56ec0f2cc4158tax_634.jpg

Tulisan ketiga minggu ini. Aku nulis tulisan ini tanggal 26 Oktober tapi aku jadwalkan terbit tanggal 5 Desember 2016. Persiapan aku cukup jauh karena aku berusaha sekuat tenaga untuk konsisten dalam posting blog sebagaimana yang sudah aku lakukan di https://pustakabinekas.wordpress.com/ dimana aku posting setiap hari jumat dan untuk sekarang jadwal posting aku diblog itu sudah sampai bulan Februari 2017.

Tulisan kali ini aku akan bahas tentang pengertian pajak dari berbagai macam ahli dan kita akan bahas mengenai persamaan dan perbedaan antar pengertian pajak yang disebutkan. Mari kita mulai sekarang

  1. Undang-Undang Nomor 28 tahun 2007 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perpajakan yang menyebutkan pajak adalah Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakatyat (UU no 28 tahun 2007 pasal 1 (1) halaman 2).
  2. Chalres E. Mc Lure, JR dalan enslikopedi Britannica untuk pengertian “Taxation” menyebutkan pengertiannya yaitu kewajiban finansial atau retribusi yang dikenakan terhadap wajib pajak (orang pribadi atau badan) oleh negara atau institusi yang fungsinya setara dengan negara yang digunakan untuk membiayai berbagai macam pengeluaran publik.
  3. Leroy Beaulieu dalam bukunya berjudul Traile de la Science des Finances pajak adalah bantuan, baik secara langsung maupun tidak yang langsung yang dipaksanakan oleh kekuasaan publik dari penduduk atau dari barang, untuk menutup belanja pemerintah.
  4. Dr. P.J.A. Adriani dalam bukunya berjudul Het belastingrech: zijn grondslagen en ontwikkeling (Pengantar Ilmu Hukum Pajak) pajak adalah iuran masyarakat kepada negara (yang dapat dipaksanakan) yang terutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan-peraturan umum (undang-undang) dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk dan yang gunanya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubung dengan tugas negara untuk menyelenggaakan pemerintahan.
  5. Dr. H. Rochmat Soemitro SH dalam bukunya berjudul Pengantar Singkat Hukum Pajak menyebutkan pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada kas negara untuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk public saving yang merupakan sumber utama untuk membiayai public investment.
  6. Ray M. Sommerfeld, Herschel M. Anderson, dan Horace R. Brock dalam bukunya berjudul An Introduction to Taxation menyebutkan pajak adalah suatu pengalihan sumber dari sektor swasta ke sektor pemerintah, bukan akibat pelanggaran hukum, namun wajib dilaksanakan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan lebih dahulu, tanpa mendapat imbalan yang langsung dan proporsional, agar pemerintah dapat melaksanakan tugas-tugasnya untuk menjalankan pemerintahan.
  7. Edwin R.A dalam buku Essay in Taxation menyebutkan pajak adalah kontribusi wajib dari orang kepada pemerintah untuk membiayai pengeluaran untuk kepentingan umum tanpa memberikan manfaat secara langsung.
  8. N.J. Feldmann dalam buku De Over heidsmiddelen Van Indonesia pajak adalah prestasi yang dipaksanakan sepihak oleh dan terutang kepada pengusaha (menurut norma-norma yang ditetapkan secara umum), tanpa adanya kontra prestas, dan semata-mata digunakan untuk menutup pengeluaran-pengeluaran umum.
  9. M.J.H. Smeets dalam bukunya berjudul De Economische betekenis belastingen pajak adalah prestasi kepada pemerintah yang terutang melalui norma-norma umum dan yang dapat dipaksakannya, tanpa adanya kontra prestasi yang dapat ditunjukkan dalam hal yang individual, dimaksudnkan untuk membiayai pengeluaran pemerintah.
  10. Soeparman Soemahamidjaja dalam disertasinya dengan judul Pajak Berdasarkan Azas Gotong Royong pajak adalah iuran wajib berupa yang atau barang yang dipungut oleh penguasa berdasarkan norma-norma hukum, guna menutupi biaya produksi barang-barang dan jasa-jasa kolektif dalam mencapai kesejahteraan umum.
  11. S.I. Djayaningrat dalam bukunya berjudul Sistem Akuntansi Pajak menyebutkan pajak adalah suatu kewajiban memberikan sebagian dari kekayaan kepada negara dikarenakan oleh suatu kejadian, kondisi dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, dan bisa dipaksakan namun tidak ada balas jasa dari negara.
  12. Sugianto dalam bukunya berjudul Pajak dan Retribusi Daerah (Pengelolaan Pemerintah Daerah Dalam Aspek Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah mendefiniskan pajak yaitu suatu pungutan atau iuran wajib yang dilakukan oleh individu atau badan kepada suatu daerah tanpa imbalan secara langsung yang seimbang, dapat untuk dipaksakan dengan berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku yang kemudian digunakan untuk menyelenggarakan pemerintah serta untuk pembangunan daerah.
  13. Rimski Kartika Judisseno dalam bukunya berjudul Perpajakan memberikan pengertian arti pajak yaitu kewajiban dalam bidang kenegaraan yang berupa pengabdian dan peran aktif warga negara serta anggota masyarakat guna mendanai berbagai segala keperluan negara dimana berupa pembangunan nasional yang pelaksanaannya tersebut diatur dengan udang-undang untuk tujuan kesejahteraan bangsa dan negara. Hal ini memiliki arti yaitu pengertian pajak dapat dimaknai dengan balas jasa yang diberikan masyarakat kepada pemerintah terhadap adanya berbagai macam fasilitas yang ada dalam suatu negara.
  14. Cort van der Linden dalam bukunya berjudul Leeboek der Financien menyebutkan pajak adalah setiap sumbangan yang terutang pada keuangan umum yang tidak bergantung kepada suatu jasa khusus dari penguasa.
  15. Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan pajak yaitu pungutan wajib, biasanya berupa yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan sebagainya.
  16. Kamus Oxford mendefinisikan tax (pajak) yaitu sumbangan wajib untuk penerimaan negara, dipungut oleh pemerintah atas penghasilan dan bisnis keuntungan pekerja, atau ditambahkan dengan biaya beberapa barang, jasa, dan transaksi.

Buat penjelasannya kita ketemu ditulisan berikutnya yaaah.