Salah Satu Dinding Borobudur
Salah Satu Dinding Borobudur
Apabila pada bagian satu kita telah membahas mengenai letak candi Borobudur dan asal usul nama candi Borobudur, hari ini kita akan membahas mengenai arti bangunan candi Borobudur itu.

Sebanyak 55.000 m3 batu menyusun bangunan candi Borobudur dan menjadikannya salah satu keajaiban dunia dengan tinggi bangunan sampai 42 km dan lebar dasar 123 m. Saat ini usia candi Borobudur sudah mencapai 12 abad.

Salah satu dinding borobudur
Salah satu dinding borobudur
Borobudur adalah lambang suci agama Budha dan lambang kebesaran dari kejayaan raja yang membangunnya. Kebesaran sebuah candi menunjukkan kebesaran kekuasaan dan bakti raja kepada agamanya. Sebagai bangunan suci, Borobudur mempunyai fungsi:
1. Lambang suci agama Budha
2. Monumen peringatan dan penghormatan kepada sang Budha
3. Tempat menyimpan reliek. Reliek yaitu benda-benda suci peninggalan dari sang Budha atau para bhiksu yang ternama.

Candi Borobudur merupakan tiruan dari kehidupan pada alam semesta yang terbagi dalam 3 bagian besar yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Aurapadhatu.

Kamadhatu sama dengan alam bawah atau dunia hasrat. Dalam dunia ini manusia terikat pada hasrat bahkan dikuasai oleh hasrat, kemauan dan hawa nafsu. Relief-relief yang terdapat pada bagian kaki candi kaki candi asli yang menggambarkan adegan-adegan Karmawhibhangga yaitu yang melukiskan hukum sebab dan akibatnya.

Ruphadatu sama dengan alam antara atau dunia rupa, dalam alam ini manusia telah meninggalkan segala urusan keduniawian dan meninggalkan hasrat ataupun kemauan. Bagian ini terdapat pada lorong satu sampai dengan lorong empat.

Arupadhatu sama dengan alam atas atau dunia tanpa rupa, yaitu tempat para dewa. Bagian ini terdapat pada teras bundar tingkat I, II, II beserta stupa induk.

Salah satu Dinding Borobudur
Salah satu Dinding Borobudur
Jika anda ingin mengetahui semuanya mengenai candi Borobudur saya sarankan untuk membeli bukunya yang dijual ditoko buku atau kita juga bisa mendapatkannya di tempat wisata Candi Borobudur. Pembahasan dalam blog ini hanya sebagian atau sekilas saja karena saya disini bukan sedang mengkuliahi melainkan berbagi. Namun jika anda ingin saya membahas lebih dalam mengenai Candi Borobudur saya akan mencobanya namun dikonfirmasi terlebih dahulu kepada saya.🙂🙂