260-shaum-sunnah-dan-bidah

Majalah: Risalah

Edisi: No. 5 Th. 47 Sya’ban 1430/Agustus 2009

Penerbit: Yayasan Risalah Press

Kota: Bandung

ISSN: 0215-1557

Halaman: 84 halaman

Harga: Rp. 8.500

 

April Mei Juni Julin aku tidak membelinya, entah kenapa tapi mungkin tidak punya uang karena tahun 2009 masa-masa SMA yang penuh godaan untuk membeli ini itu yang tidak penting.

  • Dzikra: Kemenangan Itu Telah Datang. QS. Al-Fath ayat ke satu berbunyi “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata.”
  • Fikrah: Pilpres 2009 Antara Ormas dan Parpol Islam. Menjelang Pilpres 2009 menurut Shiddiq Amien terasa ada yang tidak nyambung bahkan paradoks dalam dinamika poliik, terutama antara ormas Islam dan parpol Islam atau parpol berbasis masa Islam, tidak ada kesatuan tujuan, sikap dan cita-cita.
  • Alas Kata: Ilusi Kemenangan. Pemilihan presiden telah usai. Pemenangnya telah diketahui. Gegap Gempita demokrasi pun berjalan sukses. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kemenangan tersebut mencerminkan kesadaran ideologis (baca: politik) rakyat telah meningkat?
  • Istifta: permasalahan yang dibahas yaitu bolehkan wanita dusuntik anti haidl pada bulan Ramadlan, apakah boleh tarawih sambil membuka mushaf, apakah wanita yang dicuret harus sholat, hadits Allahumma nawir qulubana hadits dari mana dan jamsostek milik siapa
  • Tafsir Al-Qur’an: Berikan Hak Isteri Sepenuhnya. Tafsir QS An-Nisa ayat 4-5. Pembahasannya dimulai dari munasabah, tafsir mufrodat untuk kata an-nisa, dan tafsir ayat.
  • Syahrul Hadits: Tinggalkan yang Mubah. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hubban yang berbuni “Diantara baiknya Islam seseorang itu adalah ia meningalkan apa yang tidak penting baginya.”
  • Ahsin Khuluqi: Jabatan itu Adalah Amanah. Pengertian amanah dalam pengertian istilah adalah sesuatu yang harus dijaga baik-baik untuk ditunaikan kepada yang berhaknya.
  • Aqidah Salimah: Makna Al-Firqah An-Najiyah. Dijelaskan para ulama bahwa al-firqan an-najiyah merupakan nama lain dari ahl as-sunnah wa al-jama’ah, jama’ah al-muslimin, thaifah manshurah, al-ghuraba’ dan ahl al-hadits atau ahl al-atsar.
  • Khutbah Jum’at: Mati dalam Keadaan Islam yang diisi oleh Ustadz Usman Shalehuddin. Beliau mengutip hadits salah satunya berbunyi “Semua umatku akan masuk surga kecuali yang tidak mau. Shahabat bertanya: “wahai Rasul, siapa yang tidak mau itu? Rasul Menjawab: “Siapa yang taat kepadaku akan masuk surga dan siapa yang ma’shiyat kepadaku maka ia orangyang tidak mau masuk surga.”
  • Nusantara Islami: disii oleh judul-judul Safari Da’wah Kepualauan Sepeken, dan Laporan dari Bima.
  • Alam Islami: berita yang diturunkan yaitu berjudul Paspor Hijau Untuk Haji, Masjid Indah di Bukhara dan Pastor Kabda Memeluk Islam.
  • Tsaqafah: Pancasila versus Islam? Ditulis oleh NS, tulisan berikutnya Sukuk: Investasi ALternatif Keuangan Syari’ah ditulis oleh Latief Awaludin, MA
  • Baiti Jannati: Sudah Maju eh Mundur lagi ditulis oleh Titin Nurhayati Ma’mun. menceritakan seorang mahasiswi mengenai ceritanya tentang poligami.
  • Buanyya: Biar Anak Tambah Pe De yang ditulis oleh Novara Sofyatin. Untuk menenamkan rasa percaya diri, sesungguhnya dapat ditanamkan semenjak masih usia kanak-kanak. Rata-rata, anak-anak yang dibesarkan dalam asuhan serba “jangan”, lebih banyak menjadi penakut dan kurang inisiatif.
  • Maqalah: Bom Ritz Carlton & JW Marriot Dakwah Islam yang Tercederai? Yang ditulis oleh Hilman Fauzi.

Kajian utama edisi bulan Agustus 2009 yaitu

  1. Sunnah dan Bid’ah. Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang hidup di antaramu setelah aku tiada, pastilah ia akan melihat banyak ikhtilaf. Aku perintahkan kepadamu agar berpegang kepada sunnahku dan sunnah ara khilafah yang mendapat petunjuk. Berpegaglah kepadanya dengan sekuat kemampuanmu. Hati-hatilah dengan perkasa yang baru, sebab setiap perkara yang baru dalam Islam adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi). Dalam tulisan ini dijelaskan mengenai pengertian sunnah, pengertian bidah, ancaman bagi para pelaku bid;ah dan asal mula turunnya bid’ah.
  2. Mcam-Macam Shaum Sunnah yang ditulis oleh U.A. Saefuddin Abu Mubarak. Dijelaskan oleh beliau menggenai empat macam shaum sunnat. Shaum sunnat harian, shaum sunnat mingguan, shaum sunnat bulanan dan shaum sunnat tahunan.
  3. Shaum Bid’ah. Ditulis oleh Zae Nandang. Dijelaskan shaum-shaum bid’ah yang terdiri dari Shaum Hari Kelahiran, Shaum Hari Jum’at, Shaum Hari Sabtu dan Shaum Tanggal 1 Muharram.
  4. Antara Niyat dan Imsak. Niyat artinya tujuan yang tertanam didalam hati. Niyat dan Imsak dalam shaum Ramadlan selalu menyita perhatian setia orang, karena didalamnya selalu ada pembahasan seputar kedudukan ”sunnah-bid’ah”. Bagaimana sebenarnya? Baca secara lengkap dalam tulisan ini.

Semoga kita bisa istiqamah dalam setiap ibadah yang kita lakukan. Aaamin.

Untuk yang pengen tau lebih lengkap mengenai resensi buku, bisa dicek di blog aku yang lain yang khusus untuk membahas mengenai buku di https://pustakabinekas.wordpress.com/