Sesatnya Black Metal

Saya sangat kecewa sekali dengan orang-orang yang menggunakan atribut ataupun hal-hal yang berbau Black Metal seperti angka 666, gambar salib terbalik, ataupun yang lainnya. Saya berpikir dan merenung apakah mereka semua yang memakai atribut dengan bangga itu mengetahui arti dan makna dari apa yang mereka gunakan?? Kita diberikan otak untuk berpikir maka gunakanlah akal kita (otak) dengan bijaksana dan tidak melakukan apa yang kita sendiri tidak mengetahuinya!!!

1.Black Metal = Pemuja Setan

Salah Satu Atribut Black Metal

Salah Satu Atribut Black Metal

Setiap manusia tidak selamanya akan merasakan senang dan bahagia. Kadangkala kita merasakan kegelisahan, kesedihan, kekecewaan dan hal yang tidak enak lainnya. Pada saat itu setan memiliki kesempatan untuk menjerumuskan kita dengan segala tipu muslihatnya. Usaha setan pun tidak sia-sia, bukan hanya berhasil memalingkan cucu adam setan juga berhasil membuat sekelompok manusia untuk menyembah dirinya.

Para pemuja ini ternyata telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Mereka memuja setan dengan upacara-upacara yang didalamnya ada sebuah persembahan kepada setan berupa kambing atau bahkan manusia untuk disembelih atau dibakar!!!

Salah satu ritual satanisme

Salah satu ritual satanisme

Satanisme begitu pemuja setan disebutkan beranggapan bahwa keinginan tidak memiliki batasan. Mereka memilki faham bahwa manusia harus menjadi bangsa yang kuat, bertenaga dan agresif. Para penganut satanisme sangat menyanjung mereka yang melakukan dosa dan kejahatan. Oleh karena itu kelompok satanisme memnerikan ruang yang luas kepada mereka yang ditolak oleh masyarakat, sperti para pelaku ajaran sesat dan pezina. Untuk merekrut anggota, satanisme menggunakan musik yang keras seperti Black Metal, narkoba dan seks untuk menyesatkan manusia dan merusakkan remaja. Mereka pun membuat kelompok-kelompok ajaran sesat yang menyebabkan paham satanisme merasuk, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Tantra

Tantra

Tantra adalah salah satu ilmu hitam yang ada dalam sanatisme. Tantra adalah ilmu pengetahuan kerohanian yang untuk pertama kalinya di ajarkan di India 7000 tahun yang lalu. Tan berasal dari akar kata sansakerta yang berarti ‘perluasan’, dan Tra berarti ‘pembebasan’. Tantra yang dilaksanakan oleh sebagian masyarakat India, seluruh elemen dan unsur itu dapat ditemui. Rahib-rahib Tantra dikenal sebagai Tantrika, memohon kepada setan agar menghancurkan musuh-musuh para pelanggan yang mendapatkan pelayanan mereka. Para penganut ajaran Tantra juga terkenal dengan ritual yang dilakukan di kawasan perkuburan dengan menggunakan kekuatan gaib, pesta seks dengan gadis, persembahan korban manusia dan hewan, serta penggunaan arak dan bahan-bahan pembangkit halusinasi lainnya seperti marijuana dan ganja.

2. Kesesatan Black Metal

Wajah Black Metal

Wajah Black Metal

Anggota Black Metal memiliki ciri khusus dibagian tubuhnya. Dengan pakaian yang serba hitam kemudian mengggunakan bebagai aksesoris seperti gambar kambing, gambar setan yang ada dalam bayangan mereka, kalung berbentuk bintang terbalik, cincin dan lain sebagainya. Semua harus serba hitam dari mulai atas hingga bawah karena setan identik dengan kegelapan.

Pada saat akan diadakan upacara pemujaan setan dan pesta seks atau dikenal dengan pesta gigg mereka wajib mengguanakan ‘pakaian dinas’ mereka yaitu bernuansa hitam dan memakai aksesoris ‘setan’. Sebelum dimulai upacara itu mereka meminum sejenis darah kambing yang menurut kepercayaan mereka dapat meningkatkan konsentrasi dan memberikan ekstasi kesenangan yang tiada tara.

Setelah mereka meminum darah tersebut, mereka tidak akan merasa malu lagi untuk melakukan hubungan seks secara masal dengan beralaskan Al-Qur’an kitab suci umat Islam. Upacara ini dilakukan sebagai pernyataan dan penyerahan diri mereka pada pengaruh serta kuasa setan. Dengan meminum darah kambing, mereka yakin bahwa seluruh kehidupan, gerak-gerik dan segala tingkah lakunya akan dilindungi setan. Bagi mereka, dengan panduan dan pedoman setan, kelompok Black Metal akan terus berkembang dan tidak mungkin dsapat ditumpaskan. Mereka tidak kalah kebal karena mendapat perlindungan dari setan.

3. Simbol dan Makna Black Metal
Kelompok Black Metal memiliki simbol tersendiri untuk menandakan bahwa seseorang itu adalah anggota black metal bahkan yang bukan anggota black metal saja sering kali menggunakan atribut dan aksesoris Black Metal. TRAGIS.
A. Bintang Bersudut Lima

Bintang Terbalik

Bintang Terbalik

Bintang bersudut lima atau orang sering mengatakan bintang terbalik adalah salah satu simbol Black Metal yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Bintang bersudut lima ini mewakili unsur-unsur semangat, air, api, angin dan tanah.

Baphomet

Baphomet

Dalam kalangan tukang sihir, simbol ini mewakili setan Bephoment atau Baphomet, yaitu setan indah yang dipuja oleh pengikut dan anggota Black Metal. Setan Baphomet adalah gambaran dari kambing mendes yang disembah oleh anggota Black Metal. Setan ini memilki kepala kambing bertubuh manusia dan memiliki sayap. Setan ini juga kadang menjelma jadi kucing hitam dan berkepala ayam jantan.

Menurut kepercayaan anggota Black Metal semua unsur yang ada di bintang terbalik itu memilki makna dan lambang tertentu. Bumi atau tanah adalah simbol kestabilan, pertumbuhan, dan pendikan. Air adalah simbol gerak hati, lambang kekuasaan wanita, serta darah penyembuhan. Api adalah lambang kekuatan fisik serta aksi dan reaksi. Angin adalah simbol intelektual atau perhubungan. Semangat atau ruh dianggap sebagai kekuatan penggerak. Setiap unsur tersebut sangat berkuasa dan berpengaruh. Kelima unsur itu harus diarahkan pada kejahatan agar melancarkan setan berkuasa didunia dan mengendalikan manusia.

Dan anehnya di Indonesia ini banyak yang menggunakan atribut atau aksesoris seperti bintang terbaik di motornya, bajunya, jaketnya, tangannya, gambarnya tanpa tahu makna dan arti dari simbol itu!!!!!!

B. Kepala Kambing
Selain bintang terbalik kita juga mengetahui atau sangat sering melihat bahwa banyak orang yang menggunakan baju atau jaket yang merupakan simbol dari anggota Black Metal.

Kepala kambing yang bertandung dua ini menjadi simbol kejahatan, keganasan, dan ruh jahat. Simbol kepala kambing itu akan dipuja karena dipercaya akan menambah kekuatan kejahatan kepada para pengikutnya. Pemujaan itu dilakukan dengan harapan agar ruh jahat dapat masuk ke dalam hati dan menguasai pikiran pemujanya. Dengan demikian mereka tidak akan merasa takut ataupun malu lagi untuk melakukan kejahatan.

Simbol kepala kambing ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Praktik memuja kepala kambing dilakukan di Lembah Euphartes dan Tigris sejak 6000 tahun yang lalu. Puncaknya saat setan meminta persembahan kurban manusia ataupun binatang.

Dan sekali lagi ini digunakan dengan bangga di badan mereka, menggantung dileher mereka, disimpan di belakang motor mereka tanpa tahu apa makna dari simbol tersebut!!!

C. Salib Terbalik

Salib terbalik salah satu simbol Black Metal

Salib terbalik salah satu simbol Black Metal

Selain Bintang terbalik dan Kepala kambing bertanduk dua Black Metal pun memilki simbol lain yaitu Salib Terbalik. Simbol ini berarti bahwa kelompok Black Metal anti agama kristen. Segala hal yang dan tingkah laku mereka selalu berlawanan dengan ajaran agama kristen. Mereka juga bersikap anti-yesus dan menggunakan lambang salib terbalik sebagai alas Al-Qur’an. Konon simbol ini telah digunakan pada saat perang salib dimana kristen menyerang umat Islam. Perang Salib berlangsung selama kuran lebih 350 tahun dengan kemenangan berada dalam pihak Islam.

Walaupun perang salib mendapat dukungan dari pemimpin umat kristen dan gereja katolik tetapi pada hakikatnya perang tersebut didalangi serta digerakkan oleh orang-orang yahudi. Pihak yahudilah yang memberi dana untuk biaya peperangan tersebut. Simbol salib terbalik telah digunakan sebagai perantara antara orang yahudi dan tentara yang dibiayainya. Jadi, tidaklah berlbihan apabila keberadaan kelompok Black Metal mempunyai hubungan dengan peran dan agenda jahat orang yahudi sebagai usaha mereka untuk menguasai dunia dan umat manusia.

Simbol Setan

Simbol Setan

Salib terbalik ini pun masih terlihat dipakai oleh orang-orang yang bukan anggota dari Black Metal. Apakah anda simpatisan anggota Black Metal untuk menjadikan agenda-agenda jahat mereka dengan menggunakan atribut dan aksesoris Black Metal?? Apakah sekarang anda dengan mengacungkan jempol, telunjuk dan kelingking simbol Black metal menjadi penyembah setan yang terkutuk?? Pikirkanlah apa yang anda lakukan jangan hanya mengikuti tanpa mengetahui asal usulnya karena anda, saya dan semua manusia dibumi ini memilki OTAK!!!

    • sevty
    • Juli 21st, 2009

    artikel yg bgus,,
    jd bnyak org yg bs tau lambang dari brg* yg mreka pke..

    lgian serem jga ngliat org pk pernak.pernik srba itm..
    hhehe

  1. Hehe…
    Ono2 ae…..
    Tp skrg gak blackMetal aja yg seperti itu..
    Walaupun anak Gaul yo bejat2 kelakuane….
    emang jarang yg ngerti.
    Sperti Trend tahun kemarin Trend yg g kreatif! Trend yang meniru gaya ala Punkers..
    Yawes makasih info2nya.

    • Evil
    • Agustus 7th, 2009

    Pembahasan yang dangkal

      • binekas
      • Agustus 8th, 2009

      terima kasih atas kunjungnnya…

      • z
      • April 1st, 2011

      setannya tersinggung?!

    • black id
    • Agustus 16th, 2009

    ‘ Evil ; aq setuju…!!! yang bikin artikel sok tw……!!!

      • binekas
      • Agustus 17th, 2009

      kalo bisa ngebuktiin kalo black metal tidak sesat nulis juga donk jangan cuma ngom gak karuan kayak gitu??? Jangan cuma ikut-ikut donk lah….

        • chyoevil
        • Februari 13th, 2010

        hhaha. anda penulis sesat nih

      • Anda bisa share tentang black metal yang positif seperti halnya komunitas “salam satu jari” gak semua black metal itu beraliran setan.

      • raden
      • September 20th, 2009

      black metal adlah aliran musik manusia2bodoh yng tidak percaya adanya hari pembalasan…………………renung kan

      • weeiiii jgn sembarangan ngomng black metal musik orang2 bodoh…….buat opini seenaknya,km sok tau adanya pembalasan segala….ky tuhan aja km!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!aku pnya band black metal……jgn macam2 km ngomng

        • binekas
        • Oktober 17th, 2009

        hanya mengabarkan apa yang harus dikabarkan dan ini adalah merupakan perintah Tuhan saya kepada saya…

      • “ini adalah merupakan perintah Tuhan saya kepada saya”…

        wuihhh,perintah tuhan lgs y?wah klo p’nyataan ini mmg bnr, b’arti anda yg sesat….(klo blh koreksi ,biar p’nyataan’a ga bias gnt dg kata “menjalankan perintah agama” lbh bgus)

        “Pikirkanlah apa yang anda lakukan jangan hanya mengikuti tanpa mengetahui asal usulnya karena anda, saya dan semua manusia dibumi ini memilki OTAK!!! ”

        Ok, manusia d’berikn otak tuk b’pikir…dan anda menuliskn artikel ini dg otak anda…tp dlm otak sy, sy msh m’ptnyakan artikel ini…krn anda tdk m’nyebutkan smber’a, n klo d’hbungkn dg p’nyataan anda yg m’nyebutkn “bisa mengatakan BM sesat karena telah mengamati sebelumnya”…mk p’tnyaan sy adl, apa yg anda amati dan bgmn cr anda m’amati’a?

        “dan berkesimpulan bahwa BM memang sesat.”

        apakah anda menggeneralisasikn bhw komunitas black metal adl sesat?klo iy, sy akan sgt kasihan kpd anda jk suatu saat da org yg m’nyebutkn bhw “blogger indonesia adl penghasut” smntr di blog anda ttulis hal2 yg bguna…

        mgkin anda prnh dgr bhw “informasi yg tdk m’miliki sumber n dasar dpt dikatakan sbg HOAX atau menyesatkan”…nah skrg sy hbungkn dg artikel anda, jk mmg artikel ini tdk da sumber tpcaya n dasar yg kuat maka artikel ini tlh m’nyesatkan…

        thx.

        • senthalfrost
        • Februari 12th, 2010

        WOW…TERBUKTI..KESESATAN SODARA lebih parah…sehebat itukah anda???? PERINTAH TUHAN KEPADA KAMU???? apa yang ngebuat kamu bgtu istimewa sampe tuhan ngasi perintah ma kamu??? agama kamu APA ?? karena saya dah tanya bbrapa temen non Muslim..pernyataan kamu tuh provokatif..sacreleligious…….anda pengen kami yang bukan pemuja setan terjebak dalam statement dan kondisi yang membingungkan?? itu maksud anda???? most of us (BM) are not that stupid!!! we can still recognize which state or parameter that we can used as ref..so,gmna?? mau nerima ajakan saya?? kita datengin kawan2 saya di Bandung..tanya langsung ma mereka..apa mereka satanis??

        • sinner
        • Februari 12th, 2010

        hati-hati om kalo ngomong…
        lo tuch ga tau apa-apa…
        jadi lebih baik diam dan tutup mulut lo dech…

        • Ucca
        • Mei 16th, 2010

        yakin tuh omongan?

        • ahoenk
        • Maret 25th, 2011

        sori brooo

        ni artikelnya bnyak brtntangan ma artikel lain

        kyak arti dri lambang BM

        sbenernya smua tu dliat dr orangnya msing2

    • black id
    • Agustus 16th, 2009

    wong twnya cuma dari buku…..

