Alhamdulillah penyakit yang saya alami 4 hari belakangan ini sudah mulai meninggalkan tubuh kesayangan saya dan hari ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada para pembaca yang biasa membaca blog ini karena selama 4 hari saya tidak posting di blog saya karena kondisi yang tidak memungkinkan. Terima kasih juga kepada teman-temanku yang selalu mendoakan saya sehingga saya bisa sehat kembali dan pastinya bisa menulis di binekas.wordpress.com.

Untuk hari ini saya akan berbagi mengenai wortel yang akhir-akhir ini saya menyukai jika wortel dijadikan jus. Bukan untuk dijadikan sebagai alasan tapi kondisi saya saat ini tidak terlalu fit jadi jika pembahasannya berbeda dari biasanya itu terletak pada kesehatan saya yang belum pulih.🙂🙂

WortelWortel atau bahasa kerennya adalah Daucus Carota memiliki banyak manfaat bagi manusia. Wortel adalah tumbuhan biennial dengan siklus hidup 12 – 24 bulan yang mampu menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1m, dengan bunga berwarna putih. Banyak sekali artikel yang mengulas mengenai manfaat dari sayuran yang berwarna orange ini, saking banyaknya manfaat wortel para penulis artikel sering kali membatasi sebanyak 7, 8, 9, 10 dan seterusnya dari sekian banyak manfaat wortel.

Wortel adalah sayuran yang digemari oleh kebanyakan orang yang ada dibumi ini. Dari mulai anak-anak sampai dewasa menyukai wortel ini. Untuk orang yang belum pernah makan wortel atau tidak suka makan wortel saya hanya ingin memberi tahu bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Oke deh biar gak basa basi kita cari tahu yuk khasiat wortel apa saja.

Didalam wortel terdapat Beta karoten yang paling banyak dibandingkan dengan sayuran lain. Para ahli menghitung ada rata – rata 12.000 IU dalam 100 gram sayuran yang digemari oleh kelinci itu. Para dokter gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Beta karoten sebanyak 15.000 – 25.000 IU perhari dan ini bisa dicapai jika kita sering makan wortel setiap hari.

Beta karoten dalam wortel jika masuk kedalam tubuh manusia akan dikonversi menjadi vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Beta karoten sendiri termasuk dalam golongan karotenoida dan telah diidentifikasi terdapat lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Antara lain yang cukup dikenal didunia kesehatan adalah karoten, lutein, dan lycopen. Maka bagi anda yang memilki masalah dengan mata atau kulit perbanyaklah mengkonsumsi wortel.

Untuk mencegah kanker wortel dapat juga digunakan karena didalamnya mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas: molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, atau oleh radiasi matahari, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Di samping beta-karoten, wortel mengandung juga antioksidan asam fenolat.

Studi-studi yang telah dilakukan secara luas pada manusia menunjukkan bahwa pola makanan yang menyertakan wortel, kendati dalam jumlah kecil, per hari dapat mengurangi kejadian kanker paru-paru sekitar 50 persen.

Dalam wortel juga mengandung potasium tinggi yang dapat menetralkan keasaman darah pada pecandu rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya. Potasium juga berpotensi untuk menjinakan racun, terutama logam berat yang ditimbulkan polusi udara.

Bukan hanya umbinya saja yang memiliki banyak manfaat, daun wortel pun memiliki banyak manfaat untuk manusia. Zat paspirine yang terkandung di daun wortel dapat merangsang kelenjar pituitary, yaitu kelenjar di bawah otak yang memberi perintah untuk melepaskan hormon seks.

Manfaat-manfaat wortel antara lain:
1. Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

2. Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

3. Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

4. Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

5. Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

6. Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

7. Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

8. Menurunkan kolesterol darah

9. Mencegah kanker

10. Mencegak Stroke

11. Menyehatkan mata

12. De el el

Begitulah sekilas mengenai wortel ini. Kunci untuk mendapatkan semua manfaat itu adalah pada saat kita membelinya. Untuk memilih wortel yang baik yang harus kita lakukan adalah pilihlah wortel yang terlihat segar, kokoh, halus, dan baik bentuknya dengan warna yang menarik. Hindari wortel yang retak, kisut/berkerut, atau rubbery. Pada saat membeli wortel yang bagian atasnya yang hijau masih melekat, pastikan bagian hijaunya tampak segar.

Simpanlah wortel dengan baik dalam lemari pendingin. Bagian hijaunya sebaiknya dilepaskan/dipotong dulu sebelum disimpan. Semoga bermanfaat.