262-pendidikan-islam-berbasis-tahfiz-al-quran

Majalah: Risalah

Edisi: No. 2 Th. 54 Rajab 1437/Mei 2016

Penerbit: Yayasan Risalah Press

Kota: Bandung

ISSN: 0215-0557

Halaman: 84 halaman

Harga: Rp. 15.000

 

Alhamdulillah setelah cukup lama waktu aku untuk membahas seluruh edisi Risalah yang aku punya dirumah sekarang bisa beralih ke Risalahan tahun 2016. Ketika aku menulis tulisan ini masih bulan september 2016. Tapi karena antrian dipublish jadi tulisan ini dipublish bulan februari 2017. Sekarang mari kita bahas rubrik selain kajian utama,

  • Dzikra: Jangan Abai dari Menghafal Al-Qur’an. Ayat yang diketengahkan yaitu QS. Al-Hadid ayat 16 yang berbunyi “Dan janganlah mereka (orang-orang beriman) seperti orang-oran tang sebelumnya telah diturunkan al-Kitab kepadanya, berlalulah masa yang panjang atas mereka, lalu hati mereka menjadi keras.”
  • Fikrah: Urgensi Hidup Berjamaah. Ditulis oleh Aceng Zakaria yang merupakan Ketua Umum PP. Persatuan Islam. Jama’ah menurut bahasa adalah jumlah yang banyak dari sekelompok manusia. Pendapat lain mengatakan bahwa jama’ah adalah sekelompok manusia yang berkumpul dengan mempunyai satu tujuan.
  • Alas Kata: Saling Kecam di DK PBB. PBB mengecam keras tindakan miiter Israel yang menembak mati warga Palestina dalam kondisi tidak berdaya, Dubes Israel Danny Dannon menuduh Palestina mengajarkan kebencian-kebencian disekolah. Semoga Isreal segera mendapat balasan dari Allah swt atas semua tindakannya terhadap negara Palestina.
  • Istifta: membahas masalah-masalah kedudukan hadtis nishfu sya’ban, apakah Rasulullah saw pernah masbuk shalat?, bagaimana do’a tahajjud, dan siapakah ya-juj dan ma-juj itu.
  • Tafsir Al-Qur’an: Pendukung Pemimpin Kafir adalah Munafiq tafsir QS Annisa ayat 138-140. Dalam penjelasannya dimulai dari Munasabah, Tafsir Mufrodat untuk kata Al Basyaru dan tafsir ayat.
  • Syahrul Hadits: Praktik Mandi Junub (Bagian kedua) melanjutkan pembahan bulughul maram hadits ke 131 dan 1334. Penjelasannya dimulai dari Takhrij Hadits dan syarah hadits.
  • Aqidah Salimah: Menyikapi Hari Kiamat ditulis oleh Syarif Hidayat. Cara menyikapi hari kiamat yaitu kita menyediakan bekal sebanyak-banyaknya daripada kita mempersialnya kapan kiamat terjadi karena persoalan kiamat hanya soal waktu saja, sedangkan mempercaayainya adalah kewajiban yang mutlak bagi kita semua.
  • Ahsin Khuluqi: Mewaspadai Penyakit Hati. Dijelaskan menenai penyakit hati berdasarkan hadits al Hakim yaitu al-usyar (penyakit kufur nikmat), al-baathar (menyombongkan diri) at-takatsur (berlebih-lebihan), tanajusy fid-dunya (tidak ada rasa kemanusiaan dalam mengejar dunia), tabagudl (saling membenci), dan al-baghyu (perbuatan jahat yang melewati batas).
  • Khutbah Jum’at: Kebahagiaan Hakiki yang ditulis oleh Haris Muslim, M.A yang merupakan sekretaris umum PP. Persis dan juga Anggota Hisbah. Kebahagiaan hakiki adalah kebahagiaan yang dijanjikan Allah dalam Al-Qur’an yakni kebahagiaan orang-orang yang beriman dan taat kepada Allah dengan mengerjakan amal shalih.
  • Alam Islami: berita yang diturunkan yaitu Kahdafi dan Masa Depan Arab, Libya Pasca Khadafi, Suriah yang Terpecah, dan Israel Memancing di Air Keruh.
  • Tsaqafa: Inna Lillai Wa Inna Ilaihi Raaji’un Ust. HM. Abdurrahman KS Wafat yang ditulis oleh Yusuf Awaludin. Dijelaskan secara sekilas mengenai pengabdian beliau kepada umat muslim. Dijelaskan mengenai profil, ustadz teladan, , nabduru dan berani.
  • Baiti Jannati: Ketika Pasutri Meninggalkan Makan dan Tidur Berjamaah. Dijelaskan menenai nasiat Salman Al- Farisi kepada Abu Darda yaitu 1) sakinah sebuah proses. 2) makan berjama’ah. 3) tidur berjama’ah. 4) hidup tawazun.