      • binekas
      • Agustus 17th, 2009

      kata sapa??? sok tau banget ngom kayak gitu…

        • chyoevil
        • Februari 13th, 2010

        haha, emang cuma dri buku kan. buku sesat pula

      • Ryan_Anti_Black_MetaL
      • April 22nd, 2012

      Ritual , Simbol Satanism , Dan Pemuja Itu apa ?
      Ideologi dari mana tu , Kenal Anjing Crowley gg para BM mania ?
      aku punya saran bwat BM mania smua ,,
      Mati Lo aja Sana …. Sampah Agama , Negara , Masyarakat
      widih …. Bangga yahh pke Item”

      • hitam bukan berarti sesat bro….
        istilah pemuja setan itu memang benar tapi sudah beribu tahun yg lalu…dan pada saat itu mereka mungkin blum prnah mempelajari tentang agama dan blum mempunyai akal sehat manusia….bandingkan dengan jaman sekarang udah ada agama jadi tergantung pembawaannya manusia itu sendiri…..makanya jgn sembarangan ngomong tentang black metal….bgaimana kmu bisa tau sumbernya klo kmu sendiri laen anak BM……kami punya event” death metal bukan berarti kami melakukan ritual pemuja setan…kami adakan event” seperti itu karna kami berkumpul sebagai keluarga atau saudara…. dan saling menjaga yg nama nya solidaritas dan kami bebas berkreasi lewat lagu” death metal itu sendiri….by riri..\m/

    • Md_1Q134L
    • Agustus 21st, 2009

    gak semuanya black metal sesat bung.
    gue atas nama BMB (BLACK METAL BALIKPAPAN)
    Kberatan loe ngomong gitu.
    soal nya gue Black Metal Jg..tetapi gue punya agama n tuhan.

      • binekas
      • Agustus 22nd, 2009

      saya hanya mengatakan BM yg berasal dari Bandung.

      • emang black metal bandung sesat?

        • chyoevil
        • Februari 13th, 2010

        wew, fitnah yang lebih spesifik bung. bisa skakmat nih, band bandung yang mana ya??

        • ahoenk
        • Maret 25th, 2011

        g smua BM sesat

        emang kmu uda interview ma nak BM nya ndiri????

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      sama seperti kamu… GLORY \m/

      • Ryan_Anti_Black_MetaL
      • April 22nd, 2012

      Nama nya blackmetal semua sesat ! klo gg mw blang sesat jngn bwat band Black Metal !!!

      • tyo tho pinrang
      • Juni 15th, 2012

      black metal nga sesat ,,trgntung drii mna seseorang mlihatx

    • Metal Head
    • Agustus 26th, 2009

    he…. wong pekok….Metal itu gak ada kaitan2nya dengan setan muka lu tu yang setan.
    ulasan gak penting….

      • binekas
      • Agustus 29th, 2009

      trs kl gak ada kaintannya dengan setan, dari mana lg donk???? Bisa buktiin gak?? Jangan cuma ikut-ikut doank donk… Pake ilmunya.

      • gue suka music black metal tp ngk tau nyembah setan ,,,aku juga ngk pernah ritual .. jgn kamu angap semua ank black metal itu sesat karna setiap manusia itu mempunyai kesukaan sendiri2 ,, kamu suka pop ya sana sukai music pop yg isinya cinta2an..

      • raden
      • September 20th, 2009

      metal jelas kaitan dengan kesesatan…………………..lo kaga punya agama………semua penjelasan diatas sesuai fakta

        • sinner
        • Februari 12th, 2010

        lo masih anak kemeren sore diem aja dah…
        metel itu musik na orng-orng punya skill dan idealis sendiri..

        • chyoevil
        • Februari 13th, 2010

        fakta mana atuuuh?????

        • ziyangoat
        • Maret 1st, 2010

        yeah..emang knp klo metal berkaitan dgn setan..??so what??toh urusan kepercayaan kok..
        saya salah satu headbanger.. saya mendengarkan semua genre metal heavy, black, death, dll
        tp hidup saya biasa aja tuh..solat ya solat..ibadah ya ibadah…
        anda tak tau apa2 soal metal bung..ga usah komentar deh..

  2. Artikel yang bagus,,
    sudah saatnya orang-orang paham dan mengerti..

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      mengerti kalau blogger pekok seperti ini yang bikin blogger indonesia terkesan HOAX mulu

    • oki narasoma
    • September 11th, 2009

    sbagai orang percaya kpada penciptanya….kita tidak perli memakai yang seperti itu

      • binekas
      • September 12th, 2009

      setuju

        • Ryan_Anti_Black_MetaL
        • April 22nd, 2012

        Sipp …

    • raden
    • September 20th, 2009

    setujuuuuuuuuuuu

    • Chyoevil
    • September 26th, 2009

    Tulisan anak kecil yg sperti ‘katak dlm tempurung’. hey3, dunia ini luas, jgn cm bc ‘memb0ngkar kesesatan black metal’ karya orang malingsia ann wan seng. cari referensi lain, terjun k dunia black metal, lalu tulis apa yg lu liat. Yg lu tulis bs jadi fitnah l0h, d0sa

      • binekas
      • September 27th, 2009

      lebih dosa lagi kalo gak punya agama n menghina Tuhan kan?? Manusia di kasih otak untuk berfikir.

      • mendingan g punya agama tp percaya tuhan,daripada punya agama sbg topeng aj….dasar sok suci…..

        • binekas
        • Oktober 17th, 2009

        Tuhan ngajarin kita untuk beragama… Kl dia dah gak punya agama berarti dia gak percaya Tuhan…

        • senthalfrost
        • Februari 7th, 2010

        setuju…lantas apa justifikasi anda menjudge semua black metal Bandung adlah pemuja setaN????

        • binekas
        • Desember 19th, 2009

        Tuhan punya agama jadi kalo orang yg g py agama berarti dia g percaya tuhan

      • baik buruk,dosa apa tidak,itu urusan tuhan dan individu,bukan urusan manusia..kenapa kamu repot bang?

    • tuhan punya agama?agamanya tuhan apa ya?

      • sinner
      • Februari 12th, 2010

      setuju!!!

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      @chyoevil Slow brother,biar bukti yang berkata…aku juga tersinggung kalau black metal di bilang begini…Tapi ya udahlah kita serahkan aja sama TUHAN,tunjukkan kalau kita masih percaya sama TUHAN…Dan terpenting lagi kita masih bisa berfikir sebagai manusia,bukan lebih rendah daripada manusia bukankah begitu?

        • haerin_elf
        • Juni 19th, 2010

        betul.lagian sekarang black metal cuma maenin music doank

      • gue dari umur 3 sd suka music bm tp aku juga ngk pernah menyembahan setan…loe ngomong sok suci ngk punya dosa loe …kenapa orang kristen buda itu sesat ngk loe hina ,,,,itu sudah terlihat jelas sesatnya..

    • Chyoevil
    • Oktober 2nd, 2009

    Terlalu hiperb0l n maksa bwt mend0ktrin smua BM=sesat

      • binekas
      • Oktober 2nd, 2009

      bisa mengatakan BM sesat karena telah mengamati sebelumnya dan berkesimpulan bahwa BM memang sesat.

        • chyoevil
        • Februari 13th, 2010

        masih nunggu pengamatan dari penulis nih

        • ziyangoat
        • Maret 1st, 2010

        okelah BM menurut saya emang sesat..tp isi buku ini ga sesuai fakta..
        liat aja foto DARK FUNERAL dia bilang MARDUK..
        ada lg yg gini “gaya rambut punk ciri khas kelompok mohawk”
        ayooolaaahh

      • Akhir-akhir ini saya sering berpikir mengenai Black Metal dan Satanisme. Saya teringat sebuah posting di milis Indogrindsick yang menanyakan bagaimana caranya menjadi anggota gereja setan, gimana caranya mendapatkan buku Satanic Bibble, dsb. Saya juga teringat dengan fellow local scenester of mine yang mengirim surat ke salah satu distro di Jakarta dan meminta info seputar scene underground lokal, dan jawaban dari distro tersebut cukup mengejutkan. Di surat tersebut si pemilik distro (entah siapa) mengatakan bahwa Punk, Hardcore dan Black Metal sebaiknya enyah dari bumi Indonesia.

        Saya tidak akan menanggapi komentarnya mengenai punk dan hardcore, karena saya memang tidak peduli. Yang menarik adalah komentarnya mengenai Black Metal. Ia mengatakan bahwa band-band Black Metal Indonesia itu seperti Srimulat, seperti pelawak. Saya tidak ingat penjelasannya mengenai hubungan band Black Metal lokal ini dengan srimulat. Yang jelas alasan ketidaksukaannya terhadap band Black Metal lokal karena band lokal kita, tidak seperti band luar, beraninya menghina agama orang lain bukannya agama sendiri.

        Dari tulisan tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa band Black Metal lokal kita, jika ingin hebat dan diakui seperti band Black Metal luar harus berani menghujat dan mencerca agamanya sendiri, dalam hal ini Islam yang merupakan agama dengan penganut terbesar di Indonesia….Kedengaran bodoh ya?

        Ini yang membuat saya terusik, apakah memang menghujat agama sendiri itu merupakan suatu keharusan dalam Black Metal? Trus alasannya apa? Dengan pertanyaan ini didalam kepala, saya mencoba mencari jawaban ….dengan browsing di internet tentu saja. Dan dengan berkunjung ke beberapa situs dan membaca beberapa artikel dan interview, akhirnya saya punya kesimpulan seperti ini: Satanisme dalam Black Metal menurut saya terbagi dua, sekedar gimmick (image yang dibentuk hanya untuk keperluan publisitas) dan way of life. Contoh Black Metal yang sekedar gimmick adalah Venom, Bathory dan tentu saja Cradle of Filth dan juga hampir semua band Black Metal diluar wilayah Norwegia. Mengenai band-band Norwegia ini, orang-orang Inggris dulu sering menertawakan mereka karena mereka (Band Norwegia) justru lebih serius dalam menanggapi Venom. Menanggapi ledekan dari orang-orang Inggris ini, para pengikut Black Metal di Norwegia mengancam akan menyerang band-band Inggris yang melakukan tur di Norwegia, seperti yang akhirnya dialami oleh Paradise Lost.

        Satanisme sebagai way of life dalam Black Metal dipelopori oleh band-band Norwegia seperti Mayhem, Burzum dan Darkthrone di akhir 80-an dan awal 90-an. Dengan Oystein Aarseth (alias Euronymous, gitaris Mayhem) sebagai orang nomor satu dan Varg Vikernes (alias Count Grishnackh, Burzum) sebagai tangan kanannya, Inner Circle dengan kedua belas anggotanya termasuk Ihsahn, Samoth dan Faust (Emperor) dan Fenriz (Darkthrone) memimpin komunitas Black Metal Norwegia. Inner circle inilah yang menentukan arah pergerakan Black Metal di Norwegia, mereka lah yang menyusun rencana yang nantinya akan dilaksanakan oleh mereka yang berada di Outer Circle. Dan terbakarlah sekitar 14 gereja sejak 1992 dan beberapa penyerangan terhadap band-band metal yang tidak sepaham dengan mereka.

        Tokoh paling populer dalam pergerakan Black Metal Norwegia ini tentu saja adalah Kristian Vikernes yang kemudian berganti nama (kalian tentu tahu alasannya) menjadi Varg Vikernes yang kemudian lebih dikenal sebagai Count Grishnackh, motor dari Burzum. Varg tercatat telah membakar setidaknya 4 gereja dan untuk itu telah beberapa kali ditahan oleh polisi dan wajahnya menghiasi halaman beberapa media setempat. Namun berkat pengaruhnya dalam komunitas Black Metal tak seorang pun yang berani buka mulut dan akhirnya dia kembali bebas karena polisi tak memiliki bukti apa-apa. Varg kemudian ditangkap karena terbukti membunuh Oystein Aarseth alias Euronymous pada pagi hari 10 Agustus 1993 dengan 23 tikaman dipunggung dan lehernya. Varg akhirnya dihukum 21 tahun penjara atas tuduhan pencurian dan pemilikan 125 kg Dinamit dan 26 kg Glynite, pembakaran 4 gereja, perampokan, dan pembunuhan tingkat satu.

        Hal yang paling menarik perhatian saya adalah filosofi dari pergerakan Black Metal Norwegia ini, alasan kebencian mereka terhadap Kristen sama sekali tidak seperti yang saya bayangkan selama ini. Satanis dalam konteks mereka berbeda dengan Anton LaVey dan Crowley. Mereka melawan Kristen dengan tujuan untuk mengusir mereka dari Norwegia dan mengembalikan kembali budaya Pagan kuno dan kebangkitan budaya-budaya Viking kuno seperti misalnya pertumpahan darah dan membunuh untuk pembalasan dendam. Mereka sangat membenci Kristen yang begitu mengagung-agungkan kelemahan dan atas simpati mereka kepada mereka yang lemah dan membutuhkan pertolongan. Oleh karena itulah Inner Circle menggagaskan ide untuk membakar simbol kebanggaan Kristen di Norwegia, gereja-gereja kuno indah yang terbuat dari kayu. Mereka berharap orang-orang Norwegia segera tersadar bahwa mereka tetap merupakan anak-anak Odin (dewa bangsa Viking).

        Dan berikut ini beberapa tanggapan Count Grishnackh seputar beberapa issu penting. Alasan saya memilih dia sebagai referensi karena dia merupakan orang nomor 2 dalam elite Black Metal Norwegia, dan juga Euronymous sendiri jarang memberikan komentar, apalagi dia memang sudah nggak bisa ngomong lagi.
        Pandangan Count Grishnackh mengenai Anton LaVey, Crowley dan “US Church of Satan” (ini merupakan tanggapannya mengenai tuduhan dari seorang polisi yang mengatakan bahwa Count Grishnakh membaca buku-buku Anton Lavey dan Crowley, seperti ditulis didalam buku Lord of Chaos)

        Tentu saja saya pernah membaca sebuah buku 20 halaman tulisan Crowley dan menyadari bahwa buku itu konyol, dan tanpa makna, tapi saya tidak pernah membaca sebaris kalimatpun tulisan LaVey, dan saya tidak merasa pernah membaca bukunya, atau buku yang lain dari Crowley. Saya memang berlangganan THE BURNING FLAME beberapa tahun yang lalu, tapi hanya untuk dua edisi – dan keduanya saya anggap membuang-buang waktu (dan sejauh yang saya tahu tidak ada artikel tulisan LaVey, disitu. Jika pun ada saya tidak menyadarinya.)

        Intinya adalah saya tidak suka dengan tuduhan tolol dan tidak berdasar seperti itu. Kenyataannya saya selalu menentang gereja setan Amerika plastik ini. Ini berdasarkan pengetahuan saya mengenai pengikut Crowley dan LaVey di Norwegia dan Swedia – yang bagi saya nampak persis seperti segala hal yang saya benci. Saya telah lama diperingatkan untuk menentang satanisme plastik rendahan ini sejak 1991, dan sejujurnya saya kaget dengan kenyataan bahwa tidak polisi ataupun pengarangnya (buku Lord of Chaos) menyadari hal ini.

