Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu
Bagi orang yang tinggal di Bandung mungkin tidak banyak tahu mengenai Gunung Tangkuban Parahu termasuk juga saya. Saya ingin mencoba menggali lebih dalam mengenai Gunung Tangkuban Parahu. Untuk artikel ini saya mengambil rujukan dari buku yang berada di rak buku saya yang berjudul “Petunjuk Wisata Lengkap Jawa-Bali” yang ditulis oleh Morissan seorang produser pada perusahaan televisi METRO TV.

Jika kita dari Bandung kita bisa mencapai obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu dalam waktu 30 menit kearah utara kota Bandung. Selama diperjalanan kita disuguhi dengan pemandangan alam yang indah bahkan kita bisa melihat dataran kota Bandung yang sudah mulai padat dengan para pendatang.

kawah ratu
kawah ratu
Kendaraan yang kita pakai dapat langsung mendaki gunung hingga mendekati Kawah Ratu yang merupakan kawah utama di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Setelah kita memarkir kendaraan kita bisa berjalan kaki untuk menikmati kawah yang berada di Gunung Tangkuban Parahu. Di Gunung Tangkuban Parahu terdapat 3 kawah yang berdekatan. 3 kawah itu adalah Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Kawah Ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam. Kawah Raty merupakan kawah terbesar di Gunung Tangkuban Parahu yang letaknya bersebelahan dengan kawah upas yaitu sekitar 1500 meter. Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga banyak ditumbuhi pepohonan liar disalah satu sisi dasar kawah itu. Kawah ketiga adalah Kawah Domas. Kawah Domas merupakan cekungan yang mengeluarkan sumber air panas.

kawah upas
kawah upas

Dinamakan Gunung Tangkuban Parahu karena bentuknya menyerupai perahu yang terbalik atau dalam bahasa sunda di sebut tangkuban. Di Tangkuban Parahu ini memiliki berbagai macam kawasan hutan yaitu Hutan Dipterokarp bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

Kawah domas
Kawah domas
Gunung Tangkuban Parahu pernah meletus pada tahun 1910 sekuat 2 Skala Richter yang mengakibatkan terbentuknya kawah yang mengeluarkan asap belerang kedataran rendah yang berada dibawahnya. Terakhir kali Gunung Tangkuban Parahu meletus pada tahun 1983. Titik koordinat Gunung Tangkuban Parahu adalah 6.77 derajat ke selatan dan 107.6 ke timur.

Kenalilah Indonesia
Cintailah Indonesia
Jagalalah Indonesia
Lestarikanlah Indonesia

AKU CINTA INDONESIA