Ada sebuah kisah atau cerita ketika saya menjatuhkan pilihan untuk membeli novel yang berjudul “The Bartimaeus Trilogy”. Saat sedang browsing di internet melihat-lihat resensi tentang novel The Secret of The Immortal Nicholas Flamel, kalau gak salah saya mencarinya disitus kutubuku.com atau mungkin juga di bukukita.com. Disitus yang sedang saya baca itu terdapat kata-kata yang menarik saya untuk mengetahui lebih banyak mengenai The Bartimaeus Trilogy. Kata-katanya adalah, “Dalam novel The Secret of The Immortal Nicholas Flamel ini sangat seru, namun jika dibandingkan dengan Bartimaeus Trilogy masih cukup jauh. Karena buku ini memiliki enam seri bisa saja novel ini lebih seru jika membacanya sampai dengan seri terakhir.”

Karena kata-kata itulah saya mencari The Bartimaeus Trilogy dan mulai mencari bebrapa resensinya dan tentu saja saya membacanya. Karena ada yang ‘meremehkan’novel favorit saya yaitu The Secret of The Immortal Nicholas Flamel dan juga karena saya menunggu seri ketiganya, saya mulai mencari novel yang ditulis oleh Jonathan Stroud itu untuk mengujinya apakah lebih rame dan seru dari novel kesayangan saya ataukah tidak.

Tidaklah mudah bagi saya untuk mendapatkan novel yang terdiri dari tiga seri ini. Selama hampir satu minggu lebih saya mencari ke berbagai toko buku yang ada di Bandung dan akhirnya saya mendapatkannya juga atas bantuan pacar saya yang entah berapa ratus kali menanyakan novel ini. heheh.

Setelah mendapatkannya atau biasa disebut setelah membelinya dengan harga 55.000 dengan diskon 20%, yang saya lakukan adalah membacanya. (Ya iyalah masa udah susah-susah dibeli novelnya langsung dibuang). Dan anda semua tahu bagaimana ceritanya dan bagaimana pendapat saya mengenai novel ini> Berikut adalah penilaian saya…

Secara ide cerita, novel ini sangat bagus sekali dengan beberapa fakta yang dimasukkan ke dalam ceritanya. Bagi saya pada bagian awal saya membaca, membuat saya bingung dengan alur yang dalam novel ini. Pasalnya, setiap bab dalam novel ini diberi nama untuk menandakan dalam bab itu menjelaskan mengenai siapa. Contohnya adalah “Nathaniel 18” atau “Bartimaeus 1”.

Bartimaeus Trilogy
Bartimaeus Trilogy
Jika anda tidak sabar menanti bagian yang paling seru dalam novel ini mungkin akan mengatakan bahwa novel ini membosankan dan bertele-tele, namun jika anda bersabar menanti pasti anda akan mengatakan, “oh” dengan perasaaan bangga dan mulai mendapatkan semangat yang menggebu-gebu untuk menyelesaikan novel ini.

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah campuran. Masa lalu dan masa lalu lainnya saling bertemu dalam bab tertentu dan meneruskan perjalanan cerita dari imajinasi Jonathan Stroud yang tertulis dalam novel ini. Bagian masa lalu adalah ketika Nathaniel seorang bocah berumur dua belas tahun memanggil Bartimaeus seorang jin yang berumur 5000 tahun. Jin itu diperintahkan untuk mencuri Amulet dari Lovelace. Bagian masa lalu lain adalah perjalanan hidup Nathaniel dari masih kecil sampai dengan ketika umur dua belas tahun dan mempelajari berbagai hal termasuk juga ddidalamnya yaitu sihir. Titik temu dari dua masa lalu ini adalah ketika Bartimaeus berhasil mencuri Amulet dan akan menyerahkannya kepada Nathaniel. Namun Nathaniel memmerintahkan kepada Bartimaeus unutk menyimpan Amulet itu diruang kerja ayahnya.

