Yang beruban tampak tampan??
Kenapa beruban?
Hukum alam ini mungkin lebih berlaku untuk bapak tua yang telah tua umurnya yaitu memiliki rambut yang berubah menjadi putih atau yang biasa dikenal dengan nama uban.

Banyak para orang tua yang merasakan bahwa uban itu adalah salah satu faktor yang menjadikan penampilan tidak se-perfect dulu. Alasannya adalah karena dengan uban apalagi uban itu cukup banyak diatas kepala yang disebut rambut menandakan bahwa seseorang itu telah berumur tua. Padahal menurut saya jika seseorang telah memiliki uban seharusnya orang itu harus memiliki kesadaran yang lebih bahwa sudah seharusnya dia itu lebih mengingat mati ketimbang yang lainnya walaupun kita tahu bahwa yang meninggal itu tidak mengenal umur. Jadi kalo nanti saya beruban, saya akan menjadikannya motivasi lebih bahwa saya harus memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Lepas dari itu semua sebenarnya mengapa sih rambut itu menjadi putih? Dengan sumber yang telah saya baca marilah kita jawab pertanyaan ini.

Uban adalah rambut hitam yang berubah menjadi putih disebabkan beberapa faktor. Sebagian besar uban tumbuh pada rambut dikepala, janggut, kumis dan jambang. Saya sendiri belum menemukan uban yang tumbuh dibagian-bagian yang tidak saya sebutkan diatas, ada yang pernah melihat nya?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Rambut idaman
Rambut idaman
Warna rambut selalu berhubungan dengan yang namanya melanin. Dalam wikipedia Melanin diartikan sebagai senyawa biologi yang ditemukan pada tanaman, hewan, dan protista, yang berfungsi sebagai pigmen. Pigmen yang dihasilkan biasanya merupakan turunan dari asam amino tirosin. Banyak jenis melanin yang tidak larut di dalam garam. Jenis melanin yang paling umum adalah eumelanin dan pheomelanin.

Sumber lain menyebutkan melanin adalah pigmen pewarna yang diproduksi oleh sel melanosit yang ada di akar rambut. Dan yang menentukan mengenai seseorang mamiliki rambut berwarna cokelat, pirang, ataukah hitam adalah melanosit yatu suatu sel yang membentuk melanin.

Kebanyakan uban muncul pada orang yang berumur lebih dari lima puluh tahun. Mengapa bisa demikian? Karena pada saat usia menginjak lebih dari lima puluh tahun maka aktivitas dan kapasitas sel-sel tubuh menurun. Gejala ini biasa terjadi dan pasti akan terjadi setiap orang. Gejala ini disebut degenerasi sel-sel tubuh atau proses penuaan.

Setiap orang memiliki usia biologis melanosit sendiri. Ketika terjadi degenerasi sel-sel tubuh aktivitas sel melanosis juga ikut menurun dan secara bertahap akan pensiun total. Bila aktivitas melanosit mulai menurun maka warna rambut menjadi putih yang dikenal dengan uban.

Pada rambut melanin dihasilkan sel melanosit yangg ada di akar rambut. Warna rambut yang memutih itu menunjukkan bahwa sel melanosit di rambut sudah tidak lagi menghasilkan melanin.

Nah kalo secara singkat sih seperti itu penyebab dari uban itu. Apa semua orang tua saja yang bakal memiliki uban? Apakah anak kecil bisa memiliki uban?

Jika dalam kenyataanya ada juga anak kecil yang memiliki uban dikepalanya. Hal ini bukanlah karena anak kecil itu seorang pemikir berat sehingga dia memiliki uban dikepalanya melainkan ada sebab atau faktor-faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Sebagian besar kasus terjadi diakibatkan faktor genetik atau keturunan. Selain faktor genetik ada juga faktor-faktor lain seperti gen, gizi rendah, stres, psikologi, penyakit kronis dan lain-lain.

Jika sudah ada uban dikepala kita bolehkan kita untuk menyemirnya agar terihat lebih indah dan menawan seperti anak muda? Bagaimana tinjauan agama mengenai hal ini?

Saya akan menyimpan pertanyaan-pertanyaan ini untuk dijawab dilain kesempatan pada kategori Islam karena saya konsisten dengan judul yang saya tulis diatas.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€. Akhirnya, bersiaplah beruban wahai calon orang tua.๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