download.jpegJujur aja aku bukan sales promoter produk ACL, aku tidak pernah mendapatkan bayaran sepeserpun menulis ini. Tulisan ini benar-benar ditulis dalam rangka berbagi sedikit informasi yang aku miliki mengenai ACL. Sebagai seorang akademisi tidak boleh menyembunyikan ilmu sedikitpun, yang jelek dibilang jelek yang baguspun harus dibilang bagus. Oleh karena itu aku disini ingin memberikan sedikit penjelasan tentang keunggulan ACL yang dalam hati yang paling dalam tidak ada sedikitpun maksud untuk melakukan promosi.

Dalam tulisan kali ini ada cukup banyak yang mau aku bahas tapi seperti biasa aku mau kasih tau garis besar apa yang akan dibahas dalam tulisan kali ini. Keunggulan ACL ini sebenarnya belum semua aku rasakan tapi mungkin aku akan merasakan nantinya jadi sebagian dari keunggulan ini pernah aku rasakan dan sebagian lain aku kumpulkan dari berbagai macam sumber. Berikut keunggulan ACL yang sudah aku himpun.

  1. Universal data acces
  2. Jumlah data besar
  3. Kecepatan waktu proses
  4. Integritas data
  5. Automasi
  6. Multifile process
  7. Log file navigator
  8. Fungsi analisis lengkap
  9. Pelaporan yang handal
  10. IT audit
  11. Read only
  12. Analisis berbaai aplikasi

Baik mari kita bahas satu persatu secara singkat

  1. Universal data acces

ACL sakti bisa mengolah data dalam berbagai format yaitu dBase (DBF), Flat Sequential, Delimited, Print, excel (XLS), Text File, Report File, ODBC (Microsoft Acces Database, Oracle), SQL, DB2, AS/400 PDF, COBOL, Tape (1/2 inch 9-track tapes, IBM 3480 cartidges, 8 mm tape dan 4 mm DAT) aradox file dan lain-lain.

  1. Jumlah data besar

Datanya yang diolah lebih gede. Jauh dibandingkan excel yang terbatas, yang kalau datanya gede langsung lemot dan susah buat respon.

  1. Kecepatan waktu proses

Ini bener. Jenjang waktu dari kita klik sampai keluar cepat sekali. Pekerjaan menjadi lebih efisien.

dream-acl.png

  1. Integritas data

Data yang dianalisis adalah seluruh data bukan data sample. Jadi hasilnya pun akan akurat.

  1. Automasi

Semua aplikasi seperti ini. Tidak perlu banyak langkah yang harus kita lakukan.

  1. Multifile process

Bisa melakukan kerjanya beberapa file sekaligus. Multitasking bahasa manusianya.

  1. Log file navigator

Ada historynya jadi buat para atasan yang ingin tau kerja anak buahnya apa bisa diliat di log file navigator.

  1. Fungsi analisis lengkap

Untuk melakukan analisis ACL ini cenderung lengkap. Kita akan bahas ini nanti pada saatnya.

  1. Pelaporan yang handal

Laporan yang dihasilkan memenuhi semua unsur informasi yang ingin diketahui.

  1. IT audit

Bisa digunakan untuk melakukan audit pada IT klien yang dilakukan dari output yang dihasilkannya.

  1. Read only

Data asli yang dianalisis tidak diotak-atik jadi kecil sekali kemungkinan ada input data yang tidak sengaja karena menggunakan sistem read only.

  1. Analisis berbaai aplikasi

Aplikasi yang bisa dianalisis oleh ACL yaitu

  1. Aplikasi Persediaan
  2. Aplikasi Piutang
  3. Aplikasi Hutang
  4. Aplikasi Gaji dan Upah
  5. Aplikasi Aktiva Tetap
  6. Aplikasi General Ledger
  7. Aplikasi Pembelian
  8. Aplikasi Penjualan
