Nah ini nih kegiatan paling paporit semua orang, makan. Bukan favorit sih tapi lebih ke kebutuhan. Tapi ada juga kan yang kesukaannya makan sampai tempat makan yang baru, yang ngehits dimanapun itu didatengin? Termasuk aku sih. Tapi mau apapun kita selama itu ga dilarang sih sok aja, dilanjut saja tapi kalau ada sunnah yang harus dikerjakan jangan luput dong kan katanya mau masuk surga. Mau masuk surga gimana kalau cuman ngerjain yang wajib doang. Malu ah cuman ngerjain kewajiban doang tapi menyepelekan yang sunnah.

Kalau buat Muslim ada hal yang harus dilakuin nih dalam makan yaitu doa. Nah doa makan itu ada dua, yang satu sebelum makan terus yang kedua setelah makan. Kalau yang sebelum makan yakinlah banyak yang hafal dan udah sering diamalin tapi kalau yang sesudah makan udah sering ngamalin gak? Atau jangan-jangan belum pada hafal juga?

Buat yang masih belum ngamalin sok diamalin atau bahasa kitanya dikerjain. Buat yang belum hafal nih aku kasih tau doanya. Doanya ga panjang kok, artinya juga bagus banget lagi. Gak usah malu baru ngapalin doa abis makan umur dua puluh tahunan atau lebih, mending malu sekarang pas lagi didunia yang masih bisa diubah, kalau gak hafal pas diakhiran kan bukan cuman malu yang didapat tapi siksa juga. Nih doanya

Doa sesudah makan.png

Yang belum hafal ayo kita ulang lima puluh kali kalau perlu. Otak kita bukan hape kok yang harus kita bawa-bawa kalau mau dipake, otak kita itu portable, udah menclok dikepala kita semenjak kita lahir dan otak kita itu bisa dilatih. Makin banyak data yang masuk makin bagus, gak kaya barang elektronik makin banyak data makin berat. Kalau misalkan masih belum hafal bolehlah sambil liat hape doanya buat ngingetin, tapi yakin ah kalau niat mah percaya. Masa aja lagu Justin Bieber yang bahasa Inggris yang dalemnya ada 4 sampai 5 baik aja apal ini cuman doa semenel aja ga hafal.

Buat ngebiasain baca doa itu sebenarnya kuncinya ada diketenangan. Ketenangan itu selain nambah kekerenan bisa juga bikin otak kita berfikir lebih jernih, nih gw mau makan harus ngapain nih sebagai muslim. Jangan cuman mikir nanti siang makan apa tapi jam 9 pagi aja belum lewat, tapi mikir juga nanti pas sarapan aku harus baca doa ah sebelum dan sesudah makan, nanti pas makan siang bareng anak-anak aku harus inget baca doa sebelum sama beres makan. Jadi dalam diri harus ditanamin tuh doa makan sebelum dan sesudah.

Kalau sebelum makan aku percaya deh pasti pada inget soalnya kan ngobrolnya pasti stop pas makanan dateng terus kita inget kalau mau makan harus baca dulu. Yang sering lupa itu beresnya itu loh. Keasikan ngrobol padahal makan udah beres lupa deh ga baca doa maen langsung cabut aja, atau keasikan maen hape sambil makan pas beres malah lebih asik maen hape terus lupa lagi sama baca doa atau kasikan mikir jadi lupa sama doa. Nah kita jangan kaya gitu lagi yah. kita belajar dikit-dikit apa aja yang harus dilakuin biar bisa masuk surga. Kalau yang besar belum saatnya, yang kecil dulu lah kita kerjain. Salah satunya baca doa setelah makan. Mantan aja selalu diinget masa doa engga? Padahal nanti pas kita mati paling dia cuman sekedar up date turut berduka cita doang di medsos atau ngomongin doang sama temennya atau paling keren sekedar nganter kekuburan doang tapi pasti dia gak mau ikut pas kamu ditanya-tanya malaikat. Nah makanya amal-amal yang kita anggap kecil ini yang harus selalu kita jaga, harus selalu kita laksanakan. Jangan sampai luput.

Biar kaya tulisan sebelumnya ada kesimpulan nih atau trik-trik biar bisa inget doa beres makan,

  1. Gak pake lupa baca doa sebelum makan
  2. Persiapan baca doa beres makan kalau makannya udah dikit lagi
  3. Beres makan stop dulu ngobrol, maen hape, sama ngelamunnya. Langsung baca doa aja sebelum cuci tangan.
  4. Baca doanya jangan dalam hati, pelan-pelan aja asalkan kita sendiri denger apa doa kita.
  5. Tenang, calm sama selalu inget Allah aja deh biar sering gak lupa.
  6. Kalau belum hapal doanya hafalin dulu, kalau belum hafal juga boleh buka hape buat liat doanya yah bukan liat trending di youtube.
Iklan