Kentut
Kentut
Banyak orang yang menganggap bahwa kentut merupkan kegiatan jorok yang dilakukan oleh orang jorok. Apalagi jika orang itu kentut sembarangan alias kentut ditengah-tengah kerumunan orang. Mending jika kentut yang dikeluarkan tidak bersuara, jika kentut itu bersuara maka akan diketahuilah siapa pembuat kentut itu.😀😀😀

Setiap manusia pasti pernah kentut. Kentut tidak mengenal jabatan, status sosial, wajah ganteng atau cantik. Kentut pasti dibuat oleh semua pantat manusia. Tetapi tahukah anda jika kentut itu sangat penting bagi kesehatan kita?

Dilrang kentut disembarangan tempat
Dilarang kentut disembarangan tempat
Meskipun namanya kentut tapi jangan salah dia memiliki nama yang cukup keren. Kentut dalam bahasa ilmiah yaitu Flatuensi. Flatuensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut. Gas kentut ini mengandung nitrogen, oksigen, metan (diproduksi bakteri atau kuman dan mudah terbakar), karbondioksida, hidrogen dan lain-lain.

Kentut memiliki bau dikarenakan kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang) yang anda sendiri bagaimana bau belerang. Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, dan banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, maka makin busuklah kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

kentut dalam air
kentut dalam air
Keberadaan kentut ini sangatlah penting. Saya pernah mendengar cerita bahwa guru saya tidak bisa kentut selama seminggu kemudian dia pergi ke dokter untuk diperiksa apakah dia mengalami kelainan atau tidak. Tetapi ketia berada diperjalanan dia merasakan mules pada perutnya dan keluarlah gas yang dia tunggu-tunggu. Dan akhirnya dia tidak jadi ke dokter dan berbelok ke rumah makan mengadakan syukuran. :)) :))

Kentut yang bersuara itu berasal vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Adapun mengenai keras atau tidaknya suara kentut itu bergantung kepada kecepatan gas ketika keluar. Kentut keluarnya dari lubang dubur itu dikarenakan gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

Hal-hal yang menyebabkan kentut bukan saja makanan seperti kacang-kacangan, daging, telur dan lain-lain, tetapi kentuk juga bisa menjadi penyebab kentut. Penyebab kentut itu diantaranya adalah Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum softdrink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai kentut).

kentut pasca operasi WAJIB
kentut pasca operasi WAJIB
Kentut janganlah dihindari tetapi biarkanlah terjadi secara alami, tetapi tentu diperhatikan dimana kita kentut jangan sampai orang lain teraniaya oleh kentut yang kita keluarkan. Ketika kentut itu ditahan bukan berarti kentut itu hilang. Kentut ketika ditahan maka akan diabsorbsi oleh darah, bukan hilang karena bocor. Kentut ini akan bermigrasi ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tetapi hanya mengalami penundaan.

Kentut pun menjadi pintu untuk kita agar bisa makan dan minum. Kapan saat itu terjadi? Saat itu terjadi ketika kita telah dioperasi menggunakan bius yang membuat kita tertidur beberapa lama sampai operasinya selesai. Obat bius atau anestesi yang digunakan untuk operasi tidak hanya membuat pasien tertidur dan tidak merasakan apa-apa, tapi juga membuat usus kecil dan besar dari pasien tersebut juga ‘tertidur’.

Selama proses operasi isi perut tertidur dan tidak melakukan gerakan apapun yang melewati sistem pencernaan, maka secara otomatis hal ini menandakan tidak ada gas yang melewatinya.

Untuk membuktikan bahwa bagian isi perut sudah bangun dari tidurnya dan dapat bekerja kembali yaitu dengan kentut. Apabila seseorang belum kentut kemudian makan dan minum dikhawatirkan akan terjadinya penyumbatan saat makanan tersebut melewati usus. Oleh karena itu para ahli bedah tidak memperbolehkan pasien pulang atau makan minum sebelum kentut pasca operasi.

Jika demikian, kita tidak boleh lagi menyepelekan kentut ini. Maka saya katakakan kepada anda, KENTUTLAH KAU…🙂🙂