259-pemimpin-harapan-umat-masih-adakah

Majalah: Risalah

Edisi: No. 1 Th. 47 rabi’ut Tsani 1430/April 2009

Penerbit: Yayasan Risalah Press

Kota: Bandung

ISSN: 0215-1557

Halaman: 84 halaman

Harga: Rp. 8.500

 

Diloncat satu bulan dari Februari ke April karena bulan Maret Aku tidak membelinya kala itu. Mari kita simak isi dari edisi bulan April 2009 dibawah ini,

  • Dzikra: Jangan Percaya Omongan Mereka! Ayat yang diangkat yaitu “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman keperayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu.” (QS. Ali imran ayat 118)
  • Fikrah: Awas “Caleg Busuk”. Yang menjadi persoalan Caleg bukan hanya tingkat pendidikannya, melainkan juga terkait masalah mentalitas, aqidah dan moralnya. Bagi calon pemilih, menentukan pilihan dengan mencontreng nama atau tanda gambar di ruang TPS relatif mudah, tapi mesti diingat pertanggungjawaban kita di hadapan Allah kelak akan menjadi berat.
  • Alas Kata: Pemimpin Adalah Cerminan Rakyatnya. Sebagaimana kalian memilih pemimpin, begitulah kamu akan dipimpin. Menentukan dan memilih pemimpin bukanlah persialan sepele keduniaan semata tetapi keputusan itu akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak.
  • Istifta: permasalahan yang dibahas yaitu benarkan ada hadits yang menyatakan bahwa kita tidak boleh memilih pemimpin yang ambisi?, hak dan kewajiban ayah, dakwah kepada yang beragama, kaitan aqidah, ibadah, dan mu’amalah dan terakhir masalah saran untuk kaum tertindas.
  • Tafsir Al-Qur’an: Jangan Pilih Al-Hayatud Dun-ya. Allah swt menjadikan hidup manusia dua kali. Al-Hayatut Dun-ya (kehidupan didunia) dan al akhirah (kehidupan di akhirat).
  • Syahrul Hadits: Jauhi Syubhat yang berasal dari tujuh kitab hadits. Dalam hadits yang dibahas menjelaskan tiga status hukum daam amailah dunia yaki halal, haram dan syubhat.
  • Ahsin Khuluqi: Allah dan Rasul-Nya yang Harus Lebih Dicintai. Tanda kesempurnaan iman seseorang adalah jika seseorang itu dapat mencitai Allah dan Rasul-Nya melebihi kecintaaanya terhadap yang lain-lainnya, bahkan terhadap dirinya sendiri.
  • Aqidah Salimah: Al-Ushuluts-Tsalatsah; Tiga Inti Ajaran Islam. Yang menjadi tiga inti ajaran Islam menurut Muhammad Ibn ‘Abdil Wahhab at-tamimi yaitu siapa Allah (ma’rifatullah), siapa nabi Muhammad saw (ma’rifatu Muhammad saw) dan bagaimana memahami Islam berlandaskan dalil-dalil agama (ma’rifatul-Isslam bil-adillah).
  • Khutbah Jum’at: Hasil Perjuangan Rasul yang Harus Dibuktikan yang ditulis oleh Ustad Usman Shalehudin. Dalam khutbah jum’at dijelaskan Rasulullah saw tidak diberi kesempatan oleh masyakarat jahiliyyah untuk mengubah pola pikir dari hidup materialistik, dari hidup sekedar kebendaan, yang dengan pikirian ‘walal akhiratu khairul laka minal ula’ bagaimanapun anda daat meraih dunia ini, akhirat adalah lebih baik.
  • Kolom: La Taghdab! Ditulis oleh Acep Safuddin Ma’Sum, M.ED. Rubrik baru pengganti minhaj atau mungkin rubrik pengganti sementara. La Taghdhab memiliki arti jangan marah.
  • Alam Islami: berita yang diturunkan yaitu berjudul Mekkah Masa Depan, PP Anri Rokok Tinggal Menunggu Waktu dan Shalat Istisqa di Bumi Kanguru.
  • Tsaqafah: Hasil Musyawarah PP Persis Muktamar Persis 2010 Dilaksanakan di Pesantren yang ditulis Yusuf Badri. Tulisan berikut berjudul Demokrasi dan Syari’at Islam, Haruskan Dipertentangkan? Ditulis oleh Latief Awaludin, M.A. Tulisan ketiga berjudul Pluralisme Agama Berbasis Al-Qur’an? Yang ditulis oleh Yadi Saeful Hidayat. Tulisan keempat berjudul Kontoversi Nikah Siiri yang ditulis Arif Munandar Riswanto, LC.
  • Baiti Jannati: Ciptakan DPD yang Kuat yang ditulis oleh Caleg DPDP bernama DR. H. Eggi Sudjana SH., M.Si. Dalam tulisannya dijelaskan bahwa pemilihan langsung bertentangan dengan pancasila dan dijelaskan pula mengenai program caleg ini untuk DPD RI.
  • Buanyya: Membangun Siergitas Orangtua. Pembahasan masalah mengenai tiga anak yang memiliki sikap yang berbeda-beda dan ibu pananya ini berusaha ingin menjadi ibu yang baik.
  • Maqalah: Trust & Honesty ditulis oleh Hilman Fauzi.