        Pandangan Count Grishnackh mengenai Islam

        Islam merupakan rival dari agama Kristen, jadi menurut saya biarkan lah mereka saling menghancurkan satu sama lain. Jika salah satu dari mereka menang, kami akan bergabung dengan pihak yang lebih lemah, kemudian akan KAMI basmi begitu kami menjadi yang terkuat. Saat ini Kristen merupakan pihak yang terkuat, jadi kita tidak seharusnya menyerang Islam, sebaliknya kita harus bergabung dengan mereka dan bersama-sama melawan Kristen dan Yahudi. Selain itu, Islam lebih dekat dengan filosofi hidup kami dibanding Kristen, terlebih lagi mereka menghormati mereka yang gugur dimedan perang, mereka memiliki sense of honour dan tentu saja pandangan mereka mengenai perempuan lebih baik dibandingkan dengan Kristen. Lebih baik ‘Allah hu Akbar’ dipagi hari tujuh hari seminggu, dibanding bunyi lonceng gereja setiap minggu.

        Sebenarnya tidak perlu lagi disebutkan, bahwa tak satupun agama asing dapat diterima di Eropa KAMI, baik itu Islam, Yahudi, atau Kristen dan segala bentuknya.

        Sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah, band-band lokal kita satanis jenis yang mana? Apakah satanis “gimmick” atau satanis “way of life”. Dan jika memang mereka memilih untuk menjadikan Satanism sebagai way of life, alasannya apa? Seorang Count Grishnackh saja memiliki pandangan yang positif mengenai Islam. Satu-satunya alasan ketidaksukaannya terhadap Islam adalah karena ia seorang rasis dan fasis dan ia menentang segala hal yang non Norway-Gemanic. Dan kemudian jika kalian memilih menjadi satanis dan mejadikan LaVey dan Crowley sebagai acuan, atas dasar apa? Lagi-lagi saya sebutkan, seorang Count Grishnackh sendiri menganggapnya sebagai konyol dan sampah.

        Satanism dalam Metal dan khususnya Black Metal sejak awalnya memang hanya sekedar gimmick dan sebaiknya tetap seperti itu, Venom dulu menyebut diri mereka sebagai komponen musikal dari industri hiburan horror dan mereka berperan sebagai Satans’s Cheerleader, tetapi sesuatu terjadi ketika Black Metal menyeberangi laut utara dan sampai di Norwegia………(takuT)

    • rifky_freak
    • Oktober 8th, 2009

    HITAM JIWAKU
    SESAT BUKAN ALIRANKU

    • Chyoevil
    • Oktober 10th, 2009

    Mengamati? :)
    contoh nya bung?

    • nong
    • Oktober 14th, 2009

    ko mau sih ikut2 gaya orang…….

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      emang gimana gaya anda nong? udah paling bener?

    • Rey_666
    • Oktober 16th, 2009

    URUSIN MASING” DIRI LO SENDIRI. OKAY

    \m/

      • binekas
      • Oktober 17th, 2009

      Lebih bijak jika memperbaiki diri masing2…

    • taro
    • Oktober 23rd, 2009

    hmmm…
    gw jg dulu pernah ikut organisasi itu BM…
    gw seneng ampe skrg yg namanya aliran black metal
    cradle,kiss,canibal corpse….
    tp gk ikutan tuh yg namnya kek gitu…
    gw cuma seneng maininnya n musiknya…
    intinya…
    ya ya gw setuju aja ma yg punya artikel….

      • binekas
      • Desember 19th, 2009

      selera memang beragam tapi kl masalah keyakinan kita harus nurutin apa yang diperintahkan Tuhan

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      setuju sama yang punya artikel?? iya hla wong sampeyan ga tau BM. mas se kiss, cannibal corpse itu BM????

    • Chyoevil
    • Oktober 24th, 2009

    Pembahasan dangkal dr otak dangkal manusia yg brpikiran k0l0t

      • binekas
      • Oktober 24th, 2009

      komentar yg tidak berdasar…

      • Biasakan utk membuka diri dan pikiran, gunakan kebersihan hati, serta kebeningan batin. Ilmu sejati tidak hanya sekedar yakin, tapi akan anda rasakan dan saksikan sendiri. Sebab dgn cara seperti itulah anda akan mencapai wushul. Masuk ke dalam relung sajjaratul makrif

    • Chyoevil
    • Oktober 31st, 2009

    Yg sesat 1, smua d cap sesat, ckckck..

      • binekas
      • Desember 19th, 2009

      memang sll begitu kan. tinta yg setetes jika masuk k air yang jernih akan hitam semua.

      • logika berpikri yg jungkir blik.

        perbuatan seorang,hanya dia yg menanggung.

        • ophicx
        • Oktober 26th, 2010

        kata siapa?? kalo airnya selaut mana bisa hitam???
        hahahaha…

        • lucif3rgirl
        • Desember 11th, 2010

        haloo bung
        dalam islam jg g ada hukum haram kl najis setitik masuk k aer se bak gede ukuran 15 l
        tuduhan yg g sesuai sama agama

  3. Aku rasa lbih memuja setan tpi berkelakuan tuhan dripda memuja tuhan berkelakuan setan spt ormas2 agama yg ngku utusan tuhan.

    • brandals
    • November 7th, 2009

    posting an yang bagus….
    tp sayang…
    black metal tuh cuman sekedar aliran musik brother…
    posting an mu terlalu menjelek2an aliran musik black metal..
    pdahal musik black metal jg lumayan bagus..
    kalo tiap hari loe dengerin lagunya hijau daun..
    mulai sekarang loe dengrin lagunya behemoth, cradle of filth, marduk, gorgoroth,….

    • AIR_punk
    • November 9th, 2009

    wah, makasih banget nih artikelnya. berkat loe gue bisa ngajak temen-temen gue yang nyaris gak waras gara2 black metal jadi alim lagi. THANKS BANGET smoga loe banyak rezeki!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      tulisan ini jalas2 50% bohong dan sisanya adalah dusta. yakiiiiiiin

    • garra skull
    • November 26th, 2009

    aq g setuju bgt,jgn cap musik metal sbgai pemuja setan..fitnah loe tu,fitnah lbih kejam dr pembunuhan.brrti loe lbih kejam dari setan…

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      @garra skull sama

    • momentoftruth
    • Desember 5th, 2009

    setuju dengan bung kaerel86…. saya pikir ini adalah HOAX. sengaja untuk menghasut saja. kalau anda tidak berani mempertanggungjawabkan tulisan anda, lebih baik, tidak menulis hal-hal yang sangat sensitif. bila anda tergelitik untuk tetap menulisnya, lebih baik, tulis saja dalam buku harian anda, jangan dalam lingkup luas yang dibaca oleh semua org, tutup saja blog anda ini….

    • momentoftruth
    • Desember 5th, 2009

    setuju dengan bung kaerel86…. saya pikir ini adalah (HOAX). sengaja untuk menghasut saja. kalau anda tidak berani mempertanggungjawabkan tulisan anda, lebih baik, tidak menulis hal-hal yang sangat sensitif. bila anda tergelitik untuk tetap menulisnya, lebih baik, tulis saja dalam buku harian anda, jangan dalam lingkup luas yang dibaca oleh semua org, tutup saja blog anda ini…. anda mendapatkan info yang kurang tepat bung, bertobatlah

    • Chyoevil
    • Desember 7th, 2009

    Setuju dgn Kaerel86..
    Penulis memang mengamati, mengamati buku karya Ann Wan Seng yg dr malaysia itu kan? itu buku lebih ke setan2 yg maksa dikait2kan dgn BM bung.. judulnya BM tp isinya aliran2 sesat yg itu bkn black metal, paling buat nambh2 isi buku biar lumayan tebel krn g punya materi mau nulis pure blackmetal. Pnulis mikir, “ah brengsek, g ada refrensi BM nih. kL trlalu mengada2 bs kna tuntutan. Mending g0ogling ah cr info nama setan, cr info aliran sesat, mans0n dll, cr lambang2 setan, segel2 setan, k0munitas skinhead,punk, redr0se. Yg penting buku gw laku dpt duit,persetan yg laen.” hwhwhw, mana black metalnya?? 10% dr buku yg judulnya mencapl0k black metal !

    • kori
    • Desember 7th, 2009

    mantab

  4. keep metal………….. is the best……….

    • binekas
    • Desember 19th, 2009

    Artikel ini ditulis hanya untuk memberikan informasi mengenai atribut-atribut dan arti atribut itu atau sejarahnya yang digunakan oleh orang yang beraliran musik black metal. Anda semua yang beraliran black metal yang tidak melakukan ritual2 yg tsb di atas berarti anda tidak termasuk tetapi menurut saya jika kita mengikuti aliran black metal meskipun kita tidak melakukan apa yang pencipta black metal lakukan tetap saja kita akan di cap sebagaimana para pendahulunya lakukan. Seperti halnya komunitas maling, meskipun kita tidak ikut maling kalau kita masuk k komunitas maling tentu saja kita di cap sebagai orang yang suka maling.

    • ooo berarti kl kita kumpul maling kita dianggap maling jg?
      pola pikir yg dangkal sekali.

      TAK ADA ORANG YANG JAHAT ATAU BURUK, YANG ADA HANYALAH ORANG YANG BELUM PERNAH MATI DAN BELUM MEMAHAMI HAKEKAT KEHIDUPAN INI.

      kita tidak bisa memenjarakan identitas seseorang…

  5. sekedar sharing aja…gw DULU suka musik underground seperti black metal, grindcore, brutal death, gothic metal, progressive metal/rock, hardcore, PERNAH punya band black metal, band grindcore, band gothic metal, band hardcore, nongkrong ma anak2 underground dari genre musik diatas, mereka ada yg hny sekedar utk mengeksplorasi kesenangan akan musik underground, tapi ada juga yg kebablasan sampe ikut2an bule ngadain ritual memuja setan (tp yg seperti ini hanya dari sebagian KECIL anak2 BM, ga pernah tau dr genre yg lain) sebagai idealisme mereka, pada umumnya, setelah bertahun2 bergaul bahkan termasuk sebagai penggerak komunitas musik underground dikota gw, gw tarik kesimpulan, bahwa sebenernya pada umumnya, black metal dan yg lainnya (di indonesia) itu mereka pandang dalam perspektif MUSIK, bukan IDEALISME hidup, jadi terlalu buru2 dengan tanpa dalil mengatakan bhw yg menyukai black metal itu berarti pemuja setan, sebagian mereka bila terdengar adzan masih buru2 ke masjid, main kerumah temen ngucapin assalamualaykum, dan akrab dgn ucapan bismillah, alhamdulillah dan yg semacamnya, tapi akhirnya tetep aja gw tobat dari dunia itu karena pada kenyataannya, secara agama gw itu Islam, hal2 yang berbau musik itu dilarang dalam syariat agama gw, so… gw tinggalkan semuanya, dan memanfaatkan waktu gw yang sementara didunia ini utk lebih mengenal agama gw dan berusaha menjalankan sunnah2 dalam agama gw, so bila ingin mengatakan sesat, katakanlah yang sesat itu kepada siapa saja melegalkan musik dalam kehidupan sehari2 karena musik itu ga ada tuntunannya dalam syariat islam, gw berani mengatakan ini karena gw pegang dalilnya berikut perkataan ulama islam, penasaran apa bunyi dalilnya? search aja di mbah google, bagi yg menolak pendapat gw, silahkan keluarkan dalil anda berikut fatwa ulama islam yang membolehkan musik, segitu aja… jadi sekali lagi gw katakan, yg sesat itu tidak hanya PENIKMAT musik black metal aja, tetapi SEMUA yang mengaku islam tp MENIKMATI musik, itulah yang dikatakan SESAT.

    semoga Allah membukakan pintu hidayahnya kepada kita semua

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      udah ada jaminan masuk surga??

        • Metal-United
        • November 25th, 2010

        berarti hadad alwi,opick, sama gito rolis sesat donk? mereka punya album musik bro….!!!!! inget AA gym jg saat dakwah jg sering nyanyi “jaga lah hati jgn kau nodai” skrng kita bisa liat musik itu haram apanya? yg haram adalah org yg melakukan ritual setan! a ada kaitannya dengan musik

    • Musik itu indah brad… Sedangkan tuhan itu indah..tuhan suka yg berbau indah. Ku junjung kitap alquran ku sebagai pedomanku, kalau dialquran tidak ada satu baitpun, bilang musik itu haram.
      Tanpa musik didunia ini, sepi !! Ibarat dunia ini hanya hitam putih tanpa musik.
      Gue menjiwai dgn musik BM, Gue biasa2 aja, kayak anak2 lain seperti anak2 yg menyukai musik dangdut dan aliran musik bernada lemah lainnya.
      Kadang solat kadang kagak. Kadak ngaji kadak kagak. Kadang jahat kadang baik.
      Intinya yg jelaz, musik bukan merusak mereka, tapi merekalah merusak dirinya.

      Jiwai musik sepenuh nya.. Baru menyadari betapa kehlangannya warna didunia ini, jika musik itu hilang dalam 1 hari.
      Lebih baik bicara setelah menjiwai.
      Dan lebih baik diam sebelum mnjiwainya, baik mati anjing saja dri pada menghna tapi tak pernah tau menau.
      Jiwaii dulu bru komentar !!!

    • edy
    • Januari 6th, 2010

    ngga semua anggota black metal di indonesia bejat kelakuannya..
    bahkan menurut sy lebih bejatan mereka yg sok gaul sok fungky..
    ga perlu ngasih contoh,kita semua jg tau..
    kalo black metal luar mungkin sj itu terjadi..tp jgn disamakan dgn black metal di indonesia donk

    • edy
    • Januari 6th, 2010

    keep metal alive

    • Garuda
    • Februari 3rd, 2010

    saat berbicara metal, kita berbicara tentang pemberontakan, dan kebetulan gw lagi ngambil skripsi tentang black metal, dan satu yang gw pahami tentang black metal, mereka adalah bentuk kegagalan agama dan ilmu pengetahuan secara gelobal tapi tidak secara individu, adakah di antara kalian yang pernah bertanya bukti tentang bahwa agama samawi benar-benar dari langit ? , para black metal melakukan itu, lalu kenapa mereka menyerang agama secara langsung khususnya keristen ? mereka melakukan itu karena mereka tidak puas dari jawaban-jawab yang mereka terima, penyebaran agama kristen di skandinavia dilakukan dengan cara pemaksaan kalo gak mau masuk keristen maka akan dibunuh, hal ini juga terjadi di tanah bataktapi yang melakukan ini adalah agama islam. jadi wajar kalo dari mereka mengatakan bahwa agama adalah konsep terbodoh manusia, nah buat ritual-riual setan atas karya ann weng , dia tidak melihat lebih dalam dan hanya membaca literatur tentang satanisme yang ada zaman purba, ingat satu hal bro, setanisme metal muncul karena mereka meraagukan agama.

