tidur.jpegDari beberapa tulisan aku sebelumnya tentang kelahiran bayi tulisan inilah yang menjadi pamungkasnya. Aku akan memberikan kesimpulan hal apa saja yang aku lakukan ketika lahirnya putri pertama aku yang mudah-mudahan apa yang aku kerjakan ini sesuai dengan petunjuk Rasululla saw dan diterima sebagai ibadah oleh Allah swt. Aku sudah berikhtiar sebisa mungkin untuk menjalankan sunnah Rasulullah saw ketika anak aku lahir. Berikut adalah hal-hal yang aku lakukan yang sepengetahuan aku merupakan sunnah Rasulullah saw.

  1. Mendoakan bayi yang baru lahir dengan doa sendiri
  2. Diberikan ASI
  3. Aqiqah pada hari ketujuh
  4. Memberikan daging aqiqah kepada kerabat dan tetangga dan sebagian kecil yang dikonsumsi sendiri
  5. Memberi nama bayi dengan nama yang baik doa dari kedua orang tuanya.
  6. Mencukur bayi dihari ketujuh kemudian rambutnya ditimbang dan berat rambutnya ditukar seharga emas kemudian dibagikan kepada saudara.

Adapun yang tidak aku lakukan tetapi merupakan sunnah Rasulullah saw adalah mentahniq bayi yang baru lahir. Alasan aku tidak tahniq kepada bayi yang baru lahir adalah karena istri aku merupakan bidan dan teman-temannya pun bisan sehingga mereka sangat memperjuangkan ASI Ekslusif. ASI Ekslusif artinya hanya memberikan ASI dari sejak lahir sampai dengan usia bayi enam bulan. Aku bisa saja memaksakan namun menurut pandangan untuk saat ini masih belum bisa karena akan berakibat kepada masalah nantinya. Bidan adalah pejuang ASI sehingga kalau istri aku sendiri tidak menjadi pejuang ASI mungkin dia akan merasa sangat bersalah. Mudah-mudahan Allah mengampuni semua dosa-dosaku.

Hal bid’ah yang sengaja aku tinggalkan adalah

  1. Adzan ditelinga kanan
  2. Iqamah ditelinga kiri
  3. Aqiqah selain dihari ketujuh
  4. Memberikan sedekah hasil timbangan bayi selain dihari ketujuh
  5. Mencukur bayi dengan cara mengelilingkan bayi kepada keluarga untuk dicukur rambutnya dengan membaca shalawat-shalawat
  6. Memberi bumbu masakan untuk bali (aku gak tau cara jelasin bali apa)
  7. Dan lain-lain yang aku sendiri tidak tau apalagi hal bid’ah yang dilakukan oleh sebagian muslim.

bayiii.jpegHanya sekedar sharing tentang apa yang aku lakukan. Tidak bermaksud menghina atau menyinggung yang masih melakukannya. Aku berdoa semoga kita diberikan hidayah agar bisa melakukan semua ibadah sesuai dengan sunnah Rasulullah saw. Tanpa mengurangi rasa hormat aku kepada orang-orang yang masih melakukan hal bid’ah seperti yang aku sebutkan yang anda lakukan itu keliru. Coba dilakukan cek lagi apakah hal itu benar-benar datangnya dari Rasulullah saw atau kita hanya ikut-ikutan?