acllll.jpegMulai dari tulisan sekarang aku akan bahas ACL. Tulisan sebelumnya buat pemanasan aja. Tidak terlalu banyak sebenarnya yang bisa dibahas dalam ACL namun sepertinya aku harus membahas secara khusus ACL dalam blog aku karena ketika aku melakukan searching di internet sedikit sekali pembahasannya. Oleh karena itu aku berniat berbagi ilmu aku yang sedikit ini tentang ACL.

Meskipun tidak banyak yang bisa dibahas namun banyak hal-hal kecil yang harus diketahui untuk melakukan suatu proses dalam ACL ini karena sebagaimana kita tahu yang namanya suatu aplikasi apabila kita melewati salah satu tahap maka hasilnya akan salah atau minimal berbeda. Masalah-masalah kecil yang sering menghambat inilah yang akan menjadi fokus utama dalam blog ini meskipun tentu akan dibahas bagaimana melakukan sesuatu.

Baik sekarang kita akan membahas apa itu ACL dan buat apa ACL. Audit Command Language  atau sering disingkat ACL merupakan salah satu jenis audit software yang termasuk dalam kategori Genaralized Audit Software (GAS). Seperti halnya aplikasi GAS yang lainnya, ACL hanya dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang dihasilkan dari pemrosesan transaksi perusahaan sehingga ACL lebih cenderung digunakan untuk menilai post transactions daripada current transaction. Apa maksudnya ACL hanya bisa mengumpulkan dan mengevaluasi bukti itu? Simak jawabannya diparagraf berikutnya.

acll.jpegACL itu digunakan untuk membantu auditor dalam melakukan audit. Jadi ACL itu kaya pisau bagi koki, mix bagi penyanyi, atau komputer bagi programmer. Aplikasi yang termasuk kedalam GAS itu maksudnya ACL hanya bisa melakukan proses audit yang umum-umum saja. Maksud yang umum-umum adalah hanya menilai apakah ada kesalahan input, ada double input, ada nilai yang tidak masuk akal dan lain sebagainya. Mungkin aku bakal jelasin ini ditempatnya nanti secara lebih rinci. Sedangkan audit secara khusus dan mendalam bisa dilakukan dengan alat lain yang tidak aku jelaskan dalam tulisan ini. Oleh karena itu ACL itu hanya bisa mengumpulkan data untuk diaudit menjadi lebih enak dianalisis, mudah dianalisis dan nyaman. ACL juga bisa melakukan evaluasi bukti secara umum.

Dikarenakan ACL hanya bisa mengumpulkan dan mengevaluasi bukti ACL lebih berorientasi pada pendekatan auditing arround the computer bukan auditing through computer. Namun begitu ACL juga masih bisa disebut sebagai CAAT atau kepanjangan dari Computer Assisted Audit Techinques) atau TABK (Teknik Audit Berbasis Komputer). Oh ya sampai lupa arti dari auditing arround the cimputer adalah melakukan audit sekitar komputer yang artinya ACL hanya bisa melakukan audit yang menggunakan data dari output komputer sehingga hal ini bisa disebut sebagai pekerjaan komputer yang dibantu oleh manusia. Arti dari auditing computer through computer adalah melakukan audit dengan komputer. Kalau ini artinya kita menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan audit dari mulai awal sampai akhir. Sehingga ini bisa disebut sebagai pekerjaan manusia yang dibantu oleh komputer.

Sekarang sudah ngerti kan apa itu ACL? Nanti kita lanjutkan ditulisan berikutnya.