Novel yang saya beli baru seri yang pertama dari tiga seri yang ada. Novel pertama ini berjudul “The Amulet of Samarkand”. Novel ini bercerita menghenai seorang bocah kecil bernama Nathaniel memanggil jinyang bernama Bartimaeus. Jin yang dipanggil oleh Nathaniel adalah jin yang berusia 5000 tahun. Bartimaeus memiliki perintah dari majikannya untuk mencuri Amulet. Karena Bartimaeus telah dipanggil dan masuk kedalam pentacle-pentacle yang dibuat oleh Nathaniel, maka dia harus memenuhi apa yang telah majikannya perintahkan. Dan itulah syarat agar Bartimaeus bisa selamat dan bebas.

Bukan hal yang mudah bagi Bartimaeus untuk mencuri Amulet. Orang yang memiliki Amulet itu adalah Lovelace seorang pemnyihir yang kuat dan memilki banyak jin yang selalu melindunginya. Termasuk juga untuk menjaga Amulet dari para pencuri seperti Bartimaeus. Amulet adalah jimat yang dibuat oleh penyihir hebat yang bernama Shaman. Jimat itu busa melindguni pemakainya dan menyerap kekuatan sihir yang menyerang pemakainya. Namun Amulet ini tidak bisa diatur oleh pemiliknya. jadi Amulet hanyalah benda pasif yang bisa menyerap dan memantulkan sihir.

Dengan sangat sulit dan entah berapa kali ketahuan oleh para penjaga Lovelace akhirnya Bartimaeus berhasil mencuri Amulet dan menunggu majikannya memamnggil untuk menyerahkan dan membebaskannya. Pada saat Bartimaeus dipanggil kembali olrh Nathaniel, Bartimaeus segera akan memberikan kepada Nathaniel dan dia pun bisa bebas. Tapi rencana nathaneil bukanlah sampai disitu, dia memerintakan kepada Bartimaeus untuk menyimpan Amulet itu di ruang kerja ayahnya yaitu Mr. Arthur underwood. Dengan patuh Bartimaeus menurutinya dengan rasa kesal karena dikiranya dia akan dibebaskan.

Nathaniel adalah seroang murid dari Mr.Arthur Underwood dan istrinya Mrs. underwood. Selama masa kecilnya sampai dengan umur dua belas tahun Nathaniel memilki perkembangan yang pesat dalam hal pelajaran-pelajaran dsar seperti matematika, geografi, sejarah dan lainnya. Dalam
bidang sihir Nathaniel diajarkan langsung oleh mr. Rthur underwood seorang penyihir menengah yang juga menajdi salah satu meneteri di London. Dengan bantuan perpustakaan yang sangat banyak bukunya Nathaniel berlajar banyak hal mengenai sihir. Bahkan berkat buku yang dibacanya Natheniel mampu mammanggil jin yang kuat yaitu Bartimaeus.

Pemanggilan yang dilakukak oleh Nathaneil tidaklah diketahui oleh kedua orangtuanya dan sebenarnya Natahniel belum saatnya untuk melakukan pemanggilan karena dia belum memilki nama untuk seorang penyihir.

Singkat cerira Lovelace mengetahui bahwa Amuletnya telah hilang dicuri dan berada dirumah Mr. Underwood yang tiada lain adalah temanya juga. krena merasa tidak pernah mencuri Amulet itu Mr Underwood tidak mememberi tahu kepada Lovelace dimana amulet berada. Selelah memaksa masuk dan memeriksa seluruh isi rumah Mr. Underwood, Lovelace mendapatkan barangnya yang hilang. Sebagai balasannya rumah Mr. Underwood dibakar habis beserta pemiliknya yaitu Mr. Underwood dan Mrs underwood.

Apakah yang akan dilakukan oleh Nathaniel selanjutnya? baca selengkapnya novel ini karena didalamnya banyak sekali konflik yang hebat, menegangkanm dan senang. Karena tangan saya sudah pegal dan ditambah lagi udara semakin memanas saya ucapkan selamat membaca!