acl-cdSegala sesuatu yang dikerjakan itu harus memiliki manfaat. Makanya kata ustadz juga jadilah seorang muslim yang produktif. Jangan cuman umur yang selalu nambah tapi manfaat tidak pernah nambah, malah cenderung umur tambah manfaat berkurang dan menyusahkan orang lain. Oke aku cukupkan ceramahnya. Masuk kedalam topik.

Setiap aplikasi yang dibuat pasti ada manfaatnya. Aplikasi apapun itu, dari mulai aplikasi yang rumit bahkan yang sangat sederhana sekalipun. Aku selalu mengapresiasi aplikasi yang dibuat sejelek apapun itu karena teman-teman programmer pembuat aplikasi itu tidak mudah membuat suatu aplikasi. Terlihat sederhana memang tapi kita tidak tahu betapa susahnya membuat aplikasi yang bermanfaat. Cukup banyak kawan yang menceritakan bagaimana bingungnya mereka ketika diberikan tugas harus membuat aplikasi yang berbeda, bermanfaat dan bisa digunakan oleh banyak orang.

Pisau berfungsi untuk memotong sesuatu. Bagi koki pisau itu bisa digunakan untuk memasak, bagi tukang jagal pisau bisa dipakai untuk sembelih, bagi pembunuh pisau bisa dipakai untuk membunuh. Jadi manfaat itu tergantung untuk siapa dulu. Oleh karena itu dalam menjelaskan manfaat ACL itu aku bagi menjadi tiga pihak. Tiga pihak itu adalah

  1. Auditor
  2. Manajemen
  3. Lain-lain (Sumberdaya Manusia, IT dan lain-lain)

Sekarag mari kita bahas satu persatu mengenai manfaatnya.

  1. Auditor

Sebagaimana pembahasan kita sebelumnya yaitu Sang Pengguna ACL, auditor ini termasuk kedalam pengguna ahli atau expert users. Pengguna ahli ini memiliki latar belakang yang memungkinkan dia menjadi seorang auditor sehingga ACL yang digunakannya bisa ditafsirkan dan digunakan untuk mempermudah pekerjaannya sebagai auditor. Manfaat ACL yang dapat dirasakan oleh seorang auditor dalam penggunaan ACL ini adalah ACL bisa membantu aufitor dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengaudit laporan keuangan perusahaan secara fokus, cepat, efisien dan akurat. Mengapa demikian? Karena teknologi pada intinya dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, untuk mengurangi kesalahan yang bisa terjadi dan untuk mempercepat pekerjaan.

  1. Manajemen

Maksud dari manajemen ini adalah perusahaan. Dalam suatu peruahaan kan ada bagian keuangannya, nah bagian keuangan inilah yang dimaksudnya manajemen. Bagian keuangan bisa melakukan analisis suatu data perusahaan menggunakan ACL untuk tujuan tertentu. Tujuan tertentu itu bisa melakukan analisis terhadap penjualan, bagaimana trending penjualan dan lain sebagainya. Selain digunakan manajemen untuk melakukan analisis data ACL juga bisa dilakukan untuk pengujian pengendalian perusahaan. Kalau sudah masuk kedalam pengendalian internal ini menyangkut auditing. Pengendalian internal sangat diperlukan untuk mengetahui apakah kemungkinan perusahaan melakukan kecurangan tinggi atau tidak. Penjelasan lebih dalam tentang pengendalian internal akan dibahas dalam auditing. ACL juga bisa digunakan manajemen dalam pembuatan laporan yang diinginkan. Aku ingin menjelaskan tentang ini tapi lebih baik pada saatnya nanti laporan apa saja yang bisa dibuat ACL. Untuk mempermudah pemahaman aku rangkum. Manajemen dapat menggunakan ACL untuk

  • Analisis data
  • Pengujian pengendalian perusahaan
  • Pembuatan laporan keuangan yang diinginkan
  1. Lain-lain (Sumberdaya Manusia, IT dan lain-lain)

g4.jpgUntuk lain-lain sih ini penjelasannya gampang aja. Lain-lain itu bisa dipake sama anak SD, SMP, SMA terus lain-lain itu bisa dipake sama om-om, tante-tante, kakek-kakek dan lain sebagainya. Tapi biar agak keren penjelasannya aku mau kasih penjelasan yang namanya lain-lain itu adalah orang-orang diluar auditor yang menggunakan ACL sebagai alat bantu dan Manajemen yang menggunakan ACL untuk melakukan analisis. Terus mereka menggunakan ACL itu untuk apa? Banyak, bisa dipake untuk iseng, bisa dipake buat coba-coba dan ada juga yan dipake untuk penelitian. Pokoknya lain-lain itu diluar yang dua itulah.

Kesimpulannya ACL itu bermanfaat. Manfaatnya dapat dirasakan oleh auditor untuk membantu pekerjaannya dalam melakukan audit, oleh manajemen untuk melakukan analisis, pengujian pengendalian perusahaan dan pembuatan laporan, dan lain-lain yang penggunaannya dikembalikan lagi kepada penggunanya.