Kajian utama edisi bulan April 2009 yaitu

  1. Pemimpin Harapan Umat, Masih Adakah? Sangsi. Sati kata itulah yang saat ini hinggap dibenak sebagian besar umat terkait kualitas para pemimpin mereka di legislatif ataupun eksekutif. Dibahas dalam tulisan ini mengenai banyaknya golput dari pemilu ke pemilu berikutnya. Dengan fenomena ini MUI pad tahun 2009 bulan januari mengeluarkan seruan aga tidak melakukan golput.
  2. Pemimpin Muslim yang Ideal. Dijelaskan sifat-sifat yang wajib dimiliki pemimpin yaitu bertaqwa kepada Allah, amanah, shddiq, fathonah, tabligh, tegas dan teguh pendirian, lemah lembut, pemaaf, mengajak musyawarah, bertawakkal kepada Allah, adil, sabar dan bertanggung jawab.
  3. “Apakah dengan Golput Bisa Menyelesaikan Masalah?” hasil wawancara dengan Ustadz Shiddiq Amien yang merupakan ketua umum PP. Persatuan Islam. Beliau memberikan pesan kepada caleg yag terpilih bahwa jabatan dan kedudukan itu bukan semata anugerah, tapi juga amanah yang bisa jadi kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat nanti, kecuali jika mereka menunaikan fungsi dan tugasnya dengan baik dan benar.
  4. “Kalau Soal Tidak Pas, Saya Juga Tidak Puas” hasil wawancara dengan Ustadz Syuhada Bahri yang merupakan Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia. Dalam salah satu petikan wawancaranya beliau memberikan pandangan mengenai partai islam itu seharunsya nilai-nilai islam yang berada dalam partai itu bergulir dalam setiap pikirannya, dan dari setiap ucapannya, dan dari setiap tingkat lakunya. Ketika ada tingkah laku politik yang berlawan dengan keyakinannyam dengan nilai-nilai agamanya, dia tinggalkan.
  5. Sebuah Catatan Menjelang Pemilu. Partisipasi dari umat, dengan cara aktif tentnunya, sangat diharakan dapat membantu perjuanga Islam dan umat Islam di parlemen. Sungguh sangat disayangkan, jika apresiasi umat yang sudah cukup besar seperti itu, kemudian diabaikan dengan berbagai alasan oleh para caleg yang kelak terpilih.

Untuk konteks pada saat ini kita berdoa semoga pemimpin yang sedang memimpin kita dan yang akan memimpin kita kelak amanah sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya saw. Aaamin.

Untuk yang pengen tau lebih lengkap mengenai resensi buku, bisa dicek di blog aku yang lain yang khusus untuk membahas mengenai buku di https://pustakabinekas.wordpress.com/

Iklan