258-zionis-teroris

Majalah: Risalah

Edisi: No. 11 Th. 46 Shafar 1430/Pebruari 2009

Penerbit: Yayasan Risalah Press

Kota: Bandung

ISSN: 0215-1557

Halaman: 84 halaman

Harga: Rp. 8.500

 

Melanjutkan kebiasaan baru, berikut rubrik selain kajian utama

  • Dzikra: Penuhilah Seruan Tuhanmu. Ayat yang diangkat berasal dari QS As-Syura ayat ke emapt puluh tujuh yang berbunyi “Patuhilan seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya.”
  • Fikrah: Zionis Sang Rasis. Zionisme atau zionist movement adalah sebuah gerakan dan ideologi rasis yang dipopulerkan oleh seorang wartawan asal Austria bernama Theodor Herzl (1860-1909).
  • Tanggapan: Staf PP. Pemuda Persis Ke Joga. Dalam tulisan ini dijelaskan acara seminar yang dilakukan di Yoga, diceritakan dari awal acara, berbagai masalah yang muncul, jalannya acara sampai penutupan acara.
  • Alas Kata: Menakar Calon Wakil Rakyat. Selain kemampuan, kecakaan, kepantasan yang paling penting dinilai oleh umat Islam adalah nilai-nilai religius yang ada pada calon bukan hanya religiositas atau kesalehan formal yang terlihat nyata oleh mata lahir.
  • Istifta: permasalahan yang dibahas yaitu hak seorang ibu dari anaknya, infaq diluar zakat, baca ayat kursi sebelum tidur, dan permasalahan pernikahan yang memutuskan shilaturrahim.
  • Tafsir Al-Qur’an: Jika Benar, Jangan Takut Mati! Kembali ditulis oleh Rahmat Najieb yang menafsirkan QS Al-umu’ah ayat ke 6-8 dengan format penafsiran tafsir ijmaliy, tafsir mufrodat, dan tafsir ayat.
  • Syahrul Hadits: Perintah Untuk Berperang. Hadits yang dijelaskan berasal dari Bukhari, Muslim, Abi Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’I dan Ahmad dengan format penjelasan hadits yaitu takhrij hadits dan syarah hadits.
  • Ahsin Khuluqi: Perubahan Tidak Selamanya Identik dengan Perbaikan. QS Ali Imran ayat 190 mengisyaratkan bahwa orang yang berkaal dengan bergilirnya waktu dan bergantinya tahun menjadi momentum yang sangat berharga untuk intropeksi diri, meningkatkan amal ibadah dan mengisinya dengan amal shalih.
  • Aqidah Salimah: Tauhid dan Kesinambungan Millah Para Nabi. Diawali dengan mengutip Al-A’raf ayat 59, 65, 73,85 yang berbunyi “Wahai Kaumku, Sembahlah Allah! Sekali-kali tiada Tuhan bagimu selain-Nya”.
  • Khutbah Jum’at: Bakhil Penyakit yang Membinasakan yang diisi oleh Zae Nandang. Beliau menjelaskan salah satunya mengenai penyebab bakhil diantaranya cinta kepada selain Allah lebih besar daripada cinta kepada-Nya, emandang dunia lebih baik daripada akhirat, memandang harta sebagai sesuatu yang paling utama dalam hidup ini.
  • Minhaj: Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum. Yang dimaksud sumber hukum adalah sesuatu yang dijadikan dasar, landasan, hujjah atau dalil atas keberadaan suatu hukum.
  • Nusantara Islami: Anak-anak pun Benci Israel. Yaitu anak-anak di Sukabumi yang melempari gambar Bush Junior dengan sepatu, di Yogyakarta anak-anak berdemonstrasi mengencam agresi Israel, begitupun dengan Purwakarta.
  • Alam Islami: berita yang diturunkan yaitu berjudul Muslim Jepang Sembunyikan Aqidah, Madain Saleh Kota Bersejarah dan Muslim di Portugal.
  • Tsaqafah: Misi Idelogis Iran di Timur Tengah (Menyingkap Proyek Syi’ahisasi Timur Tengah di Tengah Rontoknya Solidaritas Dunia Arab) yang ditulis oleh Yusuf Burhanudin. Berikut berjudul Sisi Lain Hamas: Kenapa Kita (Mesti) Peduli? Ditulis oleh Tiar Anwar Bachtiar.
  • Baiti Jannati: Akhirnya Menikah Juga! Bercerita tentang bagaimana Sista seorang istri yang rela suaminya menikah lagi dengan wanita lain, bahkan Sista ini memberikan selamat kepada suaminya yang telah memiliki istri baru.
  • Buanyya: Mengajak Anak Membaca. Anak usia dibawah lima tahun tidak seharusnya dibebani hal yang berat seperti membaca, menulis apalagi berhitung karena mereka sedang mengalami proses tumbuh kembang.
  • Maqalah: Persis si Jagi Debat yang ditulis oleh Hilman Fauzi.

Adapun Kajian utama dalam edisi kali ini berisi

  1. Sang Teroris Bernama Zionis. Pertama dijelaskan mengenai sejarah pergerakan zionisme yang dimulai pada tahun 1882. Berikutnya dijelaskan mengenai Lobby zionis vs Turki Utsmani, kemudian bertujrut-turut dijelaskan mengenai Imigrasi Zionis, Dari Turki Utsmani ke Inggris, Antara Inggris, AS dan PB da terakhir yaitu Terorisme Zionis Israel.
  2. Masa Depan Palestina? Dalam Resolusi PBB 181 tahun 1947 tanah Israel sebesar 57% wilayah Palestina namun sekarang Israel mencamplok wilayah Palestina sampai 80% tanpa persetujuan PBB. Menghadapi kondisi seperti ini dijelaskan mengenai bagaimana sikap Indonesia yang membela Palestina dalam pidato Bung Karno berjudul “To Build the World a New” (Membangun Kembali Dunia Baru) dimarkas PBB New York, 30 September 1960. Dijelaskan juga sukap dunia dan sikap palestina.
  3. Klaim Zionis vs Al-Qur’an. Permasalahan selalu mentok pada “klaim historis” bangsa Yahudi dan bangsa Atab Palestina. Oleh karena itu dalam tulisan ini dijelaskan mengenai bantahan klaim teologis dan klaim historis yang dilakukan oleh Israel.
  4. Yahudi Terkutuk Kisah Bani Israil dalam Al-Qur’an. Israil adalah gelar Nabi Ya’qub, cucu Nabi Ibrahim dar Nabi Ishaq as. Anak-anak beliau disebut Bani Israil. Diantara mereka ada yang berkelakuan aneh, jahat, jahil dan licik, yang disebut Yahudi. Selanjutnya kata Yahudi berkembang menjadi sifat yang jelek, atau agama.

Terakhir kita berdoa semoga Palestina segera dibebaskan dari penjajahan yang dilakukan oleh Israel. Aaamin.

Untuk yang pengen tau lebih lengkap mengenai resensi buku, bisa dicek di blog aku yang lain yang khusus untuk membahas mengenai buku di https://pustakabinekas.wordpress.com/

Iklan