Jika kamu pakai ACL asli atau licenced sebenarnya tips & trick ini gak penting karena pasti tidak akan ada masalah sedikitpun ketika melakukan install. Namun bagi kamu yang masih coba-coba atau lagi belajar cara pake ACL terus mau pake ACL yang bajakan ada tips & trik dari aku agar bisa sukses installnya.

ACL yang aku miliki dan aku telah install adalah ACL 9.1. Sebenarnya saat ini ACL ada yang terbaru tapi karena dikampus menggunakan ACL 9.1 jadi aku mengikuti saja menggunakan ACL 9.1. Mungkin tips & trik nya sama antara ACL 9.1 dan ACL versi lama dan terbarunya tapi yang jelas jika menggunakan ACL 9.1 aku tips & trik nya bisa dipakai. Karena file nya cukup besar dan sudah banyak yang upload di internet ‘mentahan’ ACL 9.1 jadi aku gak bisa upload diblog ini. Jadi silahkan kamu bisa cari disitus lain yang menyediakan.

Sebenarnya cara melakukan installnya gampang sekali tidak berbeda jauh dengan install aplikasi-apliakasi lain hanya ada beberapa hal kecil yang berbeda. Mari kita ikuti tata cara installnya

  1. Kamu tinggal buka folder ‘mentahan’ ACL nya kemudian cari nama file setup.exe kalian buka file itu apabila ada peringatan dari antivirus maka kalian bisa klik ok (kalian juga bisa matikan dulu antivirus kaiian kemudian buka file ini, terserah mana lebih enak).
  2. Pilih ACL 9 (gambarnya) bukan yang bawahnya yah. Default nya sudah kebagian install jadi ga usah diganti-ganti lagi. Tinggal klik gambar yang ada tulisan ACL 9 bukan ACL User Documentation. Tunggu sebentar
  3. Seperti biasa kalian next terus sampai finish.
  4. Jika sudah selesai lakukan lagi install dengan cara yang sama. Ini tips pertama agar ACL bisa berfungsi. Jadi lakukan install dua kali. Jika ACL 9.1 ini belum terinstall dua kali maka ACL 9.1 tidak akan muncul didesktop tanda ACL 9.1 belum bisa berfungsi. Agar berfungsi install dua kali dengan cara yang sama.
  5. Setelah selesai dua kali install dan sudah muncul di dekstop ACL 9 maka tahap pertama berhasil.
  6. Tips yang kedua adalah sebelum kamu buka aplikasi ACL nya yang harus dilakukan adalah mengcopy file yang ada di folder mentahan ACL dengan nama file setup.ini yang bertipe file Configuration Setting ke sistem operasi. Biasanya di C – Program files – ACL Software – ACL 9. Nah disana di copy kan file yang bernama setup.ini (perhatikan gambar). Tips ini adalah tips yang paling penting karena kamu tidak akan pernah bisa buka ACL jika tidak mengcopy kan file ini.
  7. Jika sudah dicopykan kamu bisa pakai dan silahkan berselancar dulu tentang ACL ini.

Itulah sedikit tips & trik tentang cara install ACL. Jika boleh diambil kesimpulan tips & triknya adalah melaukan install dua kali ACL nya dan copy setup.ini ke windowsnya. Semoga bermanfaat.