Hari jumat ini adalah ibunya hari bagi umat Islam dimana setiap kebaikan yang dilakukan dilipatgandakan pahalanya sampai sepuluh kali lipat. Oleh karena itu merupakan momen yang tepat bagi aku untuk berbagi mengenai Islam dihari ini. Semoga apa yang aku bagikan biar bermanfaat bagi semua orang yang membacanya dan mudah-mudahan aku bisa konsisten untuk menulis dalam kategori Islam disetiap hari jum’atnya.

Kita mungkin jarang terlupa ketika akan tidur membaca doa karena sejak kecil kita selalu diajari kalau mau tidur itu harus membaca doa. Buat kamu yang belum tau atau belum diajari, belajar yuk dari sekarang kalau mau tidur itu harus baca doa. Doanya pendek kok cuman begini aja

doa mau tidur 2.JPG
“Ya Allah dengan menyebut namaMu aku hidup dan dengan menyebut namaMu aku mati”

Doa sebelum tidur ini merupakan salah satu dari doa favorit yang pertama dihafal oleh anak kecil. Doa lainnya kira-kira apa coba? Yap doa lain yang paling favorit adalah doa sebelum makan. Mungkin di Indonesia ini sangat senang kali yah yang namanya makan dan tidur sampe doa yang diajarkan pertama kali itu adalah doa sebelum makan dan sebelum tidur.

Yang menjadi masalah sebenarnya ketika bangun tidur. Pengalaman pribadi sejak kecil sampai kira-kita aku masuk SMA awal sangat jarang sekali atau mungkin bisa dibilang gak pernah baca doa setelah tidur. Bahkan aku tidak hafal doa setelah tidur karena biasanya pas bangun itu yang disuruh pertama kali adalah segera berangkat ke WC untuk shalat shubuh. Nah setelah SMA dan aku belajar sendiri hal kecil apa yang sering aku lewatin aku belajar bagaimana seharusnya seorang muslim bangun tidur.

Mudah sebenarnya untuk selalu ingat ajaran Islam kalau kita beriman dan mencoba selalu ingat kepada Allah. Yang bikin susah itu kita sendiri, belum apa-apa kita sudah bilang ah susah kalau misalkan bangunnya harus jam 5, susah aku kalau harus bangun jam setengah lima, atau perkataan mustahil deh kayanya aku bangun jam 3 tapi kita gak pernah mencoba dan berusaha untuk mencapai itu.

Sekarang dibiasain yuk setelah bangun tidur sebelum ngecek hp kita baca doa dulu. Ini doanya kalau yang belum hafal.

Doa setelah tidur.jpeg

Tak tau diri sebenernya kita minta banyak sama Allah kalau pas bangun tidur aja yang pertama kali kita sapa HP. Malah pas HP jatuh ke kolong kasur aja kita ambil dulu HP itu terus kita liat, segitunya kita pengen liat HP dengan alasan apapun itu. Harusnya kalau muslim itu pas bangun tidur matiin alarm kalau misalkan berisik banget terus langsung berdoa setelah tidur. Nah setelah baca doa setelah bangun tidur baru deh siap-siap buat shalat. Nanti setelah shalat baru deh boleh liat hape sebentar terus lanjut ngaji kalau pagi-pagi. Bagusnya sih gitu. Tapi titik berat tulisan ini sebenarnya ajakan buat baca doa setelah tidur. Baca doa itu tanda syukur kita udah dihidupin lagi karena banyak diluar sana yang abis tidur gak bisa bangun lagi. Denger cerita orang yang abis tidur gak bangun lagi kita merinding dan takut tapi pas kita dibangunin sama Allah malah gak bersyukur, kan tak tau diri itu namanya.

Sebenernya aku juga kadang-kadang bolong baca doa setelah tidur. Godaannya setelah matiin alarm hape malah kelamaan cek hape terus kelupaan baca doa itu. Triknya jangan dulu matiin alarm HP,  langsung aja baca doa setelah tidur yang cuman ngabisin beberapa detik itu. Abis baca doa baru deh matiin alarm. Kita bisa baca doa setelah tidur kalau misalkan bangunnya shubuh sih menurut pengalaman, kalau orang yang bangunya siang setelah matahari terbit kecil kemungkinan kayanya dia inget baca doa setelah tidur. Jangankan baca doa setelah tidur yang hukumnya sunnah, shalat shubuh yang wajib pun dia lewat. Trik mau bangun cepet gampang, tidurnya aja jangan kemaleman. Abis nonton Ini Talkshow langsung tidur aja ga usah dilanjut nonton Dangdut Academy atau bioskop transtv yang lebih bikin kesel lagi part rame terus iklan.  Jadi sebenernya nyambung kemana-mana yah doa setelah bangun tidur itu.

Dari pembahasan singkat diatas ada beberapa trik biar ingat dan bisa mengamalkan doa setelah tidur. Ceritanya kesimpulan curhat diatas gitu pake poin-poin biar keliatan keren dan gampang,

  1. Jangan tidur kemaleman, apalagi ngabisin malem sama hal yang berguna.
  2. Bangunnya harus bisa pas shalat shubuh. Minimal banget masih waktu shalat shubuh lah.
  3. Baca doa dulu baru matiin hape
  4. Langsung shalat tambah ngaji sekalian biar pahalanya gak nanggung
  5. Dibacanya jangan dalam hati tapi diomongin pelan-pelan.
  6. Monggo cek hapenya kalau udah gak tahan.

Sederhana yah tapi nyatanya kamu gak bisa kaya gini. Masih ngarep surga kalau hal sederhana aja sering kelewat?

Iklan