      • ziyangoat
      • Maret 1st, 2010

      “lalu kenapa mereka menyerang agama secara langsung khususnya keristen ?” salah satu jawaban yg saya dapat
      mereka menginginkan kebebasan bro..terlepas dari rantai agama, melakukan apapun tanpa terkekang oleh agama (Gaahl – Gorgoroth)

  6. w saNGAT stuju ma yg nulis artikel…bahwa yg make aksoris itu=bersimpati trhadap kesesatan.. & yg g stuju ma pndapat w klo brani kita DEBAT dg brlandaskan firman” Allah.

      • chyoevil
      • Februari 13th, 2010

      minat gw debat ama lo

      • lucif3rgirl
      • Desember 11th, 2010

      boleh tuh???
      kapan mo di adain???

    • senthalfrost
    • Februari 4th, 2010

    @BINEKAS ??
    maksud lu band black metal bandung satanic??? wah sodara dpt ide tu dari mana???
    saya adalah seorang black metal dari bandung..saya terlibat gigs sejak 1995…dan gw yakin..black metal di BAndung (indonesia secara general) tidak seperti itu….ada minoritas yang sok satanis..tapi saya fikir mereka tidak mendalami esesnsi nya sedalam itu..saya pribadi sangat yakin kalo saya bukan seorang satanis..baik dalam band maupun secara personal..band saya sendiri banyak mengangkat tema2 dari al qur’an dalam lagu saya..sebagai seorang muslim saya mencoba ngasi deskripsi..bahwa black metal gak selalu harus satanis..saya lebih suka menganggap itu urusan personal…black metal di indonesia lebih konsen thdp tema2 supernatural..cerita/legenda rakyat yang bersifat magis…dan bukan satanis…coba anda lihat secara lebih general..kalo mau silakan datang ke tempat kami…kami mampu memberikan deskripsi dan bukti..BLACK METAL BISA DINIKMATI TANPA HARUS TERLIBAT DENGAN PAGANISME!!!!!!…

    • senthalfrost
    • Februari 4th, 2010

    saya setuju kepada kaerel86..anda terlalu cepat menyimpulkan..dan tulisan anda cenderung provokatif…tulisan anda ini yang akan memancing reaksi keras dari kalangan BM…perintah tuhan kepada anda pribadi?? wow..gr8….saya mohon kepada orang2 seperti binekas ini..tolong lebih mendalami dan memahami apa yang dijadikan obyek dalam penelitian..jika anda kuatir dengan masalah penggunaan icon2 satanisme dsb..dsb..saya bisa mengerti..tapi tidak dengan menjudge scra general..kasihan orang2 seperti saya dan banyak yang lain..yang memainkan dan menikmati black metal dengan mem by-pass paganisme…saya seorang muslim..insya allah saya memegang teguh apa yang menjadi pandangan hidup saya….sementara saya menggunakan black metal sebagai sarana pencurahan opni dan perasaan kami…DAN SEKALI LAGI..TANPA PAGANISME ATAU PENGHINAAN TERHADAP AGAMA TERTENTU!!!!!!!!
    silakan temui kami jika anda ingin dapat gambaran black metal secara umum (paling tidak dibandung)
    terimakasih

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      @senthalfrost Good Opinion Setuju sama kamu…

    • Chyoevil
    • Februari 7th, 2010

    @sas0ri25, saya tertarik buat debat dengan anda.

    @senthalfr0st, percuma. penulis adalah manusia kolot dengan otak kolot berpikiran kolot. (lebih k0l0t dr b0kap gw,wkwkwk). ya sekali dia pegang “bola itu bundar,y udah bundar. biar udah di injek2 ampe kempes,di mata pnulis te2p aj bundar”

    @penulis yg tidak saya h0rmati, dr dlu2 jwban gt2 mulu. katanya ente ngamati BM, d share laah, dimana ngamatinya, k0munitas mana, hasilnya gmana, saran, masukan, dan lain2nya. ditunggu

    @kaerel86, nice attack

  7. wah ada SENTHALFORST dari band MALICE :D
    NI AKU WIRA BRO,HAHAHAHA

    @PENULIS : JANGAN BERPIKIRAN DANGKAL TTG BM,JANGAN MENILAI HANYA DARI 1 SISI AJA,,

      • senthalfrost
      • Februari 12th, 2010

      halo bro wira..iya nih..ada yang sok tau nge-judge black metal bandung pemuja setan..padahal jelas2 aku pemuja luna maya dan umat Allah SWT ( bismilah ya Allah ya robbal alamin)

      • Antonio Koko
      • Agustus 27th, 2010

      saya pengen bukti yang real dari penulis, kenapa bawa2 black metal dari Bandung juga ?

    • Chyoevil
    • Februari 7th, 2010

    Wew, where is my c0mment??

    • Zack
    • Februari 7th, 2010

    tidak semua aliran Black Metal itu kalian anggap sesat,, kami bermusik dan menjiwai Black Metal.. Tpi ibadah n mengaji tetap ja kami imbangi,,

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      @zack aku salut sama kamu lho bro…itu baru semangat black metal yang sebenarnya…

  8. tulisan yg berdasar asumsi saja.gak ada bukti konkrit.lebih menyesatkan dari musik ini sendiri..

  9. info menyesatkan.tidak berdasar sumber yg jelas dan berdasar asumsi saja.

  10. tuhan tidak butuh agama…yg butuh adalah manusia

    • valefor
    • Februari 7th, 2010

    mau black metal at0 apapun itu, dalam musik, buatku tidak ada batasan. selama itu c02k dengan seleraQ, ya q dengerin. Yang dbhs diatas rasanya tipe klasik black metal. Tapi untuk sekarang ini udah g slalu gitu. Udah ada pergeseran tradisi.

  11. wah!tanggapan yg saya tulis dihapus semua.
    bagus.sepertinya orang ini gak mau dikritik dan gak mau bantah tulisannya…

    • Chyoevil
    • Februari 11th, 2010

    Wah, ada kang julius makam juga,hahaha..

    w0e pnulis, ngm0ng hlo, jwb satu2 prtnyaan ngn0, kL prlu adain prtemuan bahas bareng2.

      • Ucca
      • Mei 16th, 2010

      sabar bro…sabar di sayang TUHAN kita tunjukan bahwa Aliran ini juga masih percaya TUHAN OK…

  12. NIH YANG BUAT TULISAN MASIH BOCAH YANG COPY PASTE YA…WAJAR AJA GA TAHU SIAPA2 YANG NULIS KOMEN DISINI.

    • valefor
    • Februari 12th, 2010

    BM . . . yang kutau, musik mereka lebih berkualitas dari pada band2 p0p g jelaz yg basinya stengah mati yg hny f0kus pada cinta dan patahati yg ada di ind0nesia sekarang ini. Justru musik2 metal yg bisa g0 internasi0nal karena mempunyai ciri khas yang disukai masyarakat umum. Kl g ada BM, betapa basinya musik2 yang tercipta. Kal0 mau nyari kejelekan suatu aliran, itu mudah saja. Tidak hanya BM, tapi RNB, REGGE, n smuanya kl direview akan mempunyai kebusukan masing2. Bagi penulis, jangan hanya mengangkat tema BM, tapi berfikirlah tentang aliran lain dan review lah.

    APA SEMUA PENYUKA BM ADALAH SESAT ? ? ?

    • valefor
    • Februari 12th, 2010

    Buat penulis, semoga diampuni dosa-dosanya karena apa yang dituliskan menjurus kepada FITNAH

    • eitaz
    • Februari 15th, 2010

    MUSIK SELAIN BLACK METAL TIDAK MENJAMIN MASUK SURGA!!!

    jadi ga ush jelek2in black metal, ini mslh selera. jgn saling menghujat!
    lagian dimana2 yg namanya musik tetep musik, skrg kalo ada orang dugem trus dengerin DJ trus akhirnya dia mabok trus ngentot di depan umum apa kita harus nyalahin DJ-nya ygudah nyetel musik??

    semua kembali ke kedewasaan dan kecerdasan mengolah informasi masing2

    • Chyoevil
    • Februari 24th, 2010

    Penulis ngumpet kmana ni? wah2 blog ente laku tnan

    • Vannesse
    • Februari 28th, 2010

    Saya hanya menyukai musik nya, bukan paham dari BM itu sndry, jadi bila penulis blng smua org yg memakai atribute atw mendengarkan musik BM adl sesat, anda salah besar gan!

    • kurnia cholish artayasa
    • Maret 1st, 2010

    kl mw ikut buktinya silakan hub saya kl omonganmu salah.. ikut ke komunitas saya. saya tiap liat konser Underground, ketika ada orang lewat di depan saya mereka selalu bilang “permisi mas” padahal wajah mereka tua2. beda lagi kl waktu liat konser pop (kebetulan wktu pensi skul q dl) ga ada tuh yang sesopan anak2 metal.. agama tmn2 q kuat2.. km salah mengartikan bro.. tu mgkn komunitas Church Of Satan (COS), pagan, dll.. saya orang berpendidikan. lulusan teknik di PTN terkenal. tmn q kuliah dgn IPK 3,7 jg suka black metal.. whats wrong?

    • ziyangoat
    • Maret 1st, 2010

    “pesta seks atau dikenal dengan pesta gigg”
    gigg apaan??gigs maksudnya?????

    • keyos
    • Maret 12th, 2010

    BLACK METAL sesaaaatt………!!!!!
    nyesal q pernah terjerumus dlm musik2 ky’ begituan.
    q mohon ma saudara2 q seiman, jgn prnh ikut dlm aliran musik sesat spt black metal.

  13. sya menyukai musik Metal,pkonya yg berbau metal trmasuk black metal.mlhan mmpunyai band black metal.tp g seperti apa yg anda ktakan.kita hnya bermain musik dngan genre black metal.datang z ke bandung liput tentang band Black Metal Bandung tidak semua kaya gt.terima kasih

  14. ikutan komen aah…
    memang ada band yang bener2 nyembah setan.
    kayaq gorgoroth.
    ada juga yang buat gaya2an doank, tp mereka masih manusia yg beriman pada agamanya.
    saya sendiri suka lagu2 gorgoroth karena manteb musiknya.
    dahsyat!
    sebatas itu saja.
    Tapi kalo ikut2an pake simbol2 anti tuhan ndak lah…
    khususnya symbol anti tuhan saya.

    • jantan
    • Maret 31st, 2010

    lu asal orang’a….klo emang lu dpt printah dri Tuhan artinya lu MALAIKAT donk….??? emang ni penulis bner2 sesat……..!!!!!!

    • nurul
    • Mei 3rd, 2010

    ternyata black metal iitu aliran setan eac ?
    aliran black metal ituu gila!!!!!!!!!
    alirane wong sarap!!!
    truzs arti dari fuck of god itu black metal juga dunkz??????????

      • ahoenk
      • Maret 25th, 2011

      g smua black metal tu sesat

      BM cma aliran msik aja

      yg sst tu y agama satanisme

    • hellfordem
    • Mei 4th, 2010

    tapi kalian semua jangan meng claim BLACK METAL itu hanya orang satanic semua yang mengusung aliran music BLACK METAL , tapi ada juga BLACK METAL yg beraliran non satanisme yang dikenal sebagai UNBLACK METAL…memang kedua jenis musik itu bisa dikatakan serupa TAPI tak SAMA…yang membuat tidak sama adalah syair lagu kedua aliran music it tersebut.( HELL FOR DEMON )

    • hellfordem
    • Mei 4th, 2010

    tapi kalian semua jangan meng claim BLACK METAL itu hanya orang satanic semua yang mengusung aliran music BLACK METAL , tapi ada juga BLACK METAL yg beraliran non satanisme yang dikenal sebagai UNBLACK METAL…memang kedua jenis musik itu bisa dikatakan serupa TAPI tak SAMA…yang membuat tidak sama adalah syair lagu kedua aliran music it tersebut. jadi kalin harus pintar2 membedakan kedua jenis Aliran tsb.( HELL FOR DEMON )

    • Ucca
    • Mei 16th, 2010

    Black Metal itu adalah sebuah aliran seni suara,bukan aliran kepercayaan yang sesat.Kalau ya memang sesat,yang harus di perangi adalah aliran sesatnya,bukan aliran seninya.Jujur Saya adalah penganut aliran Black Metal yang identik dengan kehidupan demonik,tapi bukan berarti saya harus menjadi gundik setan atau Iblis yang terkutuk.Memang ada sebagian pendiri band beraliran ini yang menganut aliran satanisme teistik,tapi bukan berarti kita harus memusuhi para penganut aliran Black Metal,karena masih banyak penganut Black Metal yang percaya dengan TUHAN.Oh ya saya ingin mereview tulisan Anda tentang salib terbalik Anda.Pernahkah Anda mendengar tentang penyaliban Santo Petrus? Saya pernah mendengar Santo Petrus meminta disalibkan secara terbalik pada saat penyalibannya,karena dirinya merasa tidak pantas untuk di salibkan dengan cara yang sama seperti Yesus.Lalu apakah itu simbol setan menurut Anda?

    Itu Saja…

    .Terima Kasih.

    • DEAD
    • Juni 19th, 2010

    Menurut gue artikel ini ada benarnya dan ada kurangnya,
    menurut yg gue tahu black metal dulunya hanya gimmick ( kostum doang ) dimotori sama venom ( uk) bathory dan celtic frost, mereka menggunakan atribut serba hitam, kepala kambing or apapun yg berbentuk seperti simbol satanisme, hanya sebagai kostum panggung ajah.

    nah beda setelah black metal merangsek ke eropa, salah satunya norwegia ( di sini black metal benar-benar kenatal sekali dengan satanisme dan terang-terangan anti agama ( seperti yg dikatakan varg vikernes, pentolan morbid)
    band yg menganut satanisme dan norses seperti mayhem, darktrone, dll.
    contojhnya varg vikernes ( burzum) sebagai tersangka pembunuhan, pembakaran gereja, dan anti kristen.

    so….

    black metal tuh ada dua
    1. yang menganut paham satanisme ( paganisme & norses )
    2. hanya gimmick ( kostum doang )

    mau milih yg mana terserah…….
    ane lebih suka gothic metal.

    • siip
    • Juni 19th, 2010

    hahahhah ngaco lu.
    ga semua black metal itu buruk atau manganut agama setanic.
    sekarang lu bandingin dimmu borgir sama cradle of filth apa 2 band itu menganut agama setanic.
    cradle of filth dia ga menganut agama setanic coba lu denger semua lagu dia ga ada yang menyindir agama lain.
    mungkin cuma ada 1 lagu yang berjudul seanic mantra…
    kalo dimmu baru mereka emang setanic.
    gua juga pencita black metal bos jadi jangan rusak image komunitas black metal.

    • bees cadaver
    • Agustus 2nd, 2010

    ahhh pkoknya death metal lahhhh ama black metal…….yeahhh\m/
    mungkin si penulis ber-genre pwg ato sejenisnya lah…jd harap dimaklumi saja..

  15. ada benar ny juga sih apa yang di tulis TSnya…

  16. by agus jabon :

    ada saja ya yag mmuja setan .. hanya manusia bodoh saja yang memuja setan

    jabon

    • ngablu
    • Agustus 15th, 2010

    BENERIN DULU DIRI LO BARU LO BOLEH NGURUSIN ORANG.
    siapa tau mereka yang suka black metal lebih beriman daripada lo.
    EMANG LO TAU PENGANUT BLACK METAL BAKAL MASUK SURGA ATAU NERAKA.
    EMANG LO TAU LO LEBIH BERIMAN DARIPADA MEREKA PANGANUT BLAC METAL.
    RENUNGKAN OM.

