatu istilah. Hanya sekedar tau kalau itu namanya field. Kalau aku diminta mendefinisikan secara kata-kata apa itu field aku bukan dalam kapasistasnya karena latarbelakang aku akuntansi. Jadi disini aku berbgagi tentang cara dalam mendefiniskan field. Mudah-mudahan kamu bisa ngerti apa itu field setelah tahu bagaiman cara melakukannya.

Field itu deretan angka yang kita pisah-pisahkan kemudian kita definisikan. Misalkan deretan angka 04112016 kita definisikan menjadi 04 untuk tanggal, 11 untuk bulan yaitu November dan 2016 untuk tahun. Seperti itulah maksud dari field tersebut.  Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai pendefinisian field dalam tiga tipe yaitu

  1. Alphabetic
  2. Numeric
  3. Date

Kalau di excel dalam isi cell itu kisa bisa kasih format date, number, text dan lain-lain. Kalau di excel itu gampang, pasti kamu udah bisa mau itu yang pernah kursus atau belajar sendiri. Nah sekarang kita belajar di ACL bagaimana itu bekerja. Catatan sebelum mengerjakan ini harus dikerjakan dulu tulisan aku sebelumnya yang berjudul Tentang Dokumen ACL dimana disana disebutkan bagaimana cara membuat dokumen ACL. Setelah tahap selesai baru kamu bisa masuk kepelajaran ini. Baik, inilah cara melakukan definisi dalam ACL.

  1. Klik angka 0 pada baris kesatu kemudian akan muncul tampilan sebagai berikutField Alpha 1.png
  2. Drag ke kanan sampai kotak (Length) menunjukkan angka 11

Cara lain:

Ketik angka 1 pada kotak Start dan ketik angka 11 pada kotak Len.

  1. Ketik Product Number pada Name text box, kemudian klik icon Accept Entry yang ada disisi kiri atau tekan Tampilan yang benar adalah seperti berikutField Alpha 2.PNG
  2. Lanjutkan pendefinisian field yaitu dengan klik posisi 12 (Start 12) kemudian drag ke kanan sampai posisi Text box menunjukkan angka 24 (Len. 24).
  3. Ketik Product Description pada Name text box kemudian tekan
  4. Klik pada posisi 36 (Start 36) dan biarkan Len text box pada angka 1 (Len. 1)
  5. Ketik Product Class pada Name text box kemudian tekan
