ACLLL.PNGSebelumnya kita sudah bahas yang namanya pengertian ACL. Kalau boleh diulang ACL itu adalah salah satu jenis audit software yang termasuk dalam kategori Genaralized Audit Software (GAS). Seperti halnya aplikasi GAS yang lainnya, ACL hanya dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang dihasilkan dari pemrosesan transaksi perusahaan sehingga ACL lebih cenderung digunakan untuk menilai post transactions daripada current transaction. Setelah mengulang apa itu ACL sekarang kita belajar tentang bagaiana sejarah dari ACL ini.

Adalah Prof Hart J. Will yang mengembangkan aplikasi ACL ini. Dikembangkannya ACL ini dimulai pada tahun 1970-an. Hart tidak sendiri mengembangkan aplikasi ini. Dia mengembangkan ACL ini melalui perusahaan yang bernama ACL Services Ltd yang ada di Kanada. Perusahaan ini sebenarnya khusus membuat aplikasi-aplikasi komputer. Sehingga kegiatan utamanya adalah membuat dan menjual aplikasi analisis data, aplikasi tata kelola, aplikasi manajemen resiko dan aplikasi kepatuhan.

Sedikit mengenal sama Hart deh yah. Nama lengkapnya adalah Harmut (Hart) J. Will. Beliau adalah seorang Profesor Emeritus Akuntansi, Auditing dan Sistem Informasi manajemen di Sekolah Administrasi Publik di Victoria. Penemuan dia bernama ACL ini disebut-sebut sebagai evolusi pendekatan audit audit.

Awal mula Hart mengembangkan ACL dimulai pada tahun 1960 ketika dia berada di Berlin yang sedang menyelesaikan teisnya. ACL yang dia kembangkan itu selesai pada tahun 1968 ketika dia berada di Illinois. Awal mula sistem yang dia buat adalah kerangka Manajemen Sistem Informasi yang isisnya adalah Bank Data dan Bank Model. Selanjutnya dikembangkan sedemikian rupa sehingga jadilah aplikasi audit yang bernama ACL.

Buat kamu yang ingin tau apa aja yang dijual sama ACL Ltd kalian bisa masuk kesitusnya di http://www.acl.com/. Disana kamu bakal tau apa aja yang dimiliki mereka, layanan apa dan lain sebagainya. Mungkin diantara kamu ada yang ingin menjadi auditor atau sudah menjadi auditor ACL ini bisa menjadi salah satu pertimbangan sebagai alat bantu anda dalam melakukan audit.

Aku mau jelasin deh tentang produk apa aja yang dibuat sama ACL Services Ltd,

  1. ACL GRC, berfungsi untuk mengatur projek melalui audit, resiko, kepatuhan, keungan dan IT.
  2. ACL Analytics, berfungsi untuk menganalisis resiko dan pengendalian dimana hasilnya dibuat secara visual.
  3. ACL Analytics Exchange, berfungsi untuk melanjutkan melakukan monitor dan analisis resiko dan pengendalian.
  4. ACL Essentials, berfungi untuk menilai proses ERP (Enterprise Resource Planning) dengan kelas tinggi dan melakukan analisis terhadap aplikasi yang sedang dalam pengembangan.
  5. ACL Direct Link for SAP ERP & CRM, berfungsi untuk mengakses data yang berasal dari aplikasi SAP dengan kontektor SAP bersertifikat.

Begitulah sedikit sejarah tentang ACL. Sampai ketemu ditulisan berikutnya.

Iklan