      • bla2x
      • Agustus 27th, 2010

      BENER …. !!!!

      artikel SAMPAH !!!!!!

    • Sinyoe Ardi
    • Agustus 22nd, 2010

    @ Binekas A.K.A yg punya blog :
    Waduhhhhhhh
    1. cuma baca 1 buku aja bisa langsung menyimpulkan yah…..Udah pernah masuk ke komunitas black metal indonesia ????coba deh lakukan survey sendiri biar ga asal menyimpulkan

    2. atribut/logo/simbol black metal = atribut kelompok pemuja setan, setuju banget bung…..tapi pemakai atribut black metal => pemuja setan, belum tentu bung…..
    coba pikir lagi bung..simple aja lahh…kalo kita pakai kaos tim sepak bola Brazil,Inggris,Argentina,Jerman dll,,kita berarti warga negara-negara tersebut?????

    @ all black metal mania :
    maju terus pantang mundur
    hidup black metal !!!!! \m/

  17. @ngablu

    inikan sekerdartuisan …

    • roy
    • Agustus 27th, 2010

    Buat penulis artikel:: Jangan samakan kami
    (Metalheads) dengan pengusung black metal zaman dulu seperti gorgoroth, burzum, mayhem, dll.
    Kita2 ngusung black metal sebagai seni bermusik bukan sebagai pemuja setan atau apalah namanya.
    Tergantung individu masing2 donk mau nganggap black metal itu apa.
    Makanya penulis jangan kebanyakan dengerin lagu metal(melayu-total). Lagu2 black metal bagi kami adalah sumber semangat
    Dan membangkitkan kreatifitas. Bukan seperti band2 metal(melayu-total) zaman sekarang yang lirik2 lagunya selalu
    Bertemakan cinta, berawal dari mata, turun ke bibir dan berakhir di selangkangan.

    Ingat bro!!! Jangan meremehkan atau mangucilkan sesuatu.
    Segala sesuatu itu adalah seni. Kecuali air seni…. Stay metal!!! \m/

    • no name
    • Agustus 27th, 2010

    dosa besar bagi yang memberi informasi yang salah.
    lebih baik diam daripada “sok” memberi informasi tanpa mengetahui seluk beluk yang sebenarnya. :)

    • benx-benx kamtis
    • September 13th, 2010

    keren! bgus tuh buat pngetahuan!!!!

    • ophicx
    • Oktober 26th, 2010

    otak anda terlalu jauh bung!!
    kami cuma meng-ekspresikan diri aja dengan musik black metal!! dan kenapa harus bandung yg di anggap sesat??
    emang di indonesia tuh cuma bandung yg ada komunitas black metal?? indonesia tuh luas bung dan saya yakin di setiap kota di indonesia pasti ada komunitas black metalnya!!

    • just me
    • Oktober 28th, 2010

    ahahaha….komedi sekali tulisan ini. hati – hati bro, artikel yang anda tulis ini menyinggung banyak orang. fakta – fakta yang dipakai untuk menulis artikel ini nggak berdasar, fatal sekali akibatnya.

    setuju dengan bro – bro metal head dari bandung, kalau belum khatam memahami sesuatu jangan sekali – kali membuat tulisan yang berpotensi menimbulkan friksi.

    saran aja nih buat binekas, banyak baca baru bicara.
    lha wong perintah membaca turun duluan sebelum perintah berdakwah. ketahuan kan mana yang jadi prioritas.

    wassalam

    \m/

  18. kok ada yg nulis TUhan punya agama????mang agama Tuhan apa ya?????????
    BM bukan sesat anjink

    • Kevin
    • November 25th, 2010

    sok tau bgt!!!! BM bukan berarti SAtanisme, emang gw akuin lyricnya tentang setan, tp ga semuanya men dari mereka yg bener2 menyembah setan!!! jd Bm hanya sekedaar music men!!! yg perlu diperangi yg sebernya adalah org yg bener2 melakukan ritual satanisme!!!

  19. Bagus juga komennya…
    ada pro ada yang kontra…
    ya mestinya penulis blog ini mesti subjektif lagilah dalam menilai sesuatu.

    Alhamdulillah, disini gue membaca sesuatu tentang berpandangan luas dalam menyikapi sesuatu.

    • robby
    • Januari 25th, 2011

    kata siapa black metal kya gtu..
    gx stiap bleck metal itu setan…..jangan sok tau lu

    simbol 666 bkan hnya simbol setan itu hnya nomer yg biasa saja….

    i love black metal

      • robby
      • Januari 25th, 2011

      loe itu jgn sok tau..

      black metal hnyalah musik rock…..
      black metal bkan satanisme satanisme itu hanyalah orang yg melakukan ritual setan,bleck metal cuma skedar musik….

        • Bintoro
        • Maret 25th, 2011

        Rock???
        Metal yah Metal !!!

        • ahoenk
        • Maret 25th, 2011

        siiipp

        black metal cma genre musik aja

        klo satanisme bru yng nma nya penyesatan

        tpi smua y trgntng orng nya ndiri

      • TAPI tau arti musik nya gak

    • punk not dead
    • Februari 8th, 2011

    apa.an tu black metal…

    • pangeran kegelapan
    • Februari 11th, 2011

    wih….serem juga ya mengenai aliran black metal ni

    • pangeran kegelapan
    • Februari 11th, 2011

    wih….serem banget aliran black metal ni,
    tapi ane demen banget musik2 nya cing…!

    • Abdul Haq
    • Februari 23rd, 2011

    Assalamu’alaikum…kulonuwun…..maaf bukannya sok pinter….Sebenarnya bukan semua BM = Penyembah Setan….tapi para pemuja setan itu menggunakan aliran musik BM untuk cari anggota…karena jiwa keras (metal) itu melekat pada anak muda,..karena emang sasarannya pemuja setan adalah merekrut anak muda…tapi kalo sasaran mereka adalah kakek2/manula mungkin pake aliran musik keroncong/campur sari/gending…..gt buat penulis,..baguslah mo berbagi info ttg satanis…buat yang tersinggung…udah deh..sabar ‘n think positif okay….PEACE…

    • thomas arena
    • Maret 18th, 2011

    gw,.setuju..atas ulasan itu mengenai lambang bintang terbalik,.gw juga mengetahuinya sedikit-2 tapi lebih bagus lagi jangan di kaitkan dengan musik black metal,.walaupun ada hubungannya antar lambang itu dengan group-2 metal itu entah dari donatur atau penyandang dananya,.untuk mendengarkannya musik itu thats ok,.tapi kita harus paham apa yg kita dengar dan apa yang kita pakai,.tulisan ini jelas mengandung pro dan kontra bro,.tapi gw salut,……………..semoga bermanfaat buat temen-2 musisi sebagai pengetahuan,..aja,.

    • Agus jasad iblis bumi
    • Maret 20th, 2011

    Penulis artikel ini cuma orang sok tahu dan tidak tahu apa-apa!!!

    • Bintoro
    • Maret 25th, 2011

    Loe yg harusnya gunain OTAK bro !!!
    Coba loe sendiri Yg Masuk dan langsung Amati Apa saja yg Dilakukan Anak2 Di Komunitas Black Metal Indonesia..
    ga ada tuh MUJA2 SETAN…
    Gw Anggota BM tapi Ibadah Tetep Lancar kok !!!
    Yg ada, Musik2nya Mengingatkan Kita pada Kematian…

    Coba loe bandingin Dengan Fans Musik Melayu total atau dangdut,
    saat Konser ada yg Nonton jatuh, diinjek2 sampe Pingsan..
    Mabok2an Dengerin Musik dangdut…Senggol dikit Berantem..

    Klo kami Kagak bro.. Tali persaudaraan kami Kuat,
    Musik jalan Para Headbanger dansa Di Arena Moshhpit..
    Jatuh dibuka ruang , Dibangunin lg Orang yg Jatuh…
    Kami ga ada yg namanya Rusuh atau Berantem.. Tetap satu Jiwa..

    Tarik Omongan Luh..

    Wassalam

    • ahoenk
    • Maret 25th, 2011

    artikelnya ni krang lngkp

    cba klian cri yng lbi lengkap

    pasti klian paham arti black metal

    BM g slalu mnyestkn

  20. Sungguh pemikiran yg sangat dangkal.
    anda membuat artikel ini dg penuh kbencian kpda kaum yg anda anggap sesat.
    1 pertanyaan dari saya.
    apakah anda pernah melihat tentang hal2 yg anda critakan?
    kapan?
    di mana?
    jangan jadi lah jadi hakim.
    intropeksi dulu diri anda.
    apakah anda sudah b.manfaat bagi org lain. tanpa harus m.ngusik org lain!

    • JAGAL
    • April 7th, 2011

    Gini aja deh…. saya penikmat musick death metal dan black metal, temen saya punya band black metal dengan nama LIANG LAHAT tetapi tema lirik mereka lebih kepada kehancuran alam, kemarahan tuhan,dan tingkah laku manusia saat ini yg mirip setan sebenarnya… bahkan drummer LIANG LAHAT adalah pengurus & mu’adzin di musholla dekat rumahnya…

    pada intinya mereka hanya mengekspresikan diri, menumpahkan uneg2 dan emosi melalui musick dgn aliran black metal

    Saya sendiripenikmat musick black metal hanya benar2 menikmati musicknya saja, untuk ikut2an dalam kepercayaan/keyakinan satanisme atau ritual paganisme seperti band2 black metal eropa…? NGGAK DEH…!!! Na’udzubillahi mindzalik.

    Penulis sangat2 salah dengan membabi buta dan anjing tuli langsung memvonis (bahkan lebih spesifik) black metal khususnya bandung adalah sesat…

    • gusti
    • April 28th, 2011

    ini yg bkin pembahasan kya’a dpt copas N cm nyari bahan di dunia maya aj…. apa lgi ada ALQURAN sebagai alas untuk melakukan pesta seks…. cuy… realistis aj.. klw emang ada sprti itu.. lo photo N lo msukin di sini…. dramatisirnya lebay banget… BLACK METAL GA SESATANIS sprti yg lo tulis, lo tau setan itu menyestkan…. nah lo juga termasuk SATANIS karena bkin pembahasan yg sesat…. klw msalah kejelekan/kburukan/moral dll yg negativ… knp hrs black metal yg di bahas…. BLACK METAL just MUSIC..!!!

    • gusti
    • April 28th, 2011

    cuy ini lbih realistis drpd pembahasan anda yg searchingnya terkesan malas. buka & baca : http://sadnesswarrior.multiply.com/journal/item/1/BLACK_METAL_ISLAM_DAN_SATANISM_

    • beni
    • Mei 14th, 2011

    black metal di indonesia beda dengan di negeri asalnya di kita masih ada batasnya mereka hanya menyukai musiknya bkan pada kehidupan mereka saya penggemar musik black metal bbpk and ibu saya haji saya suka sholat trus saya perhatikan grup band bm asal bandung mereka baik baik saja tidak pernah menyembelih atau melakukan ritual yang sesat yang sesat itu para pejabat yang korup yang mememras duit rakyat apakah black metal yang melakukan itu berarti para pejabatlah yang kelakuanya kaya iblis mereka mengaku islam tapi mengkorup kerjaanya dan memmeras uang rakyat sampai sampai di kementrian agama pun mereka korup uangnya pada hal di kementrian itu mayoritas agama islam semua

    • andre
    • Mei 14th, 2011

    Bukankah sudah jelas di Kitab ”Untuk mu agama mu dan Untuk ku agama ku”

    • FLY
    • Juni 3rd, 2011

    saya anak bandung..
    kbtulan disana ada band forgoten aliranya metal band itu mempunyai sebuah lagu TUHAN TELAH MATI,, tp pelajari liriknya dulu jng cepat menyimpulkan
    LIRIKNYA MEMPUNYAI PESAN MORAL YANG BAGUS!!!

    • FLY
    • Juni 3rd, 2011

    oh iya satu lagi, BM BANDUNG ITU MENGKRITIK PEMERINTAH YG TDK ADIL
    LOE YANG BIKIN ARTIKEL INI JANGAN BODOH!!!
    PELAJARI DULU DONG JANGAN CEPAT MENYIMPULKAN BM ITU SESAT
    JUJUR SAJA SAYA ANAK BANDUNG TERLECEHKAN DENGAN PENDAPAT LOE
    !!!

  21. Varg Vikerness : ” none of us were satanists back then”
    cite : Until the Light takes us movie

    beres perkara …. gitu aja repot masbossssssssssss

    • Arya
    • Juli 15th, 2011

    tantra dibilang pemuja setan? dapet sumber dari mana om?

    • icka
    • Juli 17th, 2011

    appa sih…
    gag jelas gt…

    • Jimmy
    • Agustus 18th, 2011

    Hmmmmmm ….

  22. Simple saja….
    Budaya apapun yang masuk ke budaya baru pasti akan berkembang dan melahirkan akomodasi ataupun asimilasi dengan budaya tersebut

    Khusus untuk di Indonesia, Budaya dan Musik Black metal sudah berakomodasi dengan budaya lokal yang mayoritas masyarakatnya insan beragama (Theisme), Ritual pemujaan setan bahkan sampai pemotongan / penyembelihan binatang sudah di tinggalkan di indonesia oleh setiap kaum Black Metal

    Sekali lagi, Black Metal Indonesia sudah ber-Asimilasi dengan budaya Lokal yang mayoritas Religius.

  23. black metal bukan sesat tetapi menunjukan bahwa gaib psti ada

    • dian arkul
    • Oktober 2nd, 2011

    penulis@ apakah anda muslim..,?

  24. yg punya blog kok malah ngilang?????

    • rama
    • Oktober 11th, 2011

    we……….. jangan munafik lo bikin artikel kayak ini……..
    ambil positif gan.. kemaren saya nih, mau rekrut teman untuk bergabung dikomunitas black metal. tetapi kuping saya memanas setelah saya dicelotehi tntang black metal. lalu saya menjawab dari celotehan itu, “bang, semua bisa menjadi sesat dan semua bisa menjadi baek bukan karna komunitas mereka jalani, tetapi karna jiwa mereka lah yang sesat. bhkan sedang berdiri sholatpun kalian bisa sesat,bila otak kalian tidak jalan, tidak bisa khusuk dlm shlat. kami jelas kan bang…. kami bukan aliran sesat tapi kami berkarya dalm musik. bnyak org bilang black metal itu aliran sesat dan ANTI AGAMA .
    saya sedkit jengkel dgn orang2 sok religius yg brkata sperti itu .
    Intinya saya gak suka dgn argumen tolol dan gak berdasar seperti itu jadi bagi kalian yg gak mengerti dan gak paham janganlah sekali-kali kalian berargumen bahwa BLACK METAL adalah SATANISME / ANTI AGAMA
    Sok religius jadi org… pdhal gak ngerti apa2 tntang black metal.

