shaum
shaum
Dibulan Ramadhan sebagai seorang muslim kita diwajibkan melakukan shaum selama sebulan penuh dari mulai terbitnya matahari sampai dengan tenggelamnya matahari. Allah swt berfirman,

“Wahai orang yang beriman diwajibkan atas kamu bershaum sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqarah: 183).

Kita mengetahui bahwa shuam merupakan salah satu rukun Islam yang lima, jadi jika kita tidak melaksanakan shaum tanpa alasan yang dibenarkan oleh agama maka dia tidak menegakkan rukun Islam, hal ini berarti dia telah melakukan kufur. Sesunggguhnya dengan melakukan shaum apalagi dibulan Ramadhan kita bisa manghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu seperti terlahir kembali kedunia dengan tanpa membawa dosa sedikitpun.

Rasulullah saw menerangkan kepada kita keutamaan-keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita melakukan shaum, diantaranya:
1. Rasulullah saw bersabada, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘ Shaum itu untuk-Ku dan Aku-lah yang memberi pahala dari sham itu. Yang bershaum itu akan mendapat dua kegembiraan; pada saat berbuka dan di saat menghadap Allah (dengan membawa pahala shaum)’. Dan demi dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang bershaum lebih harum menurut pandangan Allah dari haumnya minyak kasturi.” (H.R. Bukhari)

2. Siapa saja yang bershaum di bulan ramadhan dengan iman dan (ikhlas) karena Allah, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu, dan (demikian pula) siapa saja yang mendirikan shalat pada malam lailatul qadar dengan iman dan (ikhlas) karena Allah, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.” (HR> Bukhari yang bersumber dari Abu Hurairah)

3. Akan dipanggil oleh pintu surga yang bernama Ar-Rayyan yang berarti kita akan mendapatkan surga jika kita shaum. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. “Tidakkah seorang hamba yang mengerjakan shaum karena Allah, melankan Allah menjauhkan dirinya dari neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun karena shaumnya yang sehari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitu banyaknya hikmah jika kita melakukan shaum, bahkan Rasulullah saw menangis ketika bulan yang penuh berkah akan segera berakhir. tetapi ada sebagian orang yang tidak mengindahkan perintah shaum ini. Mereka memilih untuk tidak shaum karena dengan shaum mereka “anggap” akan kelaparan, tidak konsentrasi dalam bekerja dan banyak macam alasan yang lainnya.

kalau begitu, malulah dengan binarang yang diciptakan Allah lebih rendah derajatnya dari pada manusia. hwan diciptakan untuk manusia agar para manusia bisa mengambil berbagai manfaat dari hewan. Salah satunya adalah hewan ternyata melakukan shaum sebagaimana halnya kita manusia. Tetapi cara hewan melakukan shaum berbeda dengan manusia.

ikan salmon merah
ikan salmon merah
Diantara hewan-hewan yang melakukan shaum adalah ikan salmon merah. Awalnya ikan salamon merah ini hidup diair tawar namun tak lama kemudian mereka bermigrasi ke air asin dilautan. Jika mereka hampir dewasa secara seksual dan siap untuk reproduksi, mereka berkumpul bersama dilautan melalui suatu perjalanan sejauh 4.000-5.000 kilometer. Setelah itu setiap spesies kembali ke tanah asalnya dan mereka melanjutkan perjalanan untuk mencapai muara sungai dimana mereka akan bertelur.

Pada saat mereka meningalkan air asin menuju air tawar, mereka mulai melakukan shaum! Ikan salmon merah melakukan shaum agar perasaan peka mereka terbentuk untuk mengenali lokasi yang tepat untuk bertelur. Dan mereka melaukan shaum itu selama berbulan-bulan sebelum mendapatkan kemampuan itu! Subhanallah, maha suci Allah swt yang telah menciptakan berbagai jenis hewan dengan sempurna.

Dengan perasaan mereka yang oeka, ikan salmon berenang melawan arus untuk mencari tempat yang tepat untuk betelur. Dan ajaibnya, setiap ikan salom merah bertelur, mereka bertelur ditempat yang sama ketika mereka dulu menetas. Subhanallah! Ikan salmon jantan bertugas untuk menutupi telur setelah sebelumnya menggali lubang-lubang untuk meletakkan telur dengan sperma mereka untuk menyuburkan telur-telur itu seperti yang kebanyakan ikan-ikan besar.

Hewan lain yang bisa memberikan pelajaran yang sangat banyak kepada kita adalah tupai. Didunia banyak sekali jenis tupai dan memiliki kebiasan yang berbeda-beda. Tupai sangat dikenal sekali ketika dia menjadi salah satu pemain film yang digemari oleh semua orang, termasuk juga orang Indonesia. Saya yakin anda tahu siapa dia? Ya dialah Sandy seorang tupai yang hidup didalam air dan memiliki teman seperti Sponge Bob, Patrick dan lainnya.

tupai tanah
tupai tanah
Tidak kalah dengan salmon merah, tupai pun melakukan shaum selama berbulan-bulan. Tupai tanah melakukan hibernasi selama berbulan-bulan tanpa memakan apapun atau seperti orang yang melakukan shaum. Dieberapa tempat tupai tidak melakukan aktivitas apapun selama delapan buan dalam setahun! Jadi hanya empat bulan kita bisa melihat tupai memakan makanan yang disediakan Allah untuknya. Subhanallah.

Tupai yang diantaranya hidup di pohon atau dilubang-lubang di bawah tanah melakukan shaum berhari-hari selama musim dingin. Karena tupai adalah hewan vegetarian, dia sangat aktif sekali jika berada ditempat yang mengalami musim guru. Apabila tupai melakukan hibernasi mereka berada dalam keadaan tak berdaya. Detak jantung mereka pun melambat sampai hanya sedikit sekali dari detak normal, dan ada yang mengatakan mereka bernafas hanya sekali dalam setiap dua menit!

Pertanyaannya adalah bagaimana dengan kita yang masih malas, tidak taat jika kita melakukan shaum yang sunnah maupun yang wajib. Tidak malukah kita jika makhluk yang berderajat dibawah manusia, hewan bisa shaum sedangkan kita dibulan Ramadhan berada di Warteg (warung Tegal) untuk makan disiang hari? Dan kita harus mengetahui bersama betapa banyaknya hikmah jika kita melaukan shaum.

Saat ini adalah bulan syawal yang pada bulan ini disunnahkan untuk shaum syawal selama enam hari. Mampukah kita melakukannya? Kita diperintahkan shaum tidak seperti ikan salmon yang berbulan-bulan, kita hanya diperintahkan shaum enam hari dibulan ini. Ganjaran yang akan kita dapatkan jika kita shaum dibulan syawal selama enam hari adalah seperti shaum sepanjang tahun. Mampukah kita?