257-memperingati-tahun-baru

Majalah: Risalah

Edisi: No. 10 Th. 46 Muharram 1430/Januari 2009

Penerbit: Yayasan Risalah Press

Kota: Bandung

ISSN: 0215-1557

Halaman: 84 halaman

Harga: Rp. 8.500

 

Untuk tahun 2009 ini ada kebiasaan baru yang akan aku lakukan. Kebiasaan itu yaitu pertama, menuliskan semua judul diawal kemudian penjelasan dikalimat berikutnya. Selanjutnya adalah menuliskan nomor tulisan untuk kajian utamanya. Sebenarnya sudah dilakukan pada edisi terakhir tahun 2008 sebagai uji coba sekarang tinggal melakukannya kembali. Berikut isi dari majalah risalah edisi Januari 2009,

  • Dzikra: Awas Penipu! Mengngkat auat Al-Qur’an yang berbunyi “Maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia meperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah. (QS. Luqman ayat 33)
  • Fikrah: Fouda, Penghilang Kebenaran. Faraq Fouda merupakan penulis yang menulis buku berjudul asli Al Haqiqah Al-Ghaibah dan diterjemakan kedalam bahasa Indonesia dengan judul Kebenaran Yang Hilang; Sisi Kelam Praktik Politik dan Kekuasaan dalam Sejarah Kaum Muslim sebuah buku yang penuh dengan tuduhan buruk terhadap shahabat Nabi saw.
  • Tanggapan: Pernyataan Sikap tentang Tayangan Televisi yang Bermuatan Syirik dan Pembodohan Bangsa. Tanggapan ini ditujukan kepada Menkominfo RI dan Ketua KPI Pusat yang ditulis oleh Ketua Umum PP Persis KH. Drs. Shiddiq Amien, MBA. Tanggapan berikutnya berjuudl Sikap Politis Persis yang penulisnya masih sama dengan pertama. Terakhir berjudul Khilafah? Yang ditulis oleh Imam Sofyan Abbas.
  • Alas Kata: BBM Naik Ongkos Turun. Akhir tahun 2008 pemerintahan SBY menurukan harga BBM hingga dua kali. Namun masih ada keluhan di tingkat masyarakat.
  • Istifta: permasalahan yang dibahas yaitu shaum daud yang tidak satu tahun, shaum tiga hari tetapi tidak beraturan, shalat witir tidak tahajud, dan masalah apakah khutbah jum’at tidak mengucapkan salam.
  • Tafsir Al-Qur’an: Lima Perkara yang Dirahasiakan Allah. Ditulis ole UA. Saefudin untuk menafsirkan QS Luqman ayat yang ke tiga puluh empat.
  • Syahrul Hadits: Lima Pondasi Iman. Berasal dari lima kitab hadits yang berbunyi “ Islam itu dibangun diatas lima perkara: (1) Syahadat tiada tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad Rasul Allah. (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) haji, (5) shaum Ramadlan.
  • Ahsin Khuluqi: Gila Pangkat, Lupa Akhirat. Salah satu penyakit hati yang sangat membahayakan dan tidak disadari oleh umat manusia adalah tergila-gila dengan harta, pangkatm jabatan, kedudukan dan popularitas.
  • Aqidah Salimah: Menjadi Khalifatullah fil Ardl yang ditulis oleh T. Romly Qomaruddien. Arti judul itu yaitu pemimpin, pengelola dan pemakmur bumi yang tercermin dalam QS Al-Baqarah ayat ke tiga puluh.
  • Khutbah Jum’at: Antara Bertanya dan Meminta yang diisi oleh Ustadz Ikin Sodikin. Menjelaskan mengenai as-sua’lu yang artinya mencari atau memerlukan pengetahuan tetapi as-sua’lu juga memiliki makna mencari atau memerlukan harta.
  • Minhaj: Hijrah, Membangun Kekuasaan yang menolong. Diawal tulisannya dikutp QS Al-Isra ayat 78 yang berbunyi “Dan Katakanlah: “Ya Tuhanku, masukanlah aku secara masuk yang benar [yaitu ke Madinah] dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar [yaitu dari Makkah] dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkay yang Menolong.””
  • Nusantara Islami: Berlomba Beralih ke RA. Ra sebagai lembaga pendidikan resmi untuk pra-sekolah yang berada dibawah naungan Departemen Agama memang diakui oleh warga menjadi pilihan utama karena muatan agamanya.
  • Alam Islami: berita yang diturunkan yaitu berjudul Apa Kabar Muslim Panama? Muslim Albania Gairah Islam Eropa, dan Pujian Untuk Raja Abdullah.
  • Tsaqafah: Lia Eden Beraksi Lagi yang ditulis oleh Hilman, Kartun Nabi dan Arus Gerak Orientalis Dari Yang Ekstrim Hingga Akademik yang ditulis Lam-Lam Pahala, dan Hukum Dzikir Berjama’ah yang ditulis oleh E. Permana Habibillah
  • Baiti Jannati: Didiklah Anak dengan Keteladanan. Seorang pemimpin akan makin dicintai rakyatnya bukan karena jabtannya yang tinggi, hartanya yang berlimpah dan rumah serta mobilnya yang mewah. Tetapi karena keteladannya yang utama.
  • Buanyya: Hentikan Kekerasan Terhadap Anak! Rumah yang seharusnya menjadi tempat ternyaman dan teraman bagi anak, berubah menjadi tempat paling mengerikan. Pola asuh dan cara pandang orangtua yang menganggap memiliki keturunan sebagai beban ekonomi, sudah waktunya diubah.
  • Maqalah: Kotak Keparat Itu yang dituls oleh Acep Utsman Arifin.

Kajian utama dalam edisi kali ini berisi

  1. Menyambut Tahun Baru. Masyrakat Islam yang melakukan dzikir berjama’ah, pentas muslim islami dan non-islami, berpesta dan hura-hura dilakukan masyarakat untuk merayakan tahun baru. Apakah Rasulullah saw mengajarkan umatnya melakukan hal itu untuk menyambut tahun baru? Anda bisa membacanya bagaimana sebenarnya tuntunan Rasulullah saw dalam hari-hari besar Islam.
  2. Memahami Hakikat Hijrah. Pertama dijelaskan mengenai pengertian hijrah, dalam kondsi apa hijrah itu wajib dlakukan, hijrah secara maknawi, kedudukan dan hakikat hijrah.
  3. Menuju Hijrah Peradaban. Dijelaskan mengenai momentum hjrah yang dilakukan oleh Rasulullah saw yang bisa membawa dari kegelapan dan penuh ketidakadilan menuju cahaya kebenaran dan keadilan universal. Dijelaskan pula dalam tulisan ini meneladani komunitas nabi sehingga terakhir dalam tulisan ini mengajak untuk membuka lembaran baru dengan mengisi hal-hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Demikian format baru dalam penulisan resensi untuk menyegarkan kembali tulisan yang aku tulis. Semoga bermanfaat.

Untuk yang pengen tau lebih lengkap mengenai resensi buku, bisa dicek di blog aku yang lain yang khusus untuk membahas mengenai buku di https://pustakabinekas.wordpress.com/

Iklan