  25. ahh engga juga ! mantaaaap lagu²nya ! :D saya suka /.

    • galang
    • Oktober 26th, 2011

    orang2 pada ribut ndri
    mending du”k manis d dpan komp ato sejenisnya dan melihat tanggapan koment2 pro dan kontra tentang aliran yg d anggap sesat ini

    kaLo aku beranggapan ‘waLLohu a’Lam bishowab’
    hnya tuhan sLuruh aLam Lah yg tahu atas smua prihaL yg ad d buminya

    jd yg ikut biarlah ikut
    bwat yg nglarang apa hak lu atas dirinya yg ikut

    tidaklah aku (aLLah SWT) menciptakan jin dan manusia melainkan utk menyembah KU(aLLah SWT)

    • ANTI LUCIFER
    • November 7th, 2011

    BLACK METAL SESAT! KALIAN TELAH DIBODOHI DAN TELAH DISIHIR OLEH CRADLE OF FILTH N VENOM ATAU KAUM ILLUMINASI. KALO LHO MO DEBAT SOAL HEAVY METAL, TRASH METAL, GOTHIC, DEATH METAL, ISLAMIC PROGRESSIVE GHOTIC ROCK, AYO GWA TANTANG! SEKALI SESAT TETAP SESAT. SOLAT YA SOLAT! TAPI JANGAN PERNAH MENYAMARKAN YANG HAK N MANA YANG BATIL. KENA ADZAB TUHAN LHO BARU TAY RASA. ASALA LHO TAU! GWA DULU SAMA KAYA LHO ” PENIKMAT N PEMAIN ALIEAN IBLIS ITU!

    • Anti Dani Manaf.
    • November 7th, 2011

    Aku mendukung artikel ini.
    Mau dipandang dari sudut manapun, semua jenis musik yang menggunakan lambang Pentagram atay Hexagram adalah sesat!

  26. bukan semua black metal itu sesat semua……

    • alen subaga
    • November 18th, 2011

    trima kasih karna saya jadi tau akan arti dari black metal

    • Rizad
    • Desember 9th, 2011

    /m\ setiap orang mempunyai persepsi2 dan sudut pandang tentang mengartikan simbol simbol black metal, tinggal mereka menyikapi dengan negatif atau positif. yang penting tetep black /m\ dan tetep berada di jalan allah swt.

    • chopetz
    • Desember 11th, 2011

    kalau saya sendiri juga senang dengan musik dan lambang2 seperti itu tapi saya memandangnya hanya sebatas seni,bukan keyakinan,jadi semua tergantung individu

  27. Saya harus bermacet-macet ria menuju kota kecil Cimahi untuk menghadiri perhelatan festival musik metal Bandung Berisik V di sebuah hari Sabtu, 11 Juni lalu. Agak sedikit miris bahwa festival musik metal terbesar se-Asia Tenggara ini diselenggarakan di Cimahi yang notabene berjarak sekitar puluhan kilometer dari pusat kota Bandung.

    Ironis, kota Bandung yang digadang sebagai kota barometer perkembangan musik independen di Indonesia tidak memiliki gedung kesenian atau lapangan besar yang representatif menampung puluhan ribu penonton. Lebih ironis lagi, festival kebudayaan ini harus menyewa sebuah kompleks militer di kota sebelah barat Bandung.

    Rombongan berbaju hitam, berambut gondrong, dan mohawk tidak lagi menjadi pemandangan aneh. Dalam radius beberapa meter dari venue saja penampakan mereka mencolok. Kian nyata bahwa musik metal telah menjadi identitas penting dari kebudayaan global. Musik metal yang aslinya besar di Eropa dan Amerika, kini menjadi katarsis yang sama bagi rombongan anak nongkrong di Pasar Ujungberung. Identitas semiotika yang sama, ekspresi yang sama, dan kemudian musik metal telah menjadi ekspresi keseharian.

    Salah satu tesis mengenai asal usul musik metal sebagai bagian dari kebudayaan global diajukan oleh sutradara-cum-metalheads Sam Dunn dalam film dokumenter fenomenal, Global Metal (2009). Film ini merangkum fenomena musik metal hampir di seluruh negara. Termasuk negara-negara dunia ketiga, salah satunya Indonesia. Tesis penting yang diajukan oleh Sam Dunn adalah mengenai adanya relasi yang kuat antara musik metal dan kondisi sosial-politik yang berkembang di Indonesia. Pada awal masuknya, musik metal di negara-negara berkembang menjadi ekstase kekecewaan anak muda terhadap maraknya perilaku rezim, korupsi, dan kekacauan politik. Sam Dunn menyampaikan bahwa ada hubungan yang kuat antara lirik Sepultura dengan kritik keras rezim pemerintahan di Brasil. Sam Dunn melihat fenomena yang sama di Indonesia.

    Jeffrey Jensen Arnett dalam bukunya Metalheads: Heavy Metal Music and Adolescent Alienation (1999) menyampaikan diskusi penting betapa para metalheads digerakkan oleh hasrat yang sama untuk mengkonsumsi musik metal. Ada gelombang hasrat untuk menjadikan metal sebagai bagian dari cara hidup (way of life) mereka. Ini mungkin terjadi karena ada relasi yang sama antara kerasnya musik metal yang penuh distorsi cadas dengan perasaan-perasaan keterasingan dan kemarahan terhadap apapun.

    Saya menyaksikan bagaimana Bandung Berisik V sanggup menyetir puluhan ribu metalheads. Hasrat seperti disebut oleh Arnett itulah yang menjadi dinamo utama untuk menggerakkan ribuan metalheads untuk hadir di Cimahi. Melihat geliat dan hasrat yang besar itu, saya menyetujui jika Bandung disebut sebagai komunitas underground terbesar di Asia.

    Hasrat kolektif itu pula yang membuat komunitas underground di Bandung bisa bertahan. Setelah tragedi AACC tiga tahun silam menewaskan sebelas anak muda di tengah konser band metal Beside, musik metal terancam dan terbelenggu. Band-band metal dilarang tampil, konser metal menjadi barang mahal. Setelah kejadian itu, beberapa band underground Bandung melampiaskan hasrat dan ekspresinya dengan menggelar konser-konser illegal. Bisa di pojokan studio sempit, di daerah Cihampelas atau Cijerah, atau menggelar konser di atas gunung dan bukit seperti di daerah Lembang, Cihanjuang, atau Gunung Puntang. Beberapa konser ilegal itu mesti berujung pembubaran oleh aparat.

    Sekilas Bandung Berisik

    “Pesta ini untuk kita semua. Tak ada perbedaan di sini. Mau anak ustadz, mau anak tentara, mau anak preman. Semua sama!” teriak Amenk, vokalis band death-metal asal Bandung Disinfected, dihadapan puluhan ribu metalheads yang menghadiri “ruwatan” musik metal ini.

    Pesan Amenk adalah sebuah semangat nyata bahwa lewat hasrat kolektifitaslah semangat komunitas bisa terbangun dan terjaga. Lewat teriakan kecil Amenk, saya menangkap banyak makna. Diantaranya bahwa yang membuat Bandung Berisik selalu menjadi ikon komunitas underground yang otentik adalah semangat kolektif atau gotong royongnya.

    Bandung Berisik bukan festival musik biasa. Festival ini telah menjadi ikon musik metal kota Bandung. Konser ini memang digerakkan secara komunal oleh komunitas Ujungberung Rebels, yang dikenal sebagai komunitas metal tertua di Indonesia. Kawan saya dari komunitas Ujungberung, Kimung, menekankan juga bahwa kolektifitaslah yang menjadi bensin utama dari gelaran Bandung Berisik. Dia masih ingat, delapan tahun lalu Bandung Berisik IV sanggup menghadirkan sekitar 25.000 penonton. Namun, keuntungan yang didapat panitia hanya cukup untuk membeli satu bungkus rokok Garpit yang dihisap bersama-sama dan sisa uang kembaliannya disumbangkan ke mesjid.

    Meski tanpa bayaran, komunitas Ujungberung berhasrat sama agar pergelaran Bandung Berisik IV ketika itu bisa berjalan sukses. Ini lah yang membedakan festival yang digerakkan oleh roda hasrat akan semangat kolektifitas dari festival rock seperti Soundrenaline dan Java Rockinland yang menjadikan festival sebagai moda kapitalisme.

    Kalau Jerman punya Wacken Festival atau Finlandia bangga dengan Tuska Festival, bolehlah kita berujar, “Indonesia punya Bandung Berisik!”. Festival menjadi penanda identitas penting di tengah hiruk pikuk kebudayaan kontemporer saat ini. Festival juga mencerminkan dinamika perkembangan budaya musik suatu kota (atau negara).

    Bandung Berisik sudah lima kali digelar. Pertama kali digelar pada 23 September 1995 di GOR Saparua. Terakhir kali digelar 10 Agustus 2003 di Stadion Persib Bandung. Dari waktu ke waktu, festival ini semakin membesar seiring dengan komunitas metal yang juga makin membesar. “Alumnus” festival ini bukanlah band metal main-main. Jasad, Burgerkill, Forgotten, Disinfected adalah sejumlah band yang pernah merasakan panasnya Bandung Berisik.

    Sejumlah band dari luar Bandung juga tampil. Hadirnya band-band luar Bandung seperti Seringai (Jakarta), Down For Life (Solo), Cranial Incisored (Yogyakarta), Parau (Bali), Screaming Factor (Malang), dan Critical Defacement (Makasar) membuktikan musik metal di Indonesia yang semakin berkembang. Kritik saya hanyalah pada kenyataan bahwa mayoritas band-band metal yang tampil masih berkutat di ranah musik death-metal atau metalcore. Belum ada gebrakan berbeda yang menampilkan musik-musik post-metal, doom-metal, atau black-metal yang sempat menjadi kejayaan underground di era 1990-an.

    Yang menarik dari Bandung Berisik tentu tak hanya distorsi kencang yang meraung. Tapi juga pesan-pesan subversif yang dilontarkan para penampil. Saya jadi ingat ketika masih remaja di penghujung 1990-an, menghabiskan waktu menonton band-band punk hardcore di Saparua, saat sang vokalis berteriak-teriak “hapus dwi fungsi ABRI… Fuck off Polisi”. Kini, konser itu ironisnya diselenggarakan di kawasan militer.

    Lagu terbaru Seringai, “Dilarang di Bandung” dibawakan Seringai yang tampil agak malam. “Lagu ini tentang band-band underground yang sempat dicekal di Bandung. Jasad, Burgerkill, Jeruji, Forgotten, adalah beberapa diantaranya. Kasus dengan aparat ini juga sempat kami alami,” ucap Arian 13 ketika Seringai tampil. Seringai juga pernah bermasalah dengan aparat polisi soal desain kaus mereka yang menyindir aparat polisi dua tahun lalu. Ketika lagu ini diteriakkan di depan puluhan ribu penonton di kompleks militer Cimahi itu, seorang polisi di sebelah saya hanya melongo saja.

    Metal Kasundaan

    Saya juga melihat kumpulan anak muda yang bangga memakai kaus hitam death metal dan di memakai iket (kain ikat) khas Sunda di kepalanya. Fenomena yang muncul tiga tahun belakangan ini membawa tafsir berbeda untuk musik metal global. Musik metal telah dirombak dan dicampur ulang, memberikan tafsir baru. Munculnya kompilasi Panceg Dina Galur (elaborasi musik metal dengan lirik berbahasa Sunda) dan pemakaian alat musik sunda seperti Tarawangsa dan Karinding, adalah beberapa diantaranya.

    Fenomena “Metal Kasundaan” atau musik metal yang kawin dengan elemen-elemen tradisi budaya Sunda adalah sesuatu yang menarik. Ia juga makin terlihat di Bandung Berisik V. Band metal Gugat tampil berkolaborasi bersama sejumlah seniman Sunda. Karinding Attack membawakan beberapa komposisi seperti “Bubuka” yang menyajikan permainan rebab. Juga tampil Jasad dan Forgotten yang menampilkan hibrida musik metal dengan elemen-elemen tradisi Sunda.

    Ketika Forgotten tampil, intro bunyian Tarawangsa (alat musik gesek khas Sunda) begitu menyayat terdengar, kemudian dihajar dengan raungan distorsi. Pada dua lagu teranyar, “Laras Perlaya” dan “Tuhan Kalian Profan” suara gesekan Tarawangsa juga amat kental. “Laras Perlaya” sendiri diambil dari kata bahasa Sunda yang berarti lagu kematian. Lagu ini mengkritik gerakan fundamentalisme di Indonesia.

    Forgotten selalu menyuarakan pesan-pesan subversif nan provokatif. Addy Gembel, vokalis-cum-penulis band ini, adalah sosok yang pernah dijanjikan halal dibunuh oleh sebuah organisasi fasis fundamentalis. Di hadapan ribuan penonton metalheads di Cimahi ia berujar lantang, “Surga bukan milik individu atau orang-orang bersorban. Surga adalah milik kita semua yang berhak menempatinya”.

    Penampilan Jasad, salah satu band death-metal tertua di kota Kembang, juga menggetarkan. Debut album mereka C’est La Vie yang dirilis pada 1995 bisa disebut sebagai salah satu rilisan penting dalam khasanah musik metal Tanah Air. Jasad adalah band yang akhir-akhir ini begitu gencar menyuarakan “Metal Kasundaan”. Lirik-lirik Jasad mayoritas menggunakan bahasa Sunda. Seperti “Hutang Uyah Dibayar Uyah, Hutang Getih Dibayar Getih” dan “Kujang Rompang” dengan pernyataan terkenalnya, “Panceg Dina Galur Moal Ingkah Najan Awak Lebur” yang berarti idealisme yang tetap berdiri apapun yang terjadi.

    Malam itu, sang vokalis Jasad Man tampil mengenakan batik dan iket khas Sunda, tanpa bermaksud menjadi chauvinistik. Layar panggung saat Jasad tampil bertuliskan, “Lagu Kita Masih Sama Indonesia Raya”. Pesannya jelas: persuasi untuk memiliki jati diri dan melestarikan budaya tradisi tanpa menjadi fasis. Kemunculan budaya Metal Kasundaan ini menarik dan penting dalam ranah metal kontemporer Indonesia. Fenomena glokalisasi (global-lokal) mengingatkan kita akan artikulasi yang sama pada hip-hop Jawa yang dikembangkan komunitas Jogja Hip Hop Foundation.

    Saya dan ribuan penonton harus menunggu hampir menjelang tengah malam untuk kembali ke rumah. Rasanya kaki yang pegal, rasa lapar, dan lelah yang luar biasa tergantikan melihat suka cita para metalheads, yang sudah semakin membesar dan menggila ini. Hasrat mereka tak akan mati, “ruang” mereka semoga telah kembali.