Adapun Kajian utama edisi bulan Rajab 147 atau Mei 2016.

  1. Pendidikan Islam Berbasis Tahfizh Al-Qur’an. Secara filosofis dan historis, pendidikan Islam dipastikan berbasis pada tahfiz Al-Qur’an. Maka jika ada pendidikan Islam yang tidak menyertakan tahfizh Al-Qur’an sebagai salah satu materi pokoknya, bisa dipastikan pendidikan tersebut tidak islami. Dijelaskan dalam tulisan ini menenai Tahfizh dalam tradisi pendidikan Islam,tahfizh al-Qur’an Ruh Tafaqquh Fid-din.
  2. Menapa Al-Qur’an Harus Dihafal? Untuk mengingat penuh Al-Qur’an, otomatis kitab suci iniharus dingat-ingat oleh hafalan. Alasan Al-Qur’an harus dihafal yaitu 1) Karena perintah Nabi saw dan kritikan pedas dari beliau kepada orang yang putus asa dari menghafal Al-Qur’an. 2) Allah swt memerintahkan tartil Al-Qur’an dalam shalat malam. 3) sunnah tadarus, baik secara khusus di bulan Ramadlan ataupun secara umum di luar Ramadlan, 4) Al0Qur’’an adalah dzikr (peringatan dan pelajaran) yang umat Islam dituntut untuk selalu mengingat-ngingatnya melalui iddikar; mengambil pelajaran yang Allah swt telah menjadikannya mudah dihafal dan dipahami.
  3. Pesantren Berbasis Tahfiz Al-Qur’an. Tulisan ini merupakan hasil wawancara dengan Ustadz Lim Imaddudin (Mudir’AM Pesantren Persatuan Islam 109, Juang, Ciamis) dan Ustadz Isya Asnhari (Mudir Tsanawiyah). Dalam salah satu petikan wawancaranya arapan untuk umat islam untuk lebih memperhatikan dan atau menjalankan program tahfizh yang tidak hanya mempelajari pengasaan hafalan Al-Qur’an saja, tetapi juga menguasai bacaan Al-Qur’an (tahsinul al-qira’ah).
  4. Tuntunan Praktis Menghafal Al-Qur’an. 1) Berdoa pada Allah swt dengan tulus dan ikhar agar Allah memberikan kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an. 2) Menyusun waktu setiap hari semampunya, guna untuk berkonsenterasi dalam menghafal, 3) Membacanya didepan orang yang mahir dalam hafalan Al-Qur’an. 4) Melakukan muraja’ah (penulangan bacaan). 5) Menggunakan satu mushaf. 6) Mengulang apa yang dihafal 10 kali dengan berdiri, duduk, dan berjalan. 7) Membaca ayat baru yang telah dihafal baik dalam shalat wahib ataupun shalat sunnah. 8) Membaca tafsiran ayat yang sudah dihafal. 9) Jauhulah kemaksiatan. 10) menghafal sedikit-sedikit.

Bukan hanya semangat dalam menghafal Al-Qur’an tetapi juga semoga kita melakukan aksi untuk hafal Al-Qur’an. Yuk!

Untuk yang pengen tau lebih lengkap mengenai resensi buku, bisa dicek di blog aku yang lain yang khusus untuk membahas mengenai buku di https://pustakabinekas.wordpress.com/