    BACA ARTIKEL LAINNYA
    Sejarah Komunitas Punk Jakarta (bagian 1 dari 4 tulisan)
    Dari Elvis Costello hingga Konser Amal untuk Kamboja
    In The Woods
    Masterpiece Lain yang Hampir Terlupa
    Tepi-tepimu, Leo…(60 Tahun Leo Kristi)

    (-) click to collapse
    Nama *

    Email *

    Website/ blog

    Ketikkan kode yang muncul *

    Berlangganan

    0 KOMENTAR
    KANAL MUSIK
    Album
    Konser
    Ulasan
    Testimoni
    Klasik
    FOLLOW US ON

    WHO’S ONLINE
    We have 158 guests online
    ARTIKEL TERBARU

    Buku Penting Tahun 2011

    8 Album Rock/Metal 2011

    Sepuluh Album Hiphop Terbaik 2011

    Lo-Fi, Masalah Uang atau Pilihan Estetik?

    Bebaskan Punk Aceh

  28. DASAR OON…………………………..
    SESEUH TAH BENGEUT SIA……….. BUDAK BANDUNG TARA NGUSIK SIA.
    PEMIRSA TERNYATA YG NULIS BLOG BLACK METAL SESAT INI SETELAH DITELITI TERNYATA DINYATAKAN 100% GILA DAN SARAP.

    YG NULIS TAI…….
    PEJABAT ANJING.
    NO DEMOKRAT…………. HIDUP BUDAYA INDONESIA,.
    TERLEBIH LAGISEKARANG METAL ETC DIPADUKAN DENGAN ETNIK BUDAYA SUNDA (PADIGA) DARI BANDUNG. DAN BUDAYA BALI SEPERTI BAND MAYYAT, SEHINGGA INDONESIA URUTAN KETIGA MUSIK UNDERGROUND DI DUNIA.
    TERLEBIH LAGI APAPUN MUSIKNYA BANDUNG KOTANYA………….
    HARUMKAN NAMA INDONESIA ……….. SEHINGGA MUSIK KITA TAK DI ANGGAP SESAT TAPI INILAH KREATIVITAS REMAJA INDONESIA SEBAGAI PEMBERONTAKAN BUAT NEGRI INI YG MIRIS ATAS POLITIKNYA,
    ARRRGGGGGGGGGGGGGGHTTTTTTTTTTT………….

  29. so tau loe black metal itu hnya musik metal g lebih,,,,
    g semua band metal pnganut aliran sesat,,,
    so uzon loe,,,

    • harki
    • Desember 27th, 2011

    vinness :
    mendingan g punya agama tp percaya tuhan,daripada punya agama sbg topeng aj….dasar sok suci…..

    lo berusaha membenarkan kesesatan lo ,lo paling black metal plastik alias ikut2an

    • dedi/bejo
    • Januari 7th, 2012

    setan adalah bagian dari agama…

  30. Black metal sering sekali dihakimi sebagai band yang satanis, blasphemy, ataupun anti god. Sebenar’a Black metal sendiri adalah suatu perlawanan atau movement. Kita lihat di Norwegia sana, mereka (black metal Norwegia) membenci kristen karena kristenisasi di Norwegia menyebabkan budaya asli mereka perlahan-lahan pudar. Burzum membawa tema paganisme yg merupakan nilai2 spritual leluhur’a mereka d’sana. Kedekatan2 nilai2 leluhur itu mereka angkat sebagai tema mereka untuk mengangkat kembali budaya2 paganisme leluhur yang telah pudar. Begitu juga dengan Bvrtan, mereka sendiri sebagai band black metal membawa nilai2 leluhur bangsa kita, yaitu pertanian. Kondisi Indonesia yang ideal bagi pertanian dan penguasaan atas cara bercocok tanam setidaknya sudah ada sejak abad ke-8 SM. Perlawanan atau movement Bvrtan sendiri mengangkat nasib2 petani Indonesia yang sekarang ini telah terlupakan. Nasib petani Indonesia memikirkan mahalnya pupuk, memikirkan bagaimana menyuplai air untuk sawahnya, memikirkan bagaimana menghadapi hama. Namun, hasil dari mereka itu, diklaim oleh pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap mereka. Setidaknya kita dahulu pernah menikmati apa yang nama’a swasembada pangan. Tapi sekarang kemana Swasembada pangan yang pernah mereka dan kita nikmati??

    Dimulai dengan lagu Sawah Tebu Terlarang, suasana depresi dan dingin menggambarkan suasana lagu ini. Kegundahan petani yang mengalami kesusahan/penderitaan dalam melakukan pekerjaan mereka. Penderitaan mereka d’tambah dengan eksploitasi dan pemanfaatan diri mereka oleh politisi yg tdk bertanggung jawab terhadap nasib mereka.

    Lanjut track ke dua, Musnahlah Panen Raya Tahun Ini Yang Membuat Kami Tidak Bahagia. Kegalauan petani menyelimuti lagu ini. Kegagalan panen mereka anggap sebagai kutukan. Apa yg mereka tanam, pupuk mereka, kerja keras mereka dalam mengolah sawah, waktu mereka menjadi sia2. Ilustrasi yang lengkap tentang kegagala panen yang dialami petani sampai saya sendiri ikut prihatin membayangkan nasib mereka :(

    Ritual Menanam Singkong di Dalam Kebun Kegelapan, menceritakan kehidupan petani singkong dalam mengolah kebun mereka. Mulai proses awal dari pembajakan sawah sampai penjualan ke pasar. Kehidupan yang berat, proses2 yang runtun dan harus mereka jalani tanpa terlewati.

    Selanjutnya, Pacul Pusaka Dari Pak Kades. Disini terdapat percakapan laporan persiapan panen bvrvh tani kepada Pak Kades. Pacul pusaka dari pak kades adalah kebaikan pak kades dalam mengayomi para buruh tani selama awal tanam sampai panen. Keberhasilan panen bvrvh tani d’persembahkan kepada pak kades karena jasa2 kebaikan’a.

    Tengkulak Biadab Dari Neraka, lagu yang berisi movement kritikan para buruh tani kepada para tengkulak yang telah memanfaatkan kerja keras mereka selama masa tanam sampai masa panen tiba. Tidak hanya tengkulak2 biasa, namun tengkulak yg berwujud KUD juga mendapat tempat untuk mereka kritisi.

    Lagu terakhir, cover dari lagu darkhtrone. Dengan awal dilatar belakangi suasana sawah d’malam hari, d’mana terdapat suara2 hewan malam. Black metal dengan gitar akustik ini benar2 cover yang istimewa menurut saya sendiri :D

    Akhir kata, album ini wajib kita miliki. Album black metal dengan tema yang baru dan mengangkat kondisi real di Indonesia.

  31. Black metal sering sekali dihakimi sebagai band yang satanis, blasphemy, ataupun anti god. Sebenar’a Black metal sendiri adalah suatu perlawanan atau movement. Kita lihat di Norwegia sana, mereka (black metal Norwegia) membenci kristen karena kristenisasi di Norwegia menyebabkan budaya asli mereka perlahan-lahan pudar. Burzum membawa tema paganisme yg merupakan nilai2 spritual leluhur’a mereka d’sana. Kedekatan2 nilai2 leluhur itu mereka angkat sebagai tema mereka untuk mengangkat kembali budaya2 paganisme leluhur yang telah pudar. Begitu juga dengan Bvrtan, mereka sendiri sebagai band black metal membawa nilai2 leluhur bangsa kita, yaitu pertanian. Kondisi Indonesia yang ideal bagi pertanian dan penguasaan atas cara bercocok tanam setidaknya sudah ada sejak abad ke-8 SM. Perlawanan atau movement Bvrtan sendiri mengangkat nasib2 petani Indonesia yang sekarang ini telah terlupakan. Nasib petani Indonesia memikirkan mahalnya pupuk, memikirkan bagaimana menyuplai air untuk sawahnya, memikirkan bagaimana menghadapi hama. Namun, hasil dari mereka itu, diklaim oleh pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap mereka. Setidaknya kita dahulu pernah menikmati apa yang nama’a swasembada pangan. Tapi sekarang kemana Swasembada pangan yang pernah mereka dan kita nikmati??

    Dimulai dengan lagu Sawah Tebu Terlarang, suasana depresi dan dingin menggambarkan suasana lagu ini. Kegundahan petani yang mengalami kesusahan/penderitaan dalam melakukan pekerjaan mereka. Penderitaan mereka d’tambah dengan eksploitasi dan pemanfaatan diri mereka oleh politisi yg tdk bertanggung jawab terhadap nasib mereka.

    Lanjut track ke dua, Musnahlah Panen Raya Tahun Ini Yang Membuat Kami Tidak Bahagia. Kegalauan petani menyelimuti lagu ini. Kegagalan panen mereka anggap sebagai kutukan. Apa yg mereka tanam, pupuk mereka, kerja keras mereka dalam mengolah sawah, waktu mereka menjadi sia2. Ilustrasi yang lengkap tentang kegagala panen yang dialami petani sampai saya sendiri ikut prihatin membayangkan nasib mereka

    Ritual Menanam Singkong di Dalam Kebun Kegelapan, menceritakan kehidupan petani singkong dalam mengolah kebun mereka. Mulai proses awal dari pembajakan sawah sampai penjualan ke pasar. Kehidupan yang berat, proses2 yang runtun dan harus mereka jalani tanpa terlewati.

    Selanjutnya, Pacul Pusaka Dari Pak Kades. Disini terdapat percakapan laporan persiapan panen bvrvh tani kepada Pak Kades. Pacul pusaka dari pak kades adalah kebaikan pak kades dalam mengayomi para buruh tani selama awal tanam sampai panen. Keberhasilan panen bvrvh tani d’persembahkan kepada pak kades karena jasa2 kebaikan’a.

    Tengkulak Biadab Dari Neraka, lagu yang berisi movement kritikan para buruh tani kepada para tengkulak yang telah memanfaatkan kerja keras mereka selama masa tanam sampai masa panen tiba. Tidak hanya tengkulak2 biasa, namun tengkulak yg berwujud KUD juga mendapat tempat untuk mereka kritisi.

    Lagu terakhir, cover dari lagu darkhtrone. Dengan awal dilatar belakangi suasana sawah d’malam hari, d’mana terdapat suara2 hewan malam. Black metal dengan gitar akustik ini benar2 cover yang istimewa menurut saya sendiri

    Akhir kata, album ini wajib kita miliki. Album black metal dengan tema yang baru dan mengangkat kondisi real di Indonesia.

  32. Jakarta – Para diplomat yang baru direkrut di Norwegia mendapatkan sebuah pelatihan yang cukup unik, mereka diwajibkan melalui pelatihan mengenai sejarah black metal sebagai bagian dari program pelatihan mereka sebagai diplomat.

    Menurut informasi dari majalah Kerrang!, tak kurang dari 20 diplomat baru di Norwegia telah dilatih mengenai sejarah dan persepsi tentang black metal di negara Skadinavia ini. Seorang juru bicara dari Norwegian Foreign Service mengatakan, seperti dilansir oleh NME.com, “Tujuan dari pelatihan ini adalah mengenal seluruh kebudayaan Norwegia dengan segala keanekaragamannya. Di negara-negara lain seperti Italia, Jepang, atau Prancis, para remaja di sana mempelajari bahasa Norwegia untuk memahami lirik-lirik dari lagu black metal Norwegia. Black metal adalah sebuah komoditi ekspor bagi Norwegia dan sangatlah penting bagi para diplomat untuk tertarik dan mengerti akan hal ini.”

  33. “Underground”; Keras Tapi Solidaritas”
    Musik underground berasal dari luar negeri tepatnya di Amerika. Pada dasarnya underground adalah jenis musik yang berbeda dari musik yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat dirasakan melalui musiknya yang super keras.

    Underground itu sendiri terpecah dalam beberapa aliran diantaranya adalah black metal, death metal, brutal death, grincore, gothic, punk dan hard core. Keberadaan underground paling diminati oleh sebagian kawula muda pada pertengahan tahun 2000. Sampai sekarang jumlah peminatnya masih bayak. Hal itu terbukti dengan makin bertambahnya jumlah komunitas underground dari berbagai aliran. Sedangkan jenis musik underground yang paling keras itu seperti apa sih…

    Jenis underground yang paling keras dan cadas adalah aliran black metal dan death metal. Lirik yang sering dijadikan dalam aliran black metal biasanya berbau kegelapan, pemuja setan, mistik dan sihir. Tidak jauh beda dengan deathmetal yang selalu mengangkat lirik tentang kematian atau alam kubur.

    Karakter vokal kedua aliran tadi hampir sama dan sangat unik karena syair yang diucapkan oleh vokalis tidak terdengar jelas karena mirip suara monster. Performa di atas panggung cukup ekstrem dan sedikit sadis misalnya menggigit merpati atau kelinci hidup.

    Lain halnya dengan jenis punk dan gothic yang terdengar santai dan easy listening. Jenis punk bisa dilihat pada band Green Day yang terkesan ramai dan agak santai. Sementara gothic diperkuat dengan karakter vokalis cewek ditambah vokal cowok yang garang sebagai latar misalnya band Evanesence.

    Dari skil permainan musik, underground cukup lumayan susah karena ritmenya yang sangat cepat. Jadi untuk lebih menguasai permainan musik underground lebih dibutuhkan skil permainan cepat dan itu butuh latihan yang lumayan lama.

    Untuk skala dalam negeri sendiri, underground masih sulit masuk industri rekaman. Hal itu disebabkan karena sebagian orang menganggap citra underground sebagai musik yang keras dan sulit dicerna pendengar.

    Satu hal yang cukup membanggakan buat anak-anak underground. Mereka adalah komunitas pemusik yang solid dan saling menghargai satu sama lain. Walaupun orang mengenal underground sebagai musik keras tapi dibalik itu semua tercermin sikap para personelnya yang saling memberi dan mengisi.

  34. Jangan ngaku metal kalau nggak shalat. Ketika Islam berfungsi sebagai kendali, banyak anak metal di komunitas underground menjemput hidayah. Mereka tidak menolak modernisasi, tapi menjegal westernisasi. Ada komitmen yang dibangun: No Drugs, No Alcohol, No Violence dan No Free sex. Just Metal.Oleh Adhes Satria
    Menjelang malam, anak-anak metal itu sudah berkumpul di pelataran Gedung Rossi Musik di Jalan Fatmawati No. 30, Jakarta Selatan untuk menyaksikan pagelaran musik sekaligus penggalangan dana untuk Palestina. Konser musik yang bertajuk ”Urban Garage Festival” itu diorganize oleh Berandalan Puritan dan Mogers Infantry.
    Saat menanti band kesayangan mereka, azan Maghrib berkumandang. Siapa nyana, sebagian dari mereka berbondong-bondong menuju masjid, lalu segera membasuh wajah-wajah kumel itu dengan air wudhu. Sabili turut menyaksikan, anak-anak metal tengah merapikan shaftnya untuk shalat berjamaah. ”Sebagian dari mereka, anak-anak Mogers, sebuah komunitas fans band metal legendaris Purgatory,” kata salah seorang komunitas underground.
    Performance mereka memang eksentrik dan tampak cuek. Sekilas, seperti individu yang tak mau tahu dengan urusan agama. Tapi, lihatlah paradigma baru anak Metal hari ini. Mereka mulai bangga menunjukkan jatidirinya sebagai Muslim sejati. Jangan ngaku anak metal, kalau nggak shalat. Jangan sok metal kalau masih suka mabok (ngedrugs) dan free sex. ”Menyedihkan banget, jika anak metal malu menunjukkan identitasnya sebagai muslim. Karena gengsi, mau shalat saja, bilangnya mau ke depan untuk beli rokok,” tukas Bonty, salah seorang personil Purgatory.
    Tak dipungkiri band metal lahir dari peradaban Barat yang bobrok. Peradaban itu memengaruhi jiwa anak-anak muda yang gelap. Mereka larut menjadi individu yang bingung menatap masa depan, tertipu oleh propaganda sesat kaum laknat, hingga menjadi pemuja setan, syahwat, anti kemapanan, bahkan mengabaikan Tuhan. Ketika hidayah Islam datang, pondasi itu terguncang. Anak-anak Metal yang terlahir sebagai Muslim, mulai menyadari, bahwa mereka secara kultur dan karakter sudah dijadikan ’hamba-hamba sahaya’ yang terjajah. Eksistensi tumbuh, ketika Islam menjadi ideologi, kesadaran baru dan amaliyah mereka.

  35. purgatory yaitu band yang islami banget ngak percaya ? coba download ajah lagu lagunya. Kalo diperhatikan baik-baik, lirik-lirik mereka religius. Hebatnya lagi, mereka nggak perlu menunggu waktu bulan puasa atau menjelang Lebaran untuk merilis lagu-lagu bernafaskan religi ini. Ya, paling nggak, motif kesengajaan demi mendulang uang nggak kelihatan dari mereka, lain hal nya dengan band-band pop yang kita kenal kalau bulan puasa pada saling membuat album religi, yang tadinya berbicara wanita, sex dan cinta eh mendadak alim demi mainstream yang lagi tenar .
    Salah satu band religi undeground yang paling menonjol adalah Purgatory. Tanya sama semua anak metal, semua pasti bilang kalo Purgatory adalah band metal religius. Ya, imej religi ini memang menempel sangat erat di mereka. Sampai-sampai, nggak sedikit yang menjuluki mereka band metal religi, atau menyebutkan Purgatory sebagai band Islamic death metal. Namun begitu, anak-anak Purgatory mengaku santai dan nggak mau ambil pusing. “Terserahlah apa kata orang. Kalo masalah orang bilang aliran kami ini-itu sih, cuma buat memudahkan mereka mengenal band kami aja.”Dasarnya sih metal, straight metal!” ujar Amor, vokalis Purgatory. Itu kalau ngomongin musik. Kalau masalah lirik sih, beda lagi. Band yang kerap tampil menggunakan topeng ini memang mengangkat pesan positif dalam lirik-liriknya. Jauh dari hal-hal negatif dan selalu mengarah ke arah kebaikan. Hmmm…, apakah mereka emang sengaja mengonsep band mereka kayak gini dari awal? Ternyata nggak. Bisa dibilang, semua berjalan begitu saja. “Kami nggak pernah merencanakan bakal begini. Intinya sih, kami ngambil referensi ke agama karena kami nguasain materinya. Beda kalo ngomongin setan-setanan, hal kayak gitu gue nggak ngerti,” ungkapnya, santai.
    Referensi mereka bikin lirik juga nggak tanggung-tanggung. Perjalanan kehidupan ditambah dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Wuih, benar-benar religius. Selain Purgatory, band yang disebut-sebut religius adalah Tengkorak – sesepuh grindcore asal Jakarta. Kalo masalah personal dari para personil bandnya, Tengkorak emang religius. Paling nggak, itu yang dikatakan oleh Ombat, sang vokalis. Tapi kalo soal musik, Ombat mengaku masih kalah religius dari Purgatory…. “Kalo di metal, Purgatory-lah yang religius. Mereka menulis lirik dengan mengambil intisari dari Al-Qur’an dan menuliskannya dengan puitis. Gue juga kayak gitu, Mencoba mengambil intisari dari kitab suci, tapi gue lebih ekstrem dalam mengaplikasikannya,” jelas Ombat.
    Ya, siapa yang sangka kalo band-band religi yang kita omongin di sini kebanyakan justru ber-genre metal. Musik yang justru paling sering dituduh dekat dengan setan atau iblis.Ditanya mengenai hal ini, Ombat, vokalis dari band grindcore, Tegkorak, sama sekali nggak membantah. Dia dengan cepat mengamini hal ini.“Emang bener. Metal dekat dengan setan, ya, begitulah,” ujarnya, tegas. “Itu sebabnya, kita harus bikin yang exceptional. Yang beda,” tambahnya.Rada nggak sependapat, Rins, vokalis dari band progresif dark gothic metal asal Jakarta, Gelap, mengatakan nggak semua metal itu identik dengan musik setan. Menurutnya, orang selama ini taunya cuma black metal, padahal di luar sana ada juga white metal…..“Band-band white metal ini banyak di Eropa. Lirik-lirik mereka relijius semua,” ceritanya……… Gelap adalah salah satu band asal Jakarta, yang juga memiliki lagu yang liriknya masuk kategori religius. Rins, sang vokalis, yang banyak menulis lagu untuk band ini, mengatakan kalo lirik lagu mereka sebenarnya banyak mengangkat tema mengenai sisi gelap kehidupan umat manusia. Bagaimana sosok manusia yang menurutnya di mata Tuhan itu sangat hina……“Dunia itu sekarang udah kacau banget. Dengan segala keburukan yang terjadi. Yang bisa menolong kita cuma iman dan agama,” ujarnya………. Oke, balik lagi ke masalah metal dan musik setan, Die, mantan gitaris Purgatory lebih cuek menanggapi tuduhan kayak gini. Menurutnya, terserah orang berpendapat…….”Bagi gue, bukan jadi hal yang baku kalau metal harus mengarah ke arah negatif. Kalau mereka bilang gitu, gue juga punya hak kalau metal juga bisa positif,” ujarnya………Nah, apakah kehidupan religius ini juga mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Percaya atau tidak, jawabannya: iya………. Amor mengatakan kalo dia dan anak-anak Purgatory lainnya bisa dibilang straight banget sama agama. Baginya band itu cuma sekadar alat buat ibadah. “Jadi, gue ngeband sama halnya kayak gue ngejalanin ibadah, syi’ar lah kalo bahasa Islamnya,”sahutnya.
    Oh iya, sekadar informasi, anak-anak Purgatory ini rutin mengadakan pengajian 2 kali dalam seminggu. Dan mereka terbuka juga buat siapa aja yang mau ikutan. Kurang religius apa coba? Ombat juga mengaku kalo dia dan personil Tengkorak lainnya saat ini selalu berusaha ngejalanin perintah agama. Sholat lima waktu, misalnya. Selain itu, mereka juga menjauhi merokok, minum alkohol, dan memakai narkoba.
    Ngak Sholat Ngak Keren

  36. musik UNDERGROUND di indonesia bukanlah sesat ..karena apa?di indonesia cuma menggambarkan kalau ada orang penyembah setan,ritual,bunuh diri,siksa batin,emang sih kalau dbarat mayoritas tu memang dia mengekspresikan kalau mereka satanisme lewat musik,,sedangkan diindonesia musik sejenis BLACKMETAL bukan sesat tapi cuma menggambarkan dan mengekspresikan,,mereka menggambarkan kalau diriya setan/iblis yang berkuasa atas jiwa manusia…mereka berprinsip kalau hitam aliranku sesat bukan jalanku..banyak lho musik underground yang mengusung tema tentang supaya kita ingat akan mati dan sadar akan siksaan neraka..SOSIAL PMERINTAHAN.jadi kesimpulanya UNDERGROUND di indonesia sangatlah positif karena:
    mengingatkan tentang:
    ajal,setan yang menguasai jiwa kita,MASALAH SOSIAL,KORUPSI,MANUSIA YANG TERJERUMUS KE KEGELAPAN,KESUCIAN,tentang pembunuhan,penyakit teror..dll

    UNDERGROUND merupakan salah satu mediasi untuk menorehkan inspirasi bermusik,bukan salah satu mediasi untuk menorehkan kesesatan bermusik,lagi pula banyak pesan moral dalam lirik2 nya,so UNDERGROUND bukan kesesatan dalam hidup kami….,!!!!!!!!!!!

  37. Biarlah itu urusan mereka dan tuhan ..

  38. BIARLAH ITU URUSAN MEREKA <>

    • al-jorgensenofministry
    • Februari 11th, 2012

    wah wah wah aya naon ieu meni rame kieu ning,
    bae lah kumaha karepna nu boga blog ieu we.
    nu penting mah metal beuki berkibar.
    nu pasti mah moal senggol bacok urang2 metal mah

  39. apa udah pada capek berantemnya, lalu apa yg kalian dapet dr berantem itu, seorang tak dapat menanggung dosa org lain dan sebaliknya, jd kenapa repot,
    MERANGKUL TANPA MEMUKUL, MEMBINA TAMPA MENGHINA,
    semua akan berubah klu kita memiliki sikap yg bijak dalam menilai sesuatu,.
    nasehat tuk penulis: aq jg penulis buku bukan sekedar diblok, yg aq nasehatkan untuk penulis, kalau debat setidaknya pesiapkan bukti2 anda yg lengkap.
    nasehat tuk blak metal: klu yg km ikuti itu benar itu terserah km, aq doakan suatu saat kalian bs lebih baik dari sekarang

    • Nendi Ahmad
    • Februari 23rd, 2012

    Jangan bilang Black Metal Itu sesat, semua itu tergantung pada orang atau yg membawakan nya, ok…..! aku BLACK METAL jg dari LAMPUNG. Semua itu karna seni music nya yg bwt kalangan muda tergiur.

    • riski
    • Februari 24th, 2012

    mereka menyukai black metal bukan karna memuja setan , tapi hanya hobi mereka masing masing !!!
    karna kami masih mempercayai tuhan kami yaitu (ALLAH)

    • uya
    • Maret 3rd, 2012

    agama itu bukan untuk diperdebatkan…jadi tolong untuk semuanya jgn pernah bawa2 nama agama…hatur nuhun asalamualaikum.,,(UYA pumya tuhan)….

  40. anda salah kaprah dg music metal genre BLACK METAL.
    SATANIC,PAGAN,ANTICHRIST ITU HANYA IDEOLOGY….
    TERBUKTI musisi Black Metal beribadah di greja stiap minggu….
    dan 1 lagu justru yg penganut satanic adalah yg bukan musisi Black Metal seperti Marylin Manson..Anton Sjandor Lavey,,My Chamical Romance….

      • tifeb
      • Juli 29th, 2012

      sudah sudah yg suka sma blak m. sìlakan sukai namun satu jgn pernah kalian ikuti budaya nya. ni yg bikin artikel bener ko genre band aku jga black m. ko tpi pnampilan kita ga neko2

  41. apkh smua anggota black metal mngikuti ajran yahudi………..????????

  42. madang we , wareg cah

  43. wah rame jg nih….kalo menurut saya ya jelas black metal itu sesat!!!
    kalau ada orang yang nyebut aliran BM itu aliran suci, gak punya pengetahuan tuh,,, sotoooooyyy!! atau paling juga asal keliatan gayanya anak BM…banyak yang ngaku anak black jg tapi cuma suka n ngefans musiknya ajha,,gak ngikutin gaya hidupnya, jelAs yang kaya githu gak sesat cuma terkadang mereka mengira saya anak black metal tapi saya gak sesat, padahal dia cuma suka ama musik.y bukan asli metal,,,,thanks

  44. aku metal beragama aku menyukai musicnya bukan ajaran sesatnya ..kristen itu sesat jd salib e terbalik .. tuhan kok mati ..

  45. metal sampek matek … aku bikin lagu ngk tau sesat ..laguku menyadarkan karna tiada tuhan selain allah … aku emang metal tp hatiku iki ngk setan .. aku punya tuhan aku yo duwe agama aku suka metal karna musicnya bukan ritual sesat e aku yo sembahyank… dari pada pop itu apa anjing lagu bertema cinta bikin remaja indonesia lemah deloken gara* cinta matek bunuh diri ..

    • Robby
    • Agustus 25th, 2012

    tapi black metal emang identik dengan gituan …

    • YOUTH
    • September 4th, 2012

    KASIAN BENER PARA BAND ATAU CUMA JD ” ANAK BAWANG ” YG IKUT-IKUTAN BERGAYA BLACK METAL DSB YG ADA DI INDONESIA , G TAU APA2 TP CUMA NIMBRUNG DOANG TANPA TAU MAKNA YG SBNR NYA , UDAH JELAS-JELAS SESAT & MENYESAT KAN , EH ……… MSH TETEP JUGA MERASA BANGGA , INI HRS JD PERHATIAN SANGAT SERIUS BAGI PARA ORTU KHUSUS NYA , MASYARAKAT UMUM NYA , KRN KLO MSH DI DIAM KAN , MAKA KEBIASAAN BODOH , TOLOL , BLO-ON INI AKAN TRUS TERJADI , PARA BLACK METAL DI SELURUH DUNIA I GIVE YOU MY MIDDLE FINGER HAHAHA ………..

  46. riski mengatakan :
    saya memang suka metal tapi hanya kegemaran saja..bukan untuk mengikuti aliran-aliran yang sesat…

  47. It’s amazing to visit this web site and reading the views of all mates regarding this post, while I am also keen of getting knowledge.

    • antoni
    • Februari 2nd, 2013

    gimana pun pendapat mu
    yg pnting aq ttap cinta musik black metal

    aq ttap memakai atribut black metal

    tapi aq juga tak lupa untuk sholat lima waktu, menyembah allah swt

  48. Good day! I just want to give you a big thumbs up for the great info you have got right
    here on this post. I am returning to your blog for more soon.

    • Metalcore aLIran Sesat
    • April 16th, 2013

    metalcore pemuja setan ….. sesat mati ke neraka aja loe dach …..

    kepala kambing kok di puja dasar bego..

    .pake ritual segala kalo lagi konser , elu tu manusia apa iblis gak kuat beli rokok ,kemenyanpun jadi miskin ….

    , judul lagu(saya adalah tuhan) emang elu yg buat bumi ini dipikir apa kalo bikin lagu berak aja masih tai loe dulu masih disentor ma orang tua loe ngaku Tuhan ,,,,jangan gila loe ……cuuuh najis gw kenal ma nak metal…

    • PANJI
    • Mei 10th, 2013

    tak semua anak anak metl itu sesat.bahkan mungkin tak ada yang mengikuti aliranya kami anak anak hanya hobi dengan musiknya bukan berarti kami mengikuti kesesatan itu. kami mempunyai perinsip HITAM ALIRANKU BUKAN BERARTI SESAT JALANKU. TERIAKAN ANJING UNTU YANG MENGAGAP MUSIK META ITU SESAT

  49. coba lo liad artis yg sering kena kasus narkoba, sex dll pasti ARTIS MUSIK POP.

  50. Black Metal itu Anti Kristus, i